Siapa Pemilik PT Kimia Farma? Sejarah Pendirian Apotek Kimia Farma Ternyata Orang Belanda

Table of Contents

 

Siapa Pemilik PT Kimia Farma? Sejarah Pendirian Apotek Kimia Farma Ternyata Orang Belanda
Gedung Kimia Farma Jakarta. (Foto : Homecare24)

INFOLABMED.COM - Sejarah Kimia Farma merupakan perjalanan panjang dari sebuah apotek kecil di masa kolonial hingga menjadi perusahaan farmasi publik terkemuka di Indonesia saat ini. 

Awal Mula Pendirian Kimia Farma

Perusahaan farmasi pertama di Indonesia, Kimia Farma, tidak lahir begitu saja. Pada tahun 1817, di masa pemerintahan Hindia Belanda, sebuah apotek kecil didirikan oleh August Friedrick Albrecht Rathkamp dan Nicolaas Johannes Raland di Batavia. 

Apotek ini awalnya dikenal sebagai Rijswijks-apotheek dan merupakan bagian dari perusahaan Rathkamp & Co. Meskipun demikian, namanya kemudian lebih dikenal dengan nama Rathkamp apotheek.

Perkembangan Kimia Farma di Masa Kolonial

Sejak berdiri, apotek Rathkamp telah menjadi penyedia obat-obatan modern Barat bagi kelas atas di Batavia. 

Dengan iklan yang terpampang di koran-koran pada akhir abad ke-19, Rathkamp mampu memperluas jangkauannya dengan membuka cabang di beberapa kota penting di Hindia Belanda, seperti Medan, Surabaya, Bandung, dan Makasar.

 Keberadaan cabang-cabang ini menandakan ukuran yang cukup besar bagi sebuah apotek di masa kolonial.

Nasionalisasi dan Perubahan Nama Kimia Farma

Pada tahun 1958, setelah kemerdekaan Indonesia, pemerintah melakukan nasionalisasi terhadap sejumlah perusahaan farmasi, termasuk Rathkamp & Co. yang kemudian berubah menjadi Perusahaan Negara Farmasi Bhinneka Kimia Farma. Pada tanggal 16 Agustus 1971, perusahaan ini berubah lagi menjadi PT Kimia Farma (Persero) Tbk dan menjadi perusahaan publik pada tanggal 4 Juli 2001.

Perkembangan Terkini Kimia Farma

Seiring berjalannya waktu, Kimia Farma terus berkembang dan menjadi salah satu perusahaan farmasi terkemuka di Indonesia. 

Pada tahun 2020, perusahaan ini mengubah nama menjadi PT Kimia Farma Tbk, menandai transformasi dan evolusi perusahaan dalam menghadapi tuntutan pasar dan perkembangan zaman.

Sejarah Kimia Farma adalah cerminan dari perjalanan panjang dan transformasi sebuah apotek kecil menjadi perusahaan farmasi terkemuka di Indonesia.

 Dari masa kolonial hingga era modern, Kimia Farma terus menunjukkan dedikasinya dalam menyediakan produk dan layanan kesehatan berkualitas bagi masyarakat Indonesia.***

Infolabmed
Infolabmed infolabmed.com merupakan kanal informasi tentang Teknologi Laboratorium Medik meliputi Materi Kuliah D3 dan D4, Informasi Seminar ATLM, Lowongan Kerja. Untuk dukung website infolabmed tetap aktif silahkan ikut berdonasi melalui DANA = 085862486502.

Post a Comment