Pentingnya Histopatologi dalam Diagnosis Penyakit

Table of Contents

 

Pentingnya Histopatologi dalam Diagnosis Penyakit
Foto : rcpath.org

INFOLABMED.COM - Histopatologi adalah cabang ilmu yang berkaitan dengan diagnosis dan studi penyakit pada jaringan tubuh, yang melibatkan pemeriksaan jaringan dan/atau sel di bawah mikroskop.

Histopatolog adalah mereka yang bertanggung jawab dalam membuat diagnosis jaringan dan membantu dokter klinis dalam mengelola perawatan pasien.

Mengapa Histopatologi Penting?

Histopatolog adalah dokter yang bekerja erat dengan spesialis klinis lainnya. Mereka dapat mencapai diagnosis dengan memeriksa potongan kecil jaringan dari kulit, hati, ginjal, atau organ lainnya, yang disebut biopsi

Mereka memeriksa jaringan dengan cermat di bawah mikroskop, mencari perubahan sel yang mungkin menjelaskan penyakit yang dialami pasien. 

Diagnosis Kanker

Histopatolog memberikan layanan diagnostik untuk kanker; mereka menangani sel dan jaringan yang diambil dari 'benjolan dan tonjolan' yang mencurigakan, mengidentifikasi sifat kelainan tersebut, dan jika ganas, memberikan informasi kepada dokter klinis tentang jenis kanker, tingkat keganasannya, dan untuk beberapa kanker, respons terhadap perawatan tertentu.

Dengan bantuan teknik pencitraan yang canggih, jaringan biopsi sekarang dapat diperoleh dari tempat-tempat yang sebelumnya tidak dapat diakses seperti pankreas atau retroperitoneum (di belakang peritoneum, membran yang melapisi rongga perut).

 Jaringan kemudian diproses, biasanya semalam, sebelum diperiksa di bawah mikroskop. Dalam keadaan tertentu dengan menggunakan teknik khusus, spesimen dapat diperiksa secara langsung.

Dengan perkembangan yang cepat dalam patologi molekuler, patolog memimpin dengan teknik baru seperti fluorescent in-situ hybridization (FISH) dan polymerase chain reaction (PCR), untuk memetakan materi genetik dalam jaringan atau tumor, yang penting dalam pengelolaan banyak kanker.

Peran Histopatolog

Banyak histopatolog yang mengkhususkan diri dalam organ-organ tertentu seperti hati atau kulit, membedah jaringan untuk dilihat di bawah mikroskop setiap hari

Untuk spesimen besar, seperti sampel usus atau payudara setelah operasi, ini dibedah untuk memilih area yang paling sesuai untuk diperiksa di bawah mikroskop. 

Histopatolog menulis laporan tentang spesimen, berkonsultasi dengan literatur (penemuan penelitian masa lalu dan saat ini), dan banyak juga memiliki tanggung jawab mengajar dan penelitian.

Mereka juga akan menghadiri pertemuan lintas disiplin sehingga temuannya dapat didiskusikan dengan spesialis klinis lainnya. Perawatan kemudian direncanakan secara detail dan disesuaikan dengan setiap pasien secara individual.

Histopatolog juga bekerja langsung dengan pasien, misalnya, mereka dapat melakukan prosedur seperti aspirasi jarum halus di klinik kepala dan leher atau payudara. 

Mereka semakin memiliki tanggung jawab kunci untuk skrining kanker, saat ini untuk kanker payudara, usus besar, dan serviks, dengan program-program lain yang diharapkan dalam waktu dekat.

 Histopatolog juga memeriksa sel-sel dalam gesekan, aspirasi, atau cairan tubuh (sitopatologi), misalnya dalam urin atau gesekan serviks. 

Sub-spesialis lainnya termasuk patologi forensik, neuropatologi, dan patologi anak.***

Infolabmed
Infolabmed infolabmed.com merupakan kanal informasi tentang Teknologi Laboratorium Medik meliputi Materi Kuliah D3 dan D4, Informasi Seminar ATLM, Lowongan Kerja. Untuk dukung website infolabmed tetap aktif silahkan ikut berdonasi melalui DANA = 085862486502.

Post a Comment