Mengetahui Tentang Kolesterol LDL dan HDL serta Trigliserida

 

Mengetahui Tentang Kolesterol LDL dan HDL serta Trigliserida
Ilustrasi. (Foto : www.cdc.gov)

INFOLABMED.COM - Kolesterol merupakan salah satu topik penting dalam kesehatan jantung.

 Namun, banyak dari kita mungkin belum sepenuhnya memahami perbedaan antara kolesterol LDL dan HDL, serta apa itu trigliserida. 

Apa itu Kolesterol LDL dan HDL?

Kolesterol bepergian melalui darah dengan bantuan protein yang disebut "lipoprotein." Ada dua jenis lipoprotein yang membawa kolesterol di seluruh tubuh:

  1. LDL (Low-Density Lipoprotein): Kolesterol LDL, kadang disebut "kolesterol jahat," merupakan sebagian besar dari kolesterol dalam tubuh Anda. Tingkat kolesterol LDL yang tinggi meningkatkan risiko Anda terkena penyakit jantung dan stroke.

  2. HDL (High-Density Lipoprotein): Kolesterol HDL, kadang disebut "kolesterol baik," menyerap kolesterol dalam darah dan membawanya kembali ke hati. Kemudian hati membuangnya dari tubuh. Tingkat kolesterol HDL yang tinggi dapat menurunkan risiko Anda terkena penyakit jantung dan stroke.

Apa itu Trigliserida?

Trigliserida adalah jenis lemak dalam darah yang digunakan tubuh Anda sebagai energi. 

Kombinasi tingkat trigliserida tinggi dengan kadar kolesterol HDL rendah dan/atau kadar kolesterol LDL tinggi dapat meningkatkan risiko Anda terkena masalah kesehatan, seperti serangan jantung.

Bagaimana Cara Menurunkan Risiko Kolesterol Tinggi dan Trigliserida?

Anda dapat mencegah kolesterol tinggi dan trigliserida dengan mengurangi faktor risiko yang dapat Anda kendalikan. 

Anda dapat membuat keputusan gaya hidup sehat, seperti memilih makanan lebih sehat dengan sedikit lemak jenuh dan berhenti merokok.

Jika Anda sudah memiliki kadar kolesterol LDL dan trigliserida tinggi, tim perawatan kesehatan Anda mungkin akan merekomendasikan obat-obatan yang mengobati kadar kolesterol dan trigliserida tinggi serta perubahan gaya hidup untuk menurunkan risiko Anda terkena penyakit jantung dan stroke.

Jika Anda sudah memiliki kadar kolesterol HDL rendah, bicarakan dengan dokter Anda tentang perubahan gaya hidup yang mungkin membantu meningkatkan kadar Anda.

Pentingnya Pemeriksaan Kolesterol secara Berkala

Mendapatkan pemeriksaan kolesterol secara berkala merupakan cara penting untuk tetap mengontrol kesehatan kolesterol Anda.

 Bekerja sama dengan tim perawatan kesehatan Anda untuk mengetahui seberapa sering Anda harus melakukan pemeriksaan.

Pemahaman yang baik tentang perbedaan antara kolesterol LDL dan HDL, serta trigliserida, sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung Anda. 

Dengan membuat perubahan gaya hidup yang sehat dan mendapatkan pemeriksaan kolesterol secara teratur, Anda dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke yang disebabkan oleh kadar kolesterol yang tidak seimbang dalam tubuh Anda.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut tentang kolesterol dan langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda.

Dengan terus meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan kolesterol, kita dapat melindungi diri kita dan orang-orang yang kita cintai dari risiko penyakit jantung yang serius. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!***

DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments