Semua yang Perlu Anda Ketahui tentang Tes Creatine Kinase (CK) dalam Darah

Table of Contents

 

Semua yang Perlu Anda Ketahui tentang Tes Creatine Kinase (CK) dalam Darah
Foto : موضوع فحوصات وتحاليل

INFOLABMED.COM - Tes Creatine Kinase (CK) dalam darah adalah sebuah pemeriksaan yang bertujuan untuk mengukur jumlah enzim yang disebut creatine kinase (CK) dalam darah Anda. 

CK merupakan jenis protein yang sangat penting bagi sel-sel otot tubuh Anda untuk berfungsi dengan baik. 

Jumlah CK dalam darah dapat meningkat setelah Anda mengalami serangan jantung, cedera otot rangka, atau melakukan olahraga yang sangat berat. 

Selain itu, tingkat CK juga dapat meningkat setelah mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang berlebihan atau setelah mengonsumsi obat-obatan atau suplemen tertentu.

CK terdiri dari 3 bentuk enzim, yaitu CK-MB, CK-MM, dan CK-BB. CK-MB adalah bentuk enzim yang meningkat jika otot jantung Anda mengalami kerusakan. 

Sedangkan CK-MM meningkat saat terjadi kerusakan otot lainnya. CK-BB umumnya ditemukan di otak

Jika hasil tes menunjukkan bahwa kadar CK Anda tinggi, Anda mungkin mengalami kerusakan pada otot atau jantung Anda.

Mengapa Anda Membutuhkan Tes CK?

Dokter Anda mungkin akan memesan tes ini jika Anda diduga mengalami kerusakan atau cedera otot. 

Namun, karena kadar protein ini mungkin tidak mencapai puncaknya hingga 2 hari setelah cedera tertentu, Anda mungkin perlu menjalani tes ini beberapa kali untuk memastikan apakah jantung atau otot lain Anda mengalami kerusakan.

Tes ini juga mungkin diperlukan jika Anda mengalami nyeri dada atau kelemahan, dan dokter ingin memastikan apakah Anda telah mengalami serangan jantung.

Jika Anda sedang mengonsumsi obat statin dan mengalami kram otot yang tidak biasa, nyeri, atau kelemahan otot, dokter Anda mungkin juga akan memesan tes CK. 

Obat statin digunakan untuk mengobati kolesterol tinggi. Terkadang, obat ini dapat menyebabkan cedera otot yang serius.

 Dalam kasus yang sangat jarang terjadi, obat ini bahkan dapat menyebabkan kerusakan otot yang cepat dan mengancam jiwa.

Tes Lain yang Mungkin Anda Lakukan Bersamaan dengan Tes CK

Dokter Anda mungkin akan memesan tes lain untuk mengetahui apakah Anda mengalami cedera otot atau serangan jantung. 

Jika Anda pernah mengalami serangan jantung, dokter Anda mungkin akan memesan tes darah untuk mencari tingkat troponin jantung yang tinggi. 

Troponin jantung adalah protein lain yang ditemukan di jantung Anda. Troponin jantung telah menggantikan CK-MB sebagai tes pilihan untuk mengetahui apakah Anda telah mengalami serangan jantung. Hal ini karena troponin jantung lebih sensitif dan spesifik.

Atau dokter mungkin akan memesan tes untuk melihat seberapa baik Anda pulih. Tes-tes ini termasuk:

  • Tes darah lainnya
  • Elektrokardiogram untuk mengukur aktivitas listrik jantung Anda

Karena kadar CK dapat meningkat jika Anda memiliki masalah tiroid, penyalahgunaan alkohol, atau gagal ginjal, dokter Anda mungkin juga akan memesan tes untuk mencari penyakit-penyakit ini.

Bagaimana Menginterpretasikan Arti Hasil Tes CK Saya?

Hasil tes dapat bervariasi tergantung pada usia, jenis kelamin, riwayat kesehatan, dan faktor-faktor lainnya. 

Hasil tes Anda dapat berbeda tergantung pada laboratorium yang digunakan. Hasil tes tersebut mungkin tidak berarti bahwa Anda memiliki masalah. Tanyakan kepada dokter Anda apa arti hasil tes Anda.

Rentang normal CK umumnya bervariasi berdasarkan usia dan jenis kelamin. Ras juga diketahui memengaruhi kadar CK.

 Jika Anda berkulit hitam, Anda mungkin secara alami memiliki kadar CK yang lebih tinggi. Beberapa orang dengan bentuk tubuh berotot juga memiliki kadar CK yang lebih tinggi.

Bagaimana Tes CK Ini Dilakukan?

Tes ini dilakukan dengan mengambil sampel darah. Sebuah jarum digunakan untuk mengambil darah dari vena di lengan atau tangan Anda.

Apakah Tes CK Ini Membawa Risiko?

Melakukan tes darah dengan jarum membawa beberapa risiko. Risiko-risiko tersebut meliputi pendarahan, infeksi, memar, dan merasa pusing. 

Ketika jarum menusuk lengan atau tangan Anda, Anda mungkin merasakan sensasi tertusuk atau sakit yang ringan. Setelahnya, area yang ditusuk mungkin terasa sakit.

Apa yang Mungkin Mempengaruhi Hasil Tes CK Saya?

Olahraga yang sangat berat, operasi baru-baru ini, dan beberapa obat-obatan dapat membuat kadar CK Anda lebih tinggi dari normal.

Bagaimana Cara Persiapan untuk Tes CK Ini?

Anda tidak perlu menyiapkan diri untuk tes ini. Pastikan dokter Anda mengetahui semua obat-obatan, herbal, vitamin, dan suplemen yang Anda konsumsi. 

Ini termasuk obat-obatan yang tidak memerlukan resep dokter dan obat-obatan ilegal yang mungkin Anda gunakan.***

Infolabmed
Infolabmed infolabmed.com merupakan kanal informasi tentang Teknologi Laboratorium Medik meliputi Materi Kuliah D3 dan D4, Informasi Seminar ATLM, Lowongan Kerja. Untuk dukung website infolabmed tetap aktif silahkan ikut berdonasi melalui DANA = 085862486502.

Post a Comment