Khasiat Cuka Apel untuk Kesehatan: Manfaat dan Efek Sampingnya

Table of Contents

 

Khasiat Cuka Apel untuk Kesehatan: Manfaat dan Efek Sampingnya

INFOLABMED.COM - Cuka apel adalah sejenis jus apel yang diolah melalui fermentasi dengan ragi. Proses ini menghasilkan asam asetat, yang memberikan banyak khasiat bagi tubuh. 

Dilansir dari VeryWellHealth, cuka apel biasanya digunakan sebagai penambah atau penguat rasa dalam masakan atau minuman. 

Kandungan antioksidan, antivirus, dan antimikroba dalam bahan alami ini membuat cuka apel juga digunakan untuk pengobatan alami atau menjaga kesehatan. 

Berikut ini beberapa potensi manfaat minum cuka apel setiap hari yang perlu Anda ketahui.

Manfaat Minum Cuka Apel Setiap Hari

Menjaga Kesehatan Jantung

Dilansir dari Eating Well, penelitian di BMC Complementary Medicine and Therapies pada 2021 menunjukkan bahwa mengonsumsi cuka apel secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol total.

 Hasil uji klinis acak pada 2023 di Frontiers in Clinical Diabetes and Healthcare juga menunjukkan bahwa cuka apel dapat menurunkan rasio kolesterol jahat terhadap kolesterol baik. 

Hal ini berpotensi memberikan efek positif bagi kesehatan jantung, terutama bagi penderita diabetes tipe 2 yang mengonsumsi 30 mililiter cuka apel setiap hari selama delapan minggu.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Cuka apel juga bermanfaat bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Penelitian yang diterbitkan di Nutrients pada 2019 menunjukkan bahwa cuka apel dapat menurunkan nafsu makan dan mengurangi berat badan.

 Penelitian Current Developments in Nutrition pada 2022 juga mendukung temuan ini.

 Namun, perlu diingat bahwa mengonsumsi cuka apel harus diimbangi dengan diet seimbang dan olahraga teratur untuk mencapai hasil yang signifikan.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Cuka apel mengandung probiotik, bakteri yang bermanfaat untuk mikrobioma usus yang sehat.

 Menurut penelitian yang diterbitkan di Cureus pada 2022, probiotik mendukung pencernaan dan meningkatkan penyerapan nutrisi. 

Namun, perlu diingat bahwa cuka apel yang dipasteurisasi tidak mengandung probiotik hidup, sehingga manfaat ini hanya berlaku untuk cuka apel yang tidak dipasteurisasi.

Mengontrol Gula Darah

Asam asetat dalam cuka apel dapat memperlambat pencernaan karbohidrat, mengurangi laju gula masuk ke dalam aliran darah, dan membantu mempertahankan kadar gula darah yang lebih konsisten.

 Cuka apel juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin, yang penting bagi tubuh dalam menggunakan glukosa secara efektif sebagai energi.

Memperbaiki Fungsi Reproduksi pada Pengidap PCOS

Dilansir dari Medicine Net, cuka apel juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi reproduksi pada pengidap sindrom ovarium polikistik (PCOS).

 Masalah sensitivitas insulin adalah salah satu faktor penyebab PCOS. 

Perempuan dengan PCOS yang mengonsumsi cuka apel setiap hari dapat merasakan siklus menstruasi yang lebih teratur dan peningkatan fungsi ovulasi. 

Namun, manfaat ini masih memerlukan lebih banyak penelitian pada manusia.

Siapa yang Tidak Boleh Mengonsumsi Cuka Apel?

 Mengiritasi Kerongkongan

Dilansir dari WebMD, cuka apel yang tinggi asam dapat mengiritasi kerongkongan jika dikonsumsi langsung atau dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, sebaiknya cuka apel diencerkan sebelum dikonsumsi.

Merusak Enamel Gigi

Cuka apel yang tidak diencerkan juga berpotensi merusak enamel gigi. Untuk menghindari risiko ini, cuka apel sebaiknya diencerkan dan diminum melalui sedotan.

Menyebabkan Gangguan Pencernaan

Mengonsumsi cuka apel bisa menyebabkan gangguan pencernaan atau mual, terutama jika diminum saat perut kosong. 

Jika Anda mengalami mual atau muntah setelah mengonsumsi cuka apel, sebaiknya hentikan penggunaannya.

Memperburuk Kondisi Kekurangan Kalium

Mengonsumsi cuka apel dalam jumlah banyak dapat memperburuk kondisi orang yang kadar kaliumnya rendah atau hipokalemia. 

Selain itu, penderita penyakit ginjal sebaiknya menghindari konsumsi cuka apel berlebihan karena organ ini tidak dapat mengolah kadar asam yang tinggi.

Untuk memetik manfaat mengonsumsi cuka apel setiap hari dengan aman, ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter, terutama jika memiliki gangguan pencernaan atau masalah kesehatan lain.

 Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan manfaat cuka apel tanpa efek samping yang merugikan.***

Infolabmed
Infolabmed infolabmed.com merupakan kanal informasi tentang Teknologi Laboratorium Medik meliputi Materi Kuliah D3 dan D4, Informasi Seminar ATLM, Lowongan Kerja. Untuk dukung website infolabmed tetap aktif silahkan ikut berdonasi melalui DANA = 085862486502.

Post a Comment