Meningkatkan Kadar HDL: Kolesterol "Baik" untuk Kesehatan Jantung yang Lebih Baik

 

Meningkatkan Kadar HDL Kolesterol Baik untuk Kesehatan Jantung yang Lebih Baik
Ilustrasi HDL dan LDL Kolesterol. (Foto : Kauvery Hospital)

INFOLABMED.COM - Kolesterol sering kali mendapatkan reputasi buruk, tetapi tidak semua kolesterol itu sama. 

Salah satu jenisnya, HDL atau high-density lipoprotein, dijuluki sebagai kolesterol "baik" karena perannya dalam mengangkut kolesterol jahat dari tubuh kita.

Apa itu Kolesterol?

Kolesterol adalah senyawa lilin yang ditemukan di dalam semua sel tubuh kita. Hati kita memproduksi kolesterol, dan makanan tertentu juga mengandung kolesterol.

 Meskipun tubuh kita membutuhkan sejumlah kolesterol untuk berfungsi dengan baik, kelebihan kolesterol dalam darah meningkatkan risiko penyakit arteri koroner.

Perbedaan Antara HDL dan LDL

HDL dan LDL adalah dua jenis lipoprotein yang berperan dalam transportasi kolesterol dalam darah. HDL, atau high-density lipoprotein, dianggap sebagai kolesterol "baik" karena kemampuannya membawa kolesterol dari bagian lain tubuh kembali ke hati untuk penghilangan. 

Sebaliknya, LDL, atau low-density lipoprotein, dianggap sebagai kolesterol "jahat" karena tingkat LDL yang tinggi menyebabkan penumpukan kolesterol dalam arteri.

Bagaimana Mengetahui Kadar HDL Anda?

Tes darah dapat mengukur kadar kolesterol, termasuk HDL. Penting untuk melakukan tes ini secara teratur, terutama untuk orang dewasa yang berisiko tinggi atau memiliki riwayat keluarga penyakit jantung. 

Umumnya, direkomendasikan untuk melakukan tes kolesterol setiap lima tahun bagi orang dewasa muda, dan setiap satu hingga dua tahun bagi mereka yang berusia 45-65 tahun (pria) atau 55-65 tahun (wanita).

Berapa Kadar HDL yang Ideal?

Dengan kolesterol HDL, angka yang lebih tinggi lebih baik. Kadar HDL yang tinggi dapat menurunkan risiko penyakit arteri koroner dan stroke.

 Namun, angka ideal HDL dapat bervariasi berdasarkan usia dan jenis kelamin, dengan angka yang berbeda untuk remaja dan orang dewasa.

GroupHealthy HDL Level
Age 19 or youngerMore than 45mg/dl
Men age 20 or olderMore than 40mg/dl
Women age 20 or olderMore than 50mg/dl

Cara Meningkatkan Kadar HDL Anda

Jika kadar HDL Anda terlalu rendah, perubahan gaya hidup dapat membantu meningkatkannya. Beberapa langkah yang dapat Anda ambil termasuk:

  • Mengonsumsi diet sehat dengan fokus pada lemak baik seperti lemak tidak jenuh, yang ditemukan dalam alpukat, minyak zaitun, dan kacang-kacangan.
  • Menjaga berat badan yang sehat dengan mengurangi lemak di sekitar pinggang.
  • Melakukan olahraga secara teratur, dengan fokus pada latihan aerobik yang membangkitkan denyut jantung.
  • Menghindari merokok dan paparan asap rokok kedua.
  • Mengurangi konsumsi alkohol dalam batas yang moderat.

Pengaruh Obat-obatan dan Kondisi Medis Terhadap HDL

Beberapa obat-obatan, seperti beta blocker dan steroid anabolik, dapat menurunkan kadar HDL pada beberapa individu. 

Selain itu, kondisi medis seperti diabetes juga dapat memengaruhi kadar HDL. Penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan Anda jika Anda mengalami penurunan kadar HDL yang signifikan.

Meningkatkan kadar HDL dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan jantung kita. 

Dengan mengadopsi gaya hidup sehat, termasuk diet seimbang dan olahraga teratur, serta menghindari faktor risiko seperti merokok dan konsumsi alkohol yang berlebihan, kita dapat memperkuat kesehatan jantung kita dan mengurangi risiko penyakit arteri koroner dan stroke.***

DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments