Pewarnaan Khusus untuk Identifikasi Inklusi Sitoplasma dalam Bakteri

Table of Contents

 

Pewarnaan Khusus untuk Identifikasi Inklusi Sitoplasma dalam Bakteri
Hasil Pemeriksaan  Inklusi Sitoplasma. (Foto : ScienceDirect.com)

INFOLABMED.COM - Pewarnaan inklusi sitoplasma adalah salah satu teknik penting dalam dunia mikrobiologi yang memungkinkan identifikasi inklusi-inklusi yang ada di dalam sel bakteri. 

Ketika bakteri tumbuh di bawah kondisi pertumbuhan tertentu, mereka dapat menghasilkan deposan intraseluler yang disebut badan inklusi.

 Badan inklusi ini terlihat dengan jelas melalui mikroskop fase karena refraktifitasnya. Namun, untuk mengidentifikasi mereka, prosedur pewarnaan khusus harus dilakukan.

Inklusi sitoplasma adalah struktur abnormal yang biasanya ditemukan dalam sel saraf, epitel, atau endotel. 

Mereka memiliki sifat pewarnaan yang khas dan biasanya terdiri dari protein-protein. Inklusi sitoplasma merupakan berbagai substansi intraseluler yang tidak terikat membran. 

Mereka sebagian besar mengandung berbagai macam senyawa biomolekul seperti molekul pigmen, molekul sekretori, dan substansi gizi.

Walau jarang terlihat dalam sel normal, inklusi sitoplasma menjadi fitur diagnostik dari beberapa neoplasma jinak maupun ganas. 

Contoh inklusi sitoplasma termasuk Glial Cytoplasmic Inclusions (GCI) yang berasal dari oligodendroglial. Mereka memiliki bentuk segitiga, sabit, setengah bulan, oval, atau kerucut.

Untuk mendeteksi inklusi sitoplasma, digunakan pewarnaan sintetis seperti metilen biru/azure II/fuksin basa. 

Teknik ini memungkinkan para ilmuwan untuk memahami lebih dalam tentang struktur dan komposisi inklusi sitoplasma, serta peran pentingnya dalam proses biologis sel. 

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang inklusi sitoplasma, kita dapat lebih memahami dinamika seluler dan potensi implikasinya dalam kesehatan dan penyakit.***

Infolabmed
Infolabmed infolabmed.com merupakan kanal informasi tentang Teknologi Laboratorium Medik meliputi Materi Kuliah D3 dan D4, Informasi Seminar ATLM, Lowongan Kerja. Untuk dukung website infolabmed tetap aktif silahkan ikut berdonasi melalui DANA = 085862486502.

Post a Comment