Uji Sedimen Eritrosit (ESR)

Table of Contents

 

Uji Sedimen Eritrosit (ESR)
Foto : HexaHealth

INFOLABMED.COM - Uji Sedimen Eritrosit, atau yang sering disebut juga dengan erythrocyte sedimentation rate (ESR), atau di Indonesia lebih dikenal dengan pemeriksaan Laju Endap Darah (LED) merupakan salah satu jenis uji darah yang sangat penting. 

Uji ESR membantu para dokter dalam memeriksakan pasiennya untuk melihat apakah ada peradangan di dalam tubuh seseorang. 

Seorang dokter dapat menggunakannya untuk mendiagnosis suatu kondisi atau infeksi, atau untuk memantau perubahan setelah memulai pengobatan baru.

Uji ESR adalah tes yang cepat, sederhana, tanpa persiapan khusus, dan tanpa efek samping yang berarti.

Apa itu Uji Sedimen Eritrosit (ESR)?

Uji sedimen eritrosit adalah uji darah yang digunakan oleh para penyedia layanan kesehatan untuk mendeteksi peradangan dalam tubuh. 

Biasanya, para penyedia layanan akan menyebutnya dengan nama pendek, yaitu uji sedimen atau uji ESR.

Para penyedia layanan kesehatan mungkin menggunakan uji ESR untuk membantu mendiagnosis atau memantau kondisi peradangan. 

Peradangan terjadi ketika sistem kekebalan tubuh Anda mengaktifkan sel-sel khusus setelah terjadi cedera atau untuk melawan zat-zat yang seharusnya tidak ada dalam tubuh Anda (seperti virus, bakteri, atau toksin).

Uji ESR dapat membantu penyedia layanan kesehatan mendiagnosis berbagai kondisi peradangan, termasuk:

  • Penyakit Autoimun.
  • Infeksi.
  • Beberapa jenis kanker.
  • Artritis Inflamasi.
  • Gangguan Darah.

Bagaimana Uji ESR dilakukan?

Uji sedimen eritrosit adalah tes darah sederhana. Seorang petugas pengambilan sampel darah atau penyedia layanan kesehatan akan mengambil sedikit darah Anda dari sebuah vena (biasanya di lengan).

Persiapan dan Pelaksanaan Uji

Anda tidak perlu melakukan persiapan khusus untuk menjalani uji ESR. Anda seharusnya dapat makan, minum, dan mengonsumsi semua obat dan suplemen seperti biasa.

Selanjutnya, petugas atau penyedia layanan kesehatan akan membersihkan lengan Anda dengan antiseptik dan memasukkan jarum ke dalam vena Anda. 

Mereka mungkin meminta Anda untuk menggenggam erat untuk membantu aliran darah ke lengan tersebut.

Anda mungkin akan merasakan tusukan tajam ketika jarum dimasukkan. Beritahu penyedia layanan jika Anda gugup tentang jarum atau tes darah. Mereka akan membantu Anda rileks dan tetap tenang.

Setelah itu, sampel darah Anda akan dikirim ke laboratorium di mana seorang teknisi akan menempatkan sampel tersebut dalam sebuah vial khusus, dan kemudian mencatat berapa lama sel-sel darah merah Anda membutuhkan waktu untuk mengendap ke bagian bawah vial.

Hasil dan Tindak Lanjut

Apa yang menunjukkan hasil tes ESR? Tes ESR menunjukkan seberapa cepat sel-sel darah merah Anda tenggelam ke dasar sampel darah Anda.

 Kebanyakan penyedia layanan menggunakan metode Westergren. Mereka akan menempatkan sampel darah Anda ke dalam tabung khusus yang disebut tabung Westergren dan melihat berapa lama sel-sel darah merah Anda membutuhkan waktu untuk tenggelam ke dasar.

Penyedia layanan akan mengukur laju sedimentasi sel darah merah sebagai kecepatan - milimeter per jam (mm/jam). 

Ini mirip dengan versi kecil dari speedometer mobil Anda yang mengukur seberapa cepat Anda mengemudi dalam mil atau kilometer per jam.

Rentang Normal ESR untuk Setiap Usia dan Jenis Kelamin

  • Laki-laki dengan usia di bawah 50 tahun: Kurang dari 15 milimeter per jam (<15 mm/jam)
  • Laki-laki dengan usia di atas 50 tahun: <20mm/jam
  • Perempuan dengan usia di bawah 50 tahun: <20mm/jam
  • Perempuan dengan usia di atas 50 tahun: <30mm/jam
  • Bayi yang baru lahir: 0 hingga 2 mm/jam
  • Anak-anak yang belum memasuki masa pubertas: 3 hingga 13 mm/jam

Rentang ESR yang normal dapat bervariasi dari orang ke orang. Beberapa laboratorium pengujian memiliki rentang standar yang berbeda. 

Penyedia layanan Anda akan membagikan hasil tes Anda dan membantu Anda memahaminya.

Uji Sedimen Eritrosit (ESR) adalah alat penting dalam mendiagnosis kondisi peradangan dalam tubuh. 

Dengan pemahaman yang lebih dalam tentang prosedur dan hasilnya, Anda dapat bekerja sama dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk memastikan kesehatan dan kesejahteraan Anda.****

Infolabmed
Infolabmed infolabmed.com merupakan kanal informasi tentang Teknologi Laboratorium Medik meliputi Materi Kuliah D3 dan D4, Informasi Seminar ATLM, Lowongan Kerja. Untuk dukung website infolabmed tetap aktif silahkan ikut berdonasi melalui DANA = 085862486502.

Post a Comment