Panduan Lengkap tentang Pewarnaan Endospora: Teknik, Langkah-langkah, dan Hasilnya

Table of Contents

 

Panduan Lengkap tentang Pewarnaan Endospora: Teknik, Langkah-langkah, dan Hasilnya
Hasil Pewarnaan Endospora. (Foto : Mikrobio.id)

INFOLABMED.COM - Apakah Anda pernah mendengar tentang teknik pewarnaan endospora? Jika belum, maka Anda telah datang ke tempat yang tepat! 

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara rinci tentang pewarnaan endospora, sebuah teknik penting dalam dunia mikrobiologi untuk mengidentifikasi struktur yang tahan terhadap pewarnaan.

Endospora adalah struktur tahan panas yang dihasilkan oleh beberapa jenis bakteri untuk bertahan hidup dalam kondisi lingkungan yang tidak menguntungkan. 

Pewarnaan endospora membutuhkan pendekatan yang berbeda dari teknik pewarnaan biasa seperti Gram-stain, karena struktur ini sangat tahan terhadap pewarnaan standar.

Langkah pertama dalam pewarnaan endospora adalah mempersiapkan larutan malakit hijau. Larutan ini akan membantu memasukkan malakit hijau ke dalam endospora dengan bantuan panas. 

Proses ini mirip dengan teknik pewarnaan asam-fast untuk sel mikobakteri yang menggunakan karbol fuchsine.

Berikut adalah langkah-langkah lengkapnya:

  1. Siapkan larutan malakit hijau 0,5% dalam air.
  2. Siapkan larutan pengkontras yang terdiri dari 10 ml safranin O (2,5% dalam etanol 95%) dalam 100 ml air suling.
  3. Siapkan suspensi bakteri yang telah difiksasi panas di atas gelas objek mikroskop.
  4. Potong selembar kertas saring sesuai ukuran gelas objek dan rendam kertas saring tersebut dalam larutan pewarna malakit.
  5. Letakkan kertas saring yang telah diwarnai di atas gelas objek.
  6. Panaskan pewarna sampai mulai mengeluarkan uap dengan menempatkan bagian bawah gelas objek di atas hot plate atau di atas bak air mendidih.
  7. Selama pemanasan selama 5 menit, pastikan sampel tetap basah dengan pewarna dan secara teratur aplikasikan pewarna kembali.
  8. Angkat kertas saring.
  9. Bilas gelas objek dengan aliran air keran yang tidak langsung hingga tidak ada warna yang muncul di air bilasan.
  10. Pewarnaan kontras gelas objek dengan safranin O selama 30 detik.
  11. Bilas gelas objek dengan aliran air keran yang tidak langsung.
  12. Keringkan gelas objek dengan udara dan periksa.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini dengan cermat, Anda akan dapat melihat endospora yang muncul berwarna hijau terang, sementara sel vegetatif akan terlihat berwarna cokelat kemerahan.

Pewarnaan endospora adalah teknik yang penting dalam identifikasi bakteri tertentu dan memahami sifat-sifat biologis mereka. 

Dengan pemahaman yang tepat tentang teknik ini, para ilmuwan mikrobiologi dapat memperluas pengetahuan mereka tentang dunia mikroba yang menakjubkan. 

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam memahami lebih lanjut tentang pewarnaan endospora!***

Infolabmed
Infolabmed infolabmed.com merupakan kanal informasi tentang Teknologi Laboratorium Medik meliputi Materi Kuliah D3 dan D4, Informasi Seminar ATLM, Lowongan Kerja. Untuk dukung website infolabmed tetap aktif silahkan ikut berdonasi melalui DANA = 085862486502.

Post a Comment