Spesifikasi dan Penggunaan Pewarnaan Schaeffer-Fulton untuk Endospora Bakteri

Table of Contents

 

Spesifikasi dan Penggunaan Pewarnaan Schaeffer-Fulton untuk Endospora Bakteri
Pewarnaan Endospora Schaeffer-Fulton

INFOLABMED.COM - Endospora merupakan struktur yang sangat tahan terhadap berbagai kondisi lingkungan dan dibuat oleh hanya beberapa genera bakteri tertentu. 

Dua genera yang akan kita bahas adalah:

Clostridium, organisme anaerobik yang membentuk endospora. Berbagai penyakit seperti tetanus, botulisme, gangren gas, dan kolitis pseudomembranosa disebabkan oleh spesies berbeda dalam genus ini.

Bacillus, genus aerobik yang umum, di mana spesiesnya dapat membentuk endospora. Antara lain, antraks dan keracunan makanan oleh Bacillus cereus adalah dua penyakit yang disebabkan oleh anggota dari genus ini.

Endospora adalah struktur yang sangat tahan, sulit dihancurkan dengan panas atau agen disinfektan fisik dan kimia lainnya. Penghancuran endospora menjadi standar untuk menguji operasi sebuah autoklaf.

Cara Kerja Pemeriksaan Endospora Bakteri

Langkah-langkah eksperimen untuk menggunakan pewarnaan Schaeffer-Fulton untuk mengamati endospora bakteri adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan saputan Bacillus megaterium, biarkan saputan tersebut mengering, kemudian panaskan secara aman.
  2. Letakkan slide di rak pewarnaan di dalam wastafel dan tuangkan saputan dengan pewarna malachite green.
  3. Panaskan pewarna sampai menguap dengan menggunakan bunzen burner yang menyala. Jangan terlalu panas! Setelah penguapan berhenti, panaskan lagi slide dengan bunzen burner. Ketika pewarna menguap, tambahkan lebih banyak pewarna. Lanjutkan prosedur ini selama 5-10 menit.
  4. Cuci saputan dengan lembut dan menyeluruh dengan air mengalir.
  5. Gunakan pewarna safranin air untuk kontra-pewarnaan selama 1 menit.
  6. Cuci slide dengan air, keringkan dengan lembut, dan biarkan saputan mengering secara alami.
  7. Amati di bawah perbesaran minyak dan bandingkan dengan ilustrasi di buku Leboffe dan Pierce.

(Esensi Keselamatan: Harap diingat bahwa dekolourisasi aseton-alkohol dari eksperimen pewarnaan gram sangat mudah terbakar. Jangan lakukan langkah memanaskan dengan orang sedang melakukan pewarnaan gram!)

Dengan mengikuti langkah-langkah eksperimen ini dengan cermat, Anda dapat mengamati dan mempelajari endospora bakteri menggunakan metode pewarnaan Schaeffer-Fulton.***

Infolabmed
Infolabmed infolabmed.com merupakan kanal informasi tentang Teknologi Laboratorium Medik meliputi Materi Kuliah D3 dan D4, Informasi Seminar ATLM, Lowongan Kerja. Untuk dukung website infolabmed tetap aktif silahkan ikut berdonasi melalui DANA = 085862486502.

Post a Comment