Apa Itu Tes Klirens Kreatinin?

Table of Contents

 

Apa Itu Tes Klirens Kreatinin

INFOLABMED.COM - Tes klirens kreatinin dilakukan untuk menilai fungsi ginjal yang tepat. Tes ini menggunakan sampel urine dan darah. 

Kreatinin, produk sisa yang dihasilkan oleh aktivitas otot normal, masuk ke dalam darah dan ditransfer ke ginjal. Ginjal kemudian mengeluarkan kreatinin dari tubuh melalui urine.

Penggunaan Tes Klirens Kreatinin

Secara umum, tes Klirens Kreatinin digunakan untuk mengevaluasi fungsi ginjal dan mendeteksi serta memantau keberadaan penyakit ginjal. 

Namun, tes Klirens Kreatinin juga digunakan untuk menentukan laju filtrasi glomerulus yang diperkirakan (eGFR), yang menggambarkan seberapa baik ginjal menyaring darah. 

Selain itu, tes Klirens Kreatinin juga digunakan untuk menilai seberapa baik pengobatan penyakit ginjal bekerja.

Memahami Hasil Tes Klirens Kreatinin

Nilai Normal:

Laki-laki - 97 hingga 137 mL/menit atau 1,65 hingga 2,33 mL/detik

Perempuan - 88 hingga 128 mL/menit atau 1,496 hingga 2,18 mL/detik

Hasil tes pembersihan kreatinin yang rendah secara abnormal dapat menjadi tanda fungsi ginjal yang terganggu atau laju filtrasi glomerulus yang berkurang. Dokter Anda akan menilai laporan tersebut dan memberi Anda saran yang sesuai.

Mengapa Saya Membutuhkan Tes Klirens Kreatinin?

Jika Anda berisiko mengalami masalah ginjal, Anda memerlukan tes klirens kreatinin. Misalnya, orang yang mengonsumsi obat-obatan yang memengaruhi ginjal mereka mungkin memerlukan tes ini. 

Seseorang juga mungkin memerlukan tes klirens kreatinin untuk menentukan penyakit ginjal lebih awal pada orang-orang dengan riwayat keluarga penyakit ginjal, tekanan darah tinggi, atau diabetes.

Apa yang Terjadi Selama Tes Klirens Kreatinin?

Selama Tes Klirens Kreatinin, dua sampel terpisah (darah dan urine) diambil. Untuk sampel darah, darah diambil dari vena lengan Anda di rumah sakit atau laboratorium. 

Untuk sampel urine, seseorang harus secara pribadi mengumpulkan urine mereka dalam wadah khusus selama periode 24 jam.

Level Normal Klirens Kreatinin?

Nilai normal untuk

Laki-laki - 97 hingga 137 mL/menit atau 1,65 hingga 2,33 mL/detik

Perempuan - 88 hingga 128 mL/menit atau 1,496 hingga 2,18 mL/detik

Nilai normal untuk GFR adalah 90 atau lebih.

Selain Klirens kreatinin, laporan juga mungkin mencantumkan pengukuran lain termasuk kreatinin serum, kreatinin urine, dan volume urine.

Apakah Level Klirens Kreatinin yang Menunjukkan Gagal Ginjal?

Level klirens kreatinin lebih dari 1,4 untuk pria dan lebih dari 1,2 untuk wanita mungkin menjadi tanda awal bahwa ginjal tidak berfungsi dengan baik. 

Begitu GFR turun di bawah 15, seseorang berisiko tinggi terkena gagal ginjal dan mungkin memerlukan dialisis atau transplantasi ginjal. Dokter Anda akan memberi Anda saran begitu laporan menunjukkan nilai-nilai seperti itu.

Berapa Rentang Tes Klirens Kreatinin Normal Selama Kehamilan?

Laju filtrasi glomerulus (GFR) meningkat dan mencapai puncaknya sekitar minggu ke-13 kehamilan. Oleh karena itu, tingkat kreatinin menurun selama kehamilan. 

Rentang tes klirens kreatinin normal rata-rata selama kehamilan adalah 0,4 hingga 0,8 mg/dL.

 Meskipun nilai ini berbeda dari individu ke individu dan minggu kehamilan, lebih baik berkonsultasi dengan dokter Anda untuk tes klirens kreatinin selama kehamilan.

Bagaimana Cara Menyiapkan Tes Klirens Kreatinin?

Dokter Anda mungkin menyarankan Anda untuk sementara menghentikan semua obat yang mungkin memengaruhi hasil tes. 

Beritahu dokter Anda tentang semua obat yang Anda minum untuk menghindari komplikasi dan memahami semua kegunaan tes. 

Mereka juga dapat menginstruksikan puasa semalaman atau membatasi dari makan daging, karena hal itu mungkin sementara meningkatkan kadar kreatinin dalam tubuh.

Apakah Ada Efek Samping atau Risiko dari Tes Klirens Kratinin?

Tidak ada risiko atau risiko minimal yang terlibat dengan pengambilan darah Anda untuk tes ini. 

Beberapa risiko kecil termasuk pendarahan berlebihan, merasa pusing, infeksi, atau tusukan ganda untuk menemukan vena. Berbicaralah dengan dokter Anda tentang efek samping atau risiko ini sebelum menjalani tes.

Apakah Klirens Kreatinin Sama dengan GFR?

Tidak, klirens kreatinin dan GFR benar-benar berbeda. Pembersihan Kreatinin (CrCl) adalah laju di mana kreatinin (sisa) "dibersihkan" dari darah oleh ginjal sementara laju filtrasi glomerulus (GFR) mengacu pada laju aliran cairan yang difiltrasi melalui ginjal. Selain itu, Klirens Kreatinin sedikit lebih tinggi dari GFR. Keduanya tidak sama.***

Infolabmed
Infolabmed infolabmed.com merupakan kanal informasi tentang Teknologi Laboratorium Medik meliputi Materi Kuliah D3 dan D4, Informasi Seminar ATLM, Lowongan Kerja. Untuk dukung website infolabmed tetap aktif silahkan ikut berdonasi melalui DANA = 085862486502.

Post a Comment