Laju Sed (laju sedimentasi eritrosit)

 

Pemeriksaan tes laju sed endap darah pada eritrosit
Foto : Mindray

INFOLABMED.COM - Sed rate atau Erythrocyte Sedimentation Rate (ESR), di Indonesia biasa disebut sebagai LED (Laju Endap Darah) merupakan tes darah yang dapat menunjukkan aktivitas peradangan dalam tubuh. 

Banyak masalah kesehatan yang dapat menyebabkan hasil tes sed rate berada di luar kisaran standar.

 Tes tingkat sed sering digunakan dengan tes lain untuk membantu tim layanan kesehatan Anda mendiagnosis atau memeriksa perkembangan penyakit inflamasi.

Ketika darah dimasukkan ke dalam tabung yang tinggi dan tipis, sel darah merah, yang disebut eritrosit, secara bertahap mengendap di dasar. 

Peradangan dapat menyebabkan sel-sel menggumpal. Karena gumpalan-gumpalan ini lebih berat daripada sel-sel individual, maka gumpalan-gumpalan ini lebih cepat mengendap di dasar.

Tes laju sed mengukur jarak jatuhnya sel darah merah dalam tabung reaksi dalam satu jam. Semakin jauh sel darah merah turun, semakin besar respons peradangan sistem kekebalan tubuh Anda.

Tes tingkat sed dapat dilakukan jika Anda mengalami gejala seperti demam yang tidak dapat dijelaskan, nyeri otot, atau nyeri sendi. Tes ini dapat membantu memastikan diagnosis kondisi tertentu, termasuk:

  • Giant cell arteritis.
  • Polymyalgia rheumatica.
  • Rheumatoid arthritis.

Tes tingkat sed juga dapat membantu menunjukkan tingkat respons peradangan Anda dan memeriksa efek pengobatan.

Karena tes tingkat sed tidak dapat menentukan dengan tepat masalah yang menyebabkan peradangan di tubuh Anda, tes ini sering kali disertai dengan tes darah lainnya, seperti tes C-reactive protein (CRP).

Bagaimana Anda mempersiapkan diri

Tingkat sed adalah tes darah sederhana. Anda tidak perlu berpuasa sebelum pemeriksaan ini.


Apa yang dapat Anda harapkan pada Pemeriksaan Tes Laju Sed Ini?

Selama tes tingkat sed, seorang petugas flebotomi akan menggunakan jarum untuk mengambil sampel kecil darah dari pembuluh darah di lengan Anda.

Prosedur pengambilan darah seperti ini, biasanya hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. 

Sampel darah Anda tersebut akan dikirim ke laboratorium medis untuk dilakukan pemeriksaan. 

Setelah pengambilan darah, lengan Anda mungkin akan terasa sedikit nyeri selama beberapa jam, namun Anda akan dapat melanjutkan sebagian besar aktivitas secara normal.


Hasil Pemeriksaan Tes Laju Sed

Hasil tes laju sed Anda akan dilaporkan dalam jarak dalam milimeter (mm) jumlah sel darah merah yang jatuh ke dalam tabung reaksi dalam satu jam (jam). 

Usia, jenis kelamin dan faktor lain dapat mempengaruhi hasil tingkat sed.

Tingkat sed Anda adalah salah satu informasi untuk membantu tim layanan kesehatan Anda memeriksa kesehatan Anda. Tim Anda juga akan mempertimbangkan gejala Anda dan hasil tes lainnya.


Akurasi hasil tes Laju Sed

Banyak kondisi yang dapat mempengaruhi sifat-sifat darah dan mengubah seberapa cepat sel darah merah tenggelam dalam sampel darah. Kondisi yang dapat mempengaruhi tingkat sed antara lain:

  • Usia lanjut.
  • Anemia.
  • Kehamilan.
  • Masalah ginjal.
  • Penyakit tiroid.
  • Beberapa jenis kanker, seperti multiple myeloma.
  • Infeksi.
  • Cedera.

Dokter yang menjadi tim kesehatan Anda akan mempertimbangkan kondisi lain yang Anda alami saat meninjau hasil tes tingkat sed Anda.

 Bicaralah dengan ahli reumatologi atau spesialis perawatan kesehatan Anda tentang arti dari hasil sed rate Anda dan ajukan pertanyaan apa pun yang mungkin Anda miliki.***

DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments