Medium Potato Dextrose Agar untuk Penanaman Jamur, Sesuai dengan USP/EP/JP oleh Liofilchem®

Table of Contents

 

Medium Potato Dextrose Agar untuk Penanaman Jamur, Sesuai dengan USP/EP/JP oleh Liofilchem®
http://namtrangco.com/

INFOLABMED.COM - Potato Dextrose Agar (PDA) merupakan medium yang digunakan untuk identifikasi, penanaman, dan penghitungan ragi dan kapang dari bahan makanan dan bahan lainnya. 

Medium ini sesuai dengan rekomendasi American Public Health Association untuk makanan dan metode harmonisasi Farmakope untuk persiapan strain uji Aspergillus brasiliensis.

Formula Tipe (g/l)

  • Infusion Kentang (dari 200 g kentang)
  • Agar Dekstrosa 4.0
  • Dekstrosa 20.0
  • Agar 17.0
  • pH Akhir 5.6 ± 0.2 pada suhu 25°C

Prinsip Metode

Infusion kentang dan dekstrosa mendukung pertumbuhan fungi yang mendorong pembentukan sporulasi jamur dan produksi pigmen. Agar berfungsi sebagai agen pengental.

Persiapan

Medium Dehidrasi

  • Larutkan 42 g bubuk dalam 1 liter air suling atau deionisasi. Campur rata. Panaskan hingga mendidih sambil diaduk secara teratur hingga benar-benar larut. Sterilkan dalam autoklaf pada suhu 121°C selama 15 menit.
  • Catatan: Jika medium akan digunakan untuk menghitung jamur, bisa diinginkan untuk menghambat pertumbuhan bakteri. Ini dapat dilakukan dengan menambahkan 1 ml asam laktat 10% ke setiap 100 ml medium steril pada suhu 50°C untuk mengasamkan pH menjadi sekitar 3.5.

Medium dalam Botol

  • Cairkan isi botol dalam bak air pada suhu 100°C (lepas tutup sebagian) hingga benar-benar larut. Lalu pasang tutup dan periksa homogenitas medium yang larut, jika perlu, putar botol ke bawah. Dinginkan pada suhu 45-50°C, campur rata menghindari pembentukan busa dan sebar secara aseptik ke dalam cawan Petri.

Prosedur Uji

Inokulasi medium dengan metode tuang-plate atau teknik sebar/garis.

Interpretasi Hasil

Periksa medium untuk pertumbuhan fungi dan morfologi koloni.

Penyimpanan

  • Bubuk sangat higroskopis, simpan pada suhu 10-30°C, di lingkungan kering, dalam wadah aslinya yang tertutup rapat.
  • Simpan botol, tabung, dan piring yang sudah disiapkan pada suhu 10-25°C dari cahaya. Jangan gunakan produk setelah tanggal kedaluwarsa yang tertera di label atau jika produk menunjukkan tanda-tanda kontaminasi atau tanda-tanda kerusakan.

Medium Potato Dextrose Agar adalah alat yang penting dalam identifikasi dan budidaya jamur. Dengan formulasi yang tepat dan metode persiapan yang benar, medium ini dapat memberikan hasil yang konsisten dan dapat diandalkan dalam laboratorium.***

Infolabmed
Infolabmed infolabmed.com merupakan kanal informasi tentang Teknologi Laboratorium Medik meliputi Materi Kuliah D3 dan D4, Informasi Seminar ATLM, Lowongan Kerja. Untuk dukung website infolabmed tetap aktif silahkan ikut berdonasi melalui DANA = 085862486502.

Post a Comment