Penjelasan Tes Patologi Dalam Memahami Pemeriksaan HbA1c

 

HbA1C Test Penjelasan, Diagnosis dan Cara Baca Hasil Laboratorium
Ilustrasi Pemeriksaan HbA1C. (Foto : genupathlabs.com)

INFOLABMED.COM - Tes HbA1c (Haemoglobin A1c) merupakan uji darah yang penting untuk mendiagnosa diabetes tipe 2 dan mengevaluasi sejauh mana kontrol glukosa Anda selama beberapa bulan terakhir. 

Meskipun kadar glukosa darah Anda bisa naik atau turun secara ekstrem, HbA1c memberikan gambaran jumlah rata-rata glukosa dalam darah Anda selama periode tersebut. 

Hasilnya dapat membantu Anda dan dokter Anda mengetahui apakah langkah-langkah yang Anda ambil untuk mengontrol diabetes Anda berhasil.

Apa yang Diuji pada Pemeriksaan HbA1C Ini?

Ketika glukosa beredar dalam darah Anda, sebagian dari glukosa tersebut secara spontan terikat pada hemoglobin (protein yang membawa oksigen dalam sel darah merah).

 Kombinasi ini disebut haemoglobin A1c (HbA1c). Jumlah HbA1c yang terbentuk secara langsung terkait dengan jumlah glukosa dalam darah Anda. 

Jika diabetes Anda tidak terkontrol dengan baik, kadar glukosa dalam darah Anda tinggi, menyebabkan peningkatan kadar HbA1c. 

Kadar HbA1c tidak berubah dengan cepat karena sel darah merah hidup selama 3-4 bulan.

 Karena itu, jumlah HbA1c dalam darah Anda mencerminkan jumlah rata-rata glukosa dalam darah Anda selama 2-3 bulan terakhir.

 Semakin tinggi kadar glukosa dalam darah, semakin banyak haemoglobin yang terglikasi itu terbentuk.

Bagaimana Penggunaannya Dalam Diagnosis Penyakit Diabetes?

Tes HbA1c dapat digunakan untuk mendiagnosa diabetes dan juga menunjukkan seberapa baik kontrol diabetes Anda selama beberapa bulan terakhir.

 Meskipun Anda mungkin memiliki beberapa nilai glukosa darah yang sangat tinggi atau sangat rendah, HbA1c akan memberikan gambaran jumlah rata-rata glukosa dalam darah Anda selama periode tersebut. 

Hasilnya dapat membantu Anda dan dokter Anda mengetahui apakah langkah-langkah yang Anda ambil untuk mengontrol diabetes Anda berhasil.

Kapan Harus Dilakukan Pemeriksaan HbA1C?

Ketika dokter Anda mencurigai Anda mungkin memiliki diabetes. Setelah diabetes didiagnosis, Diabetes Australia merekomendasikan pengukuran HbA1c setiap 3-6 bulan.

 HbA1c dapat diukur lebih sering pada mereka yang baru didiagnosis dengan diabetes, pada mereka yang kadar glukosa darahnya tetap terlalu tinggi, atau saat rencana pengobatan berubah.

Interpretasi Hasil Pemeriksaan HbA1C?

  • Diagnosis Diabetes: HbA1c lebih dari atau sama dengan 6.5% (48 mmol/mol)
  • Target Pengobatan Umum: Kurang dari 7% (53 mmol/mol)
  • Hipoglikemia Berulang atau Ketidaknyamanan Hipoglikemia: Kurang dari atau sama dengan 64 mmol/mol, kurang dari atau sama dengan 8.0%
  • Prediabetes: 42–47 mmol/mol (6.0–6.4%)

Jika HbA1c Anda di bawah target 7%, kemungkinan besar diabetes Anda terkendali dengan baik.

 Jika HbA1c Anda naik di atas 7%, Anda berisiko tinggi mengembangkan komplikasi jangka panjang seperti penyakit mata, ginjal, kerusakan saraf, serta serangan jantung dan stroke.

Apa yang Perlu Anda Ketahui Faktor Pengganggu Pada Pemeriksaan HbA1C?

  • Jenis hemoglobin yang abnormal, seperti pada penderita penyakit sel sabit, dapat memengaruhi hasil yang akurat.
  • Anemia, pemecahan berlebih sel darah merah (hemolisis), atau pendarahan berat dapat menyebabkan hasil tes yang salah rendah.
  • Kehamilan juga dapat memengaruhi hasil tes.
  • Kekurangan zat besi, transfusi darah baru, dan terapi eritropoietin dapat memengaruhi pengukuran HbA1c Anda.

Pertanyaan Umum Seputar Pemeriksaan HbA1C

1. Apakah ada tes HbA1c di rumah?

  • Ya, tetapi tidak umum dan dapat mahal.

2. Apakah tes HbA1c dapat digunakan untuk mengetahui apakah saya memiliki diabetes atau tidak?

  • Ya, sekarang tes HbA1c dapat digunakan untuk mendiagnosa diabetes. Tes ini lebih sederhana karena tidak memerlukan puasa dan dapat dilakukan kapan saja.

3. Mengapa ada dua hasil untuk HbA1c?

  • HbA1c sekarang biasanya dilaporkan dengan dua set unit: % (NGSP) dan mmol/mol (SI). Konversi dapat dilakukan dengan rumus: HbA1c (mmol/mol) = 10,93 x HbA1c (% unit) – 23,5.

Tes HbA1c adalah alat penting untuk memantau dan mengelola diabetes. Dengan pemahaman yang baik tentang hasil tes ini, Anda dapat bekerja sama dengan dokter untuk menjaga kadar glukosa darah Anda dalam kontrol yang baik. 

Tetaplah terinformasi dan selalu konsultasikan dengan profesional medis Anda untuk perencanaan perawatan yang efektif.***

DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments