Prosedur Manual Laboratorium Pemeriksaan Albumin Serum Menggunakan Rosche Cobas 6000

Table of Contents

 

Prosedur Manual Laboratorium Pemeriksaan Albumin Serum Menggunakan Rosche Cobas 6000

INFOLABMED.COM - Albumin merupakan sekitar 60 persen dari total protein serum dalam individu normal dan sehat. 

Albumin memiliki beberapa fungsi penting dalam tubuh, termasuk transportasi anion organik yang tidak larut (misalnya, asam lemak rantai panjang dan bilirubin), pengikatan ion logam berat beracun, transportasi hormon yang kurang larut (misalnya, kortisol, aldosteron, dan tiroksin), pemeliharaan tekanan osmotik serum, dan penyediaan cadangan protein. 

Kemampuan ikatan albumin adalah dasar dari banyak uji kuantitatif yang dikembangkan sejak tahun 1950-an.

Metode Pemeriksaan Albumin

Pemeriksaan albumin serum menggunakan Cobas 6000 memanfaatkan metode reaksi akhir dua titik yang spesifik untuk albumin. 

Metode ini menggunakan pewarna bromkresol ungu (BCP). Ketika pewarna berikatan secara selektif dengan albumin dalam rentang pH 5,2-6,8, terjadi perubahan warna yang diukur pada panjang gelombang 600 nm. Panjang gelombang sekunder adalah 700 nm.

Prosedur Pengumpulan Spesimen, Penyimpanan, dan Penanganan

  • Tipe dan Persyaratan Spesimen: Serum, dan plasma yang diantikoagulasi EDTA atau heparin dapat diterima untuk prosedur ini.
  • Volume Spesimen: Volume optimum/minimal: 100 μL dalam cawan sampel atau 2 mL mikrotube (2 μL untuk tes; sisanya untuk volume mati).
  • Stabilitas dan Penyimpanan Spesimen: Serum atau plasma yang terpisah harus diambil dari sel dalam waktu satu jam setelah pengumpulan. Serum atau plasma yang terpisah stabil selama lima hari pada suhu 4ºC, empat bulan pada suhu -20ºC, dan lebih lama pada suhu –70ºC.

Persiapan Reagen dan Peralatan

  • Reagen dan Perlengkapan: Kit reagen ALBP (225 tes).
  • Persiapan Reagen: Reagen R1 dan R2 siap pakai; tidak ada persiapan yang diperlukan.
  • Stabilitas Reagen: Reagen stabil selama 28 hari di dalam kulkas pada analyzer.

Batas Deteksi dan Kualitas Kontrol

  • Rentang Deteksi: 0,3-10 g/dL.
  • Kontrol Kualitas: Kontrol serum normal (CQ) dan Roche Precipath U Plus Control.

Penyimpanan dan Penanganan Spesimen Selama Pengujian

Spesimen disimpan pada suhu yang direfrigerasi antara penerimaan sampel dan analisis pada instrumen. 

Spesimen harus berada pada suhu ruangan sebelum diuji. Spesimen dikembalikan ke suhu yang direfrigerasi atau dibekukan setelah analisis, tergantung pada persyaratan studi tertentu.

Pembatasan Metode dan Gangguan yang Mungkin Terjadi

  • Batas Deteksi: 0,3 g/dL.
  • Rentang Pengukuran Analitis: 0,3-10 g/dL.
  • Gangguan yang Mungkin Terjadi: Indeks ikterik <60, indeks hemolitik <1000, indeks lipemik <1500, obat-obatan (konsentrasi terapeutik dari panel obat yang umum digunakan): tidak ada gangguan.

Dengan menggunakan Cobas 6000 untuk pemeriksaan albumin serum, kita dapat memastikan hasil yang akurat dan terpercaya dalam mengevaluasi status protein serum dalam tubuh.***

Infolabmed
Infolabmed infolabmed.com merupakan kanal informasi tentang Teknologi Laboratorium Medik meliputi Materi Kuliah D3 dan D4, Informasi Seminar ATLM, Lowongan Kerja. Untuk dukung website infolabmed tetap aktif silahkan ikut berdonasi melalui DANA = 085862486502.

Post a Comment