Panduan Pemeriksaan Tinja yang Penting; Mikroskopis, Kimia dan Kultur

Table of Contents

 

Panduan Pemeriksaan Tinja yang Penting

INFOLABMED.COM - Pemeriksaan tinja adalah prosedur penting yang sering dilakukan di laboratorium untuk berbagai tujuan diagnostik. 

General Stool Examination (GSE) atau Pemeriksaan Tinja secara umum, dilakukan di laboratorium untuk berbagai tujuan diagnostik.

 Pemeriksaan feses sangat membantu dalam diagnosis penyakit saluran cerna. Biasanya wadah bersih yang tidak mengandung deterjen atau disinfektan sudah cukup untuk semua jenis pemeriksaan tinja termasuk kultur tinja. 

Pemeriksaan Fisik Tinja

Sampel tinja harus segera diperiksa setelah dilakukan pengumpulan pada wadah yang tepat, yang disediakan oleh penyedia layanan kesehatan atau laboratoriu,. 

Sampel yang tidak segera diperiksa atau dibiarkan dalam waktu lama akan merusak cacing, Ovum, parasit lain dan meningkatkan jumlah monilia dan bakteri yang memberikan hasil yang salah, namun beberapa aspek tinja berikut yang harus diperiksa, adalah sebagai berikut: 

1. Kuantitas: Orang dewasa biasanya mengeluarkan sekitar 150-250 gram tinja per hari. Kuantitas tinja yang berlebihan atau kurang dari biasanya dapat menjadi petunjuk kondisi kesehatan.

2. Konsistensi dan Bentuk: Tinja normal biasanya padat dan terbentuk dengan baik. Perubahan konsistensi tinja dapat mengindikasikan masalah seperti sembelit, diare, atau gangguan penyerapan makanan.

3. Warna: Warna normal tinja bervariasi dari coklat muda hingga gelap karena adanya pigmen empedu. Warna yang berbeda dapat menunjukkan kondisi kesehatan yang berbeda.

  • Warna tinja yang normal adalah coklat muda sampai coklat tua karena adanya pigmen empedu. 
  • Hitam pekat: Dalam kasus dengan pendarahan di saluran usus, tinja menjadi berwarna gelap karena pembentukan asam hematin,jika pendarahan terjadi di usus kecil. Jika terjadi pendarahan di usus besar atau dubur, warna tinja mungkin merah cerah karena darah segar. 
  • Warna merah: Akibat makan makanan berwarna tertentu seperti bit merah. 
  • Warna tanah liat: Feses mungkin berwarna tanah liat karena tidak adanya stercobilinogen pada obstruksi saluran empedu.

4. Darah dan lendir: Keberadaan darah atau lendir dalam tinja bisa menjadi tanda masalah serius seperti ulserasi atau infeksi.

  • Terdapat darah pada permukaan luar tinja dan hal ini disebabkan oleh kontaminasi darah siklus menstruasi pada wanita atau wasir berdarah dari pembuluh darah.
  • Darah harus ditemukan dalam tinja jika ada karena ini menunjukkan adanya Maag atau adanya patologi lain seperti keganasan.

5. Parasit: Tinja dapat mengandung cacing dewasa atau telur cacing, yang dapat dilihat dengan mata telanjang.

Pemeriksaan Mikroskopis Tinja

Diagnosis laboratorium untuk sebagian besar infeksi parasit adalah dengan ditemukannya sel telur parasit dalam tinja orang yang terinfeksi.

Kotoran dikumpulkan dalam wadah yang bersih. Feses dapat diperiksa dengan teknik berikut. 

(a) Pemeriksaan dudukan basah. 

Kotoran diemulsi dalam larutan garam normal dan setetes besar ditempatkan pada kaca objek dan kemudian ditutup dengan kaca penutup. 

Kemudian diperiksa di bawah mikroskop cahaya, penting untuk memeriksa spesimen di bawah lensa objektif 10X terlebih dahulu untuk mengamati molekul besar, sel, ovum dan cacing, kemudian ke objektif 40X untuk menyelesaikan pengujian.

 Sebaiknya kondensor tetap rendah dan intensitas cahaya tetap rendah untuk visualisasi sel telur dan kista yang tepat. 

Ketebalan film harus sedemikian rupa sehingga huruf-huruf cetak surat kabar dapat terlihat melaluinya. 

(b) Pemeriksaan yodium. 

Persiapan yodium menghasilkan visualisasi detail morfologi sel telur dan kista yang lebih baik karena mewarnai glikogen di dalamnya. 

Namun kelemahannya adalah trofozoit hidup Entamoeba histolytica dan parasit hidup lainnya tidak dapat dilihat karena yodium membunuh mereka. 

Petunjuk pemeriksaan dalam larutan garam normal harus diikuti sama seperti pada tes yodium. 


Pemeriksaan mikroskopis meliputi hal-hal berikut: 

(1) Sel nanah (Leukosit): Diamati dalam tinja dengan prosedur yang sama seperti dalam urin.

(2) Sel darah merah: Diamati dalam tinja dengan prosedur yang sama seperti dalam urin. 

(3) Monilia: Diamati pada tinja dengan prosedur yang sama seperti pada urin. 

(4) Protozoa: 
  • Entamoeba histolytica : Untuk mengetahui fase vegetatif (trofozoit) dan kista penyebab penyakit disentri amuba. 
  • Entamoeba coli: trofozoit + kista Catatan: - sebagian besar diare anak kurang dari 2 tahun disebabkan oleh Entamoeba coli. 
  • Giardia lamblia;, trofozoit + kista, Menyebabkan penyakit diare berair khususnya pada anak-anak. 
  • Balantidium coli; trofozoit + kista, menyebabkan Balantidiasis pada usus besar. 
(5) Cacing :
  • Enterobius vermicularis (cacing kremi): menyelidiki telur yang permukaannya cembung dan rata serta ujungnya runcing. 
  • Ascaris lumbricoides: menyelidiki telur yang ditandai dengan kandungan granular membran albumin berwarna kuning hingga coklat tidak beraturan.  
  • Cacing tambang (Ancylostoma duodenale): menyelidiki telur dimana kuning telurnya terbelah dan dikelilingi oleh selaput tipis. 
  • Cacing pita, (Taenia solium): menyelidiki potongan cacing yang disebut (segmen gravid atau Proglottid) yang keluar bersama tinja. 
  • Schistosoma mansoni: Menyelidiki perbedaan telur berdasarkan putaran lateral.  

Pemeriksaan Kimiawi Tinja

1. pH: pH tinja dapat memberikan petunjuk tentang kondisi kesehatan seperti diare atau disentri.

2. Occult blood (Darah Tersembunyi): Keberadaan darah yang tidak terlihat secara kasat mata dalam tinja dapat diindikasikan oleh tes kimia tertentu. 

Penyebab occult blood dilakukan pada sejumlah penyakit termasuk kemungkinan adanya keganasan pada saluran cerna.

Reagen yang digunakan adalah: 

  • Reagen Benzidine: - Berkembangnya warna biru menunjukkan adanya darah samar pada spesimen tinja. 
  • Orthotolidine: Perkembangan warna hijau 

Tes Benzidine juga sangat sensitif dan reaksi positif palsu sering terjadi. Karena perdarahan dari lesi mungkin terjadi secara intermiten, pengujian berulang mungkin diperlukan. 

Penyebab Tes Occult Blood Positif Palsu 

  1. Konsumsi makanan yang mengandung peroksidase seperti daging merah, ikan, unggas, lobak, lobak, kembang kol, bayam, atau mentimun. Diet harus bebas dari makanan yang mengandung peroksidase setidaknya 3 hari sebelum pengujian. 
  2. Obat-obatan seperti aspirin dan obat anti-inflamasi lainnya, yang meningkatkan kehilangan darah dari saluran pencernaan pada orang normal. 

Penyebab Tes Occult Blood Negatif Palsu 

  1. Makanan yang mengandung banyak vitamin C. 
  2. Konversi seluruh hemoglobin menjadi asam hematin (yang tidak memiliki aktivitas seperti peroksidase) selama perjalanan melalui saluran pencernaan. 


Kultur Tinja

Prosedur ini melibatkan pertumbuhan bakteri dalam sampel tinja untuk mendeteksi infeksi tertentu, seperti kolera atau tuberkulosis usus.

Cara Mengambil Sampel Tinja yang Tepat

  1. Spesimen feses (minimal 4 ml atau 4 cm³) dikumpulkan dalam wadah yang bersih dan kering dengan penutup yang rapat. 
  2. Jangan mendiamkan sampel dalam jangka waktu lama (agar tidak mati parasit eksentrik dan pemeriksaan sebaiknya dalam waktu satu jam setelah pengambilan sampel).  
  3. Pagi hari adalah contoh terbaik karena buang air besar di sini sepanjang malam dan kemungkinan munculnya parasit kompleks dan telurnya paling besar.  
  4. Bagi anak sebaiknya buang air kecil terlebih dahulu sebelum mengambil sampel feses agar tidak tercampur urin dengan sampel feses. 
  5. Feses tidak boleh terkontaminasi urin, air, tanah, atau darah menstruasi. Urin dan air menghancurkan trofozoit; tanah akan memasukkan organisme asing dan juga menghambat pemeriksaan yang tepat. 
  6.  Nama pasien, tanggal, waktu & nomor harus dicantumkan pada wadah sampel.   
  7. Feses harus diperiksa sedini mungkin setelah diterima di laboratorium (sebaiknya dalam waktu 1 jam setelah pengambilan). Jika diperkirakan terjadi keterlambatan dalam pemeriksaan, sampel dapat disimpan di lemari es karena parasit paling baik dideteksi pada tinja yang hangat dan baru dikeluarkan. 
  8. Pasien tidak boleh menggunakan obat pencahar sebelum pengambilan sampel tinja. 9. Pasien sebaiknya tidak mengonsumsi obat-obatan tertentu sebelum pemeriksaan seperti: obat pH, obat diare, obat anti parasit, antibiotik. 
  9. Pasien harus memakai sarung tangan sebelum memegang sampel tinja untuk menghindari penularan atau menggunakan alat untuk memindahkan sampel dalam wadah. Dan jangan mengambil sampel bangku dasar lantai kamar mandi (toilet). 
  10. Pasien wajib mencuci tangannya dengan bersih setelah pengambilan sampel. Dan sampel air atau sabun tidak tercampur. 

Prosedur Kultur Tinja

Feses dikultur dengan cara mengambil sampel secara loop dan dikultur pada berbagai jenis media kultur sesuai dengan jenis bakteri atau diagnosis kasus yang diselidiki sebagai berikut:
  1. Dibiakkan pada media agar sukrosa garam empedu tiosulfat sitrat jika pasien dicurigai menderita infeksi kolera. 
  2. Dibiakkan pada media Lowenstein – Jensen untuk Mycobacterium tuberkulosis jika orang tersebut diduga menderita tuberkulosis gastrointestinal. 
  3. Dibiakkan pada agar darah jika dicurigai adanya infeksi Staphylococcus aureus yang bersifat hemolitik darah. 
  4. Dibiakkan pada media agar MacConkey untuk mendeteksi bakteri fermentasi laktosa pada koloni berwarna merah muda termasuk (E .coli, Klebsiella dan Enterobacter). Tetapi jika bukan fermentor laktosa, maka Proteus yang diidentifikasi dengan (fenomena difusi), atau pseudomonas yang diidentifikasi dengan (uji piocynin). Dan untuk membedakan Shigella dan Salmonella, dengan menggunakan uji serologi dan biokimia. 

Pemeriksaan tinja adalah alat penting dalam diagnosis penyakit saluran pencernaan. Dengan memahami prosedur dan hasil yang mungkin dari pemeriksaan ini, Anda dapat membantu dokter mendiagnosis dan mengelola kondisi kesehatan Anda dengan lebih baik.***


Lampiran Gambar Mikroskopis Tinja

Panduan Pemeriksaan Tinja yang Penting; Mikroskopis, Kimia dan Kultur

Panduan Pemeriksaan Tinja yang Penting; Mikroskopis, Kimia dan Kultur

Panduan Pemeriksaan Tinja yang Penting; Mikroskopis, Kimia dan Kultur


Infolabmed
Infolabmed infolabmed.com merupakan kanal informasi tentang Teknologi Laboratorium Medik meliputi Materi Kuliah D3 dan D4, Informasi Seminar ATLM, Lowongan Kerja. Untuk dukung website infolabmed tetap aktif silahkan ikut berdonasi melalui DANA = 085862486502.

Post a Comment