Laboratorium Patologi Anatomi ; Pelayanan Diagnostik untuk Mendeteksi Gangguan Tubuh Akibat Penyakit Keganasan

Table of Contents

 

Laboratorium Patologi Anatomi ; Pelayanan Diagnostik untuk Mendeteksi Gangguan Tubuh Akibat Penyakit Keganasan
Foto : Charles River Laboratories

INFOLABMED.COM - Laboratorium Patologi Anatomi adalah pelayanan diagnostik dan laboratorium untuk pemeriksaan jaringan dan atau cairan tubuh.

Pelayanan laboratorium Patologi Anatomi sebagian besar dilakukan berdasarkan rekomendasi dokter, dengan tujuan membagi diagnosis berdasarkan perubahan morfologi sel dan jaringan tubuh hingga pemeriksaan imunologi dan molekuler.

Selain itu, pemeriksaan Patologi Anatomi bertujuan untuk mendeteksi kelainan jaringan tubuh dan melindungi terhadap beberapa penyakit.

Peran Patologi Anatomi semakin besar dengan membagi pilihan terapi yang tepat dan prediksi prognosis seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi.

Proses pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter spesialis patologi anatomi disebut pemeriksaan biopsi.

Berikut pelayanan yang dilakukan oleh Laboratorium Patologi Anatomi:

  1. Histopatologi (pemeriksaan jaringan yang dilakukan dengan teknik pewarnaan tertentu, misalnya dengan menggunakan antibodi untuk mengidentifikasi jaringan pada komponen tubuh)
  2. Sitologi (pemeriksaan untuk mengetahui penyakit dan untuk pembagian bila ada keperluan untuk pemeriksaan selanjutnya)
  3. FNAB (Pengobatan benjolan di permukaan tubuh dengan cara menarik cairan dari tumor dengan jarum halus)
  4. Pap s mear (deteksi kanker serviks pada wanita)
  5. Imunohistokimia (diagnostik penyakit, penelitian biologi, pengembangan obat, dan terapi sensitif mengenai jenis kanker)
  6. Frozen Section (pemeriksaan cepat untuk diagnosis lesi saat pasien berada di meja operasi)

Untuk pelayanan penunjang, laboratorium patologi anatomi juga dilengkapi dengan alat penunjang yang lengkap dan modern, yaitu mikroskop, alat pengolah jaringan, mikrotom, pewarnaan otomatis, dan imunohistokimia otomatis.*** (Sumber : RSUD Tulungagung)

Infolabmed
Infolabmed infolabmed.com merupakan kanal informasi tentang Teknologi Laboratorium Medik meliputi Materi Kuliah D3 dan D4, Informasi Seminar ATLM, Lowongan Kerja. Untuk dukung website infolabmed tetap aktif silahkan ikut berdonasi melalui DANA = 085862486502.

Post a Comment