Tes Sed Rate: Panduan Lengkap untuk Memahami Aktivitas Peradangan dalam Tubuh

Table of Contents

 

Uji ESR LED
Foto : Mindray

INFOLABMED.COM - Sed rate, atau disebut juga erythrocyte sedimentation rate (ESR), adalah tes darah yang dapat menunjukkan aktivitas peradangan dalam tubuh. 

Tes ini menjadi penting karena banyaknya masalah kesehatan yang dapat menyebabkan hasil tes sed rate di luar kisaran standar. 

Sed rate sering digunakan bersama dengan tes lainnya untuk membantu tim kesehatan Anda mendiagnosis atau memantau perkembangan penyakit peradangan.

Bagaimana Sed Rate Dilakukan?

Saat darah ditempatkan dalam tabung yang tinggi dan tipis, sel darah merah atau eritrosit secara perlahan-lahan mengendap ke bagian bawah. 

Proses peradangan dapat menyebabkan sel-sel ini berkelompok bersama. Karena gumpalan ini lebih berat daripada sel individu, mereka mengendap ke bagian bawah lebih cepat.

Tes sed rate mengukur jarak tempuh sel darah merah dalam tabung uji dalam waktu satu jam. Semakin jauh sel darah merah telah jatuh, semakin besar respons peradangan dari sistem kekebalan tubuh Anda.

Mengapa Tes Sed Rate Dilakukan?

Tes sed rate dapat diorder jika Anda memiliki gejala seperti demam yang tidak dapat dijelaskan, nyeri otot, atau nyeri sendi. 

Tes ini dapat membantu mengonfirmasi diagnosis beberapa kondisi, termasuk:

  • Giant cell arteritis.
  • Polymyalgia rheumatica.
  • Rheumatoid arthritis.

Tes sed rate juga dapat membantu menunjukkan tingkat respons peradangan Anda dan memeriksa efek dari pengobatan.

Persiapan untuk Tes Sed Rate

Tes sed rate adalah tes darah sederhana. Anda tidak perlu berpuasa sebelum tes.

Apa yang Bisa Anda Harapkan Selama Tes?

Selama tes sed rate, seorang anggota tim kesehatan Anda akan menggunakan jarum untuk mengambil sampel darah kecil dari vena di lengan Anda. 

Ini sering hanya memakan waktu beberapa menit. Sampel darah Anda dikirim ke laboratorium untuk pengujian. 

Setelah tes, lengan Anda mungkin terasa nyeri selama beberapa jam, tetapi Anda akan dapat melanjutkan kegiatan normal sebagian besar.

Hasil Tes

Hasil dari tes sed rate Anda akan dilaporkan dalam jarak dalam milimeter (mm) yang telah ditempuh sel darah merah dalam tabung uji dalam waktu satu jam (jam).

 Usia, jenis kelamin, dan faktor lain dapat memengaruhi hasil sed rate.

Sed rate Anda adalah satu informasi untuk membantu tim kesehatan Anda memeriksa kesehatan Anda. Tim Anda juga akan mempertimbangkan gejala Anda dan hasil tes lainnya.

Akurasi Hasil Tes

Banyak kondisi dapat memengaruhi sifat-sifat darah dan mengubah seberapa cepat sel darah merah tenggelam dalam sampel darah. Kondisi yang dapat memengaruhi sed rate termasuk:

  • Usia lanjut.
  • Anemia.
  • Kehamilan.
  • Masalah ginjal.
  • Penyakit tiroid.
  • Beberapa jenis kanker, seperti multiple myeloma.
  • Infeksi.
  • Cedera.

Tim kesehatan Anda akan mempertimbangkan kondisi lain yang Anda miliki saat meninjau hasil tes sed rate Anda.

 Berbicaralah dengan reumatologis atau spesialis kesehatan Anda tentang apa arti hasil sed rate Anda dan tanyakan kepada mereka pertanyaan apa pun yang mungkin Anda miliki.***

Infolabmed
Infolabmed infolabmed.com merupakan kanal informasi tentang Teknologi Laboratorium Medik meliputi Materi Kuliah D3 dan D4, Informasi Seminar ATLM, Lowongan Kerja. Untuk dukung website infolabmed tetap aktif silahkan ikut berdonasi melalui DANA = 085862486502.

Post a Comment