Pengenalan Mengenai Indeks Sel Darah Merah (RBC)

Table of Contents

 

Foto : Medico Info

INFOLABMED.COM - Indeks Sel Darah Merah (RBC) adalah serangkaian pengukuran penting yang memberikan gambaran tentang ukuran, bentuk, dan kualitas sel darah merah Anda. 

Sel darah merah, juga dikenal sebagai eritrosit, bertanggung jawab atas pengangkutan oksigen dari paru-paru ke setiap sel dalam tubuh Anda. 

Oksigen sangat penting bagi pertumbuhan, reproduksi, dan kesehatan sel-sel tubuh Anda. Terdapat empat jenis indeks sel darah merah:

Mean Corpuscular Volume (MCV)

Mean corpuscular volume (MCV) mengukur ukuran rata-rata sel darah merah Anda. Ini memberikan gambaran tentang seberapa besar sel darah merah Anda.

Mean Corpuscular Hemoglobin (MCH)

Mean corpuscular hemoglobin (MCH) mengukur jumlah rata-rata hemoglobin dalam satu sel darah merah. Hemoglobin adalah protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen.

Mean Corpuscular Hemoglobin Concentration (MCHC)

Mean corpuscular hemoglobin concentration (MCHC) juga mengukur hemoglobin dalam sel darah merah. Selain itu, ini juga termasuk perhitungan ukuran dan volume sel darah merah Anda.

Red Cell Distribution Width (RDW)

Red cell distribution width (RDW) mengukur perbedaan dalam volume dan ukuran sel darah merah Anda.

Jika salah satu atau lebih dari indeks ini tidak normal, bisa berarti Anda menderita jenis anemia tertentu, suatu kondisi di mana tubuh Anda tidak memproduksi cukup sel darah merah yang sehat.

Penggunaan Indeks Sel Darah Merah (RBC)

Indeks Sel Darah Merah (RBC) merupakan bagian dari tes darah lengkap, sekelompok tes yang mengukur berbagai bagian dan fitur darah Anda. 

Hasil dari indeks RBC digunakan untuk mendiagnosis berbagai jenis anemia. 

Ada beberapa jenis anemia, dan setiap jenis memiliki efek yang berbeda pada ukuran, bentuk, dan/atau kualitas sel darah merah.

Kenapa Saya Perlu Tes Indeks Sel Darah Merah?

Anda mungkin akan menjalani tes ini sebagai bagian dari tes darah lengkap, yang sering kali termasuk dalam pemeriksaan rutin. 

Anda juga mungkin memerlukan tes ini jika mengalami gejala anemia, yang meliputi:

  • Kelemahan
  • Kelelahan
  • Kulit pucat
  • Detak jantung cepat
  • Tangan dan kaki dingin
  • Sesak napas

Prosedur Tes Indeks Sel Darah Merah

Seorang profesional kesehatan akan mengambil sampel darah dari vena di lengan Anda, menggunakan jarum kecil. 

Setelah jarum dimasukkan, sejumlah kecil darah akan dikumpulkan ke dalam tabung tes atau wadah. 

Anda mungkin akan merasakan sedikit tusukan saat jarum dimasukkan atau ditarik. Tes ini biasanya memakan waktu kurang dari lima menit.

Apakah Saya Perlu Menyiapkan Sesuatu untuk Tes Ini?

Anda tidak perlu persiapan khusus untuk tes indeks sel darah merah (RBC).

Apakah Ada Risiko dalam Tes Ini?

Risiko dari tes darah sangat kecil. Mungkin ada sedikit rasa sakit atau memar di tempat di mana jarum dimasukkan, tetapi sebagian besar gejala akan hilang dengan cepat.

Arti Hasil Tes

Anda akan mendapatkan hasil untuk setiap indeks. Hasil yang tidak normal dapat mencakup salah satu atau lebih dari hal berikut:

  • Mean corpuscular volume (MCV)
  • Mean corpuscular hemoglobin (MCH)
  • Mean corpuscular hemoglobin concentration (MCHC)
  • Red cell distribution width (RDW)

Jika hasil tes tidak normal, dokter Anda akan memberikan interpretasi yang tepat sesuai dengan kondisi Anda.***

Infolabmed
Infolabmed infolabmed.com merupakan kanal informasi tentang Teknologi Laboratorium Medik meliputi Materi Kuliah D3 dan D4, Informasi Seminar ATLM, Lowongan Kerja. Untuk dukung website infolabmed tetap aktif silahkan ikut berdonasi melalui DANA = 085862486502.

Post a Comment