Konsep Dasar Instrumentasi dan Teknik Laboratorium

 

Konsep Dasar Instrumentasi dan Teknik Laboratorium
Foto : blog.xiltrixusa.com

INFOLABMED.COM - Laboratorium merupakan tempat di mana kita melakukan pengamatan, pengukuran, atau pengendalian dengan menggunakan alat atau instrumen tertentu. 

Dalam dunia laboratorium, konsep dasar instrumentasi dan teknik menjadi kunci utama untuk menjalankan berbagai macam tes. 

Instrumentasi Laboratorium: Pengenalan dan Fungsinya

Instrumentasi laboratorium adalah penggunaan atau penerapan alat untuk pengamatan, pengukuran, atau pengendalian. 

Ini melibatkan penggunaan satu atau lebih alat dalam menjalankan uji laboratorium. Instrumentasi juga mencakup pengembangan atau penggunaan alat pengukur untuk pengamatan, pemantauan, atau pengendalian.

 Contoh penggunaannya meliputi spektrofotometri UV (untuk mengukur intensitas cahaya) dan kromatografi gas.

 Kumpulan peralatan ini dapat digunakan untuk mengotomatisasi prosedur pengujian atau mencakup desain, konstruksi, dan penyediaan alat untuk pengukuran, pengendalian, dll.

Alat Laboratorium: Definisi dan Jenisnya

Alat laboratorium dapat berupa alat, perkakas, atau peralatan yang digunakan untuk pengujian laboratorium. 

Alat ini dapat berupa perangkat yang mengukur sejumlah fisik, seperti aliran, konsentrasi, suhu, tingkat, jarak, sudut, atau tekanan. 

Alat bisa se-simple termometer genggam atau sekompleks analisis multi-variabel. Alat medis adalah alat yang digunakan untuk mendiagnosis atau mengobati penyakit.

 Pengetahuan tentang konstruksi, perolehan, dan penggunaan alat adalah bagian dari teknologi.

Peralatan Laboratorium: Pengertian dan Peran Pentingnya

Peralatan laboratorium mencakup berbagai alat pengukuran yang digunakan oleh ilmuwan dalam laboratorium. 

Alat ini digunakan untuk melakukan eksperimen atau mengambil pengukuran dan mengumpulkan data.

 Peralatan yang lebih besar atau lebih canggih sering disebut sebagai instrumen ilmiah. Keduanya semakin dirancang dan dibagi dengan prinsip open hardware. 

Peralatan klasik termasuk alat seperti pembakar Bunsen dan mikroskop, serta peralatan khusus seperti ruang kondisi operant, spektrofotometer, dan kalorimeter.

Teknik Laboratorium: Metode dan Prosesnya

Teknik laboratorium adalah sekumpulan prosedur yang digunakan dalam ilmu murni dan terapan untuk melakukan eksperimen, semuanya mengikuti metode ilmiah. 

Beberapa melibatkan penggunaan peralatan laboratorium kompleks, mulai dari peralatan kaca laboratorium hingga perangkat elektrik yang lebih mahal.

Peran Alat Laboratorium: Fungsi dan Penggunaannya

Alat laboratorium adalah set peralatan atau alat yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu, terutama jika barang tersebut tidak dikonsumsi dalam prosesnya. 

Alat yang digunakan dalam bidang atau aktivitas tertentu mungkin memiliki sebutan yang berbeda seperti "alat", "perkakas", "alat", "mesin", "perangkat," atau "alat".

Dalam dunia laboratorium, pemahaman konsep dasar instrumentasi dan teknik sangatlah penting. Dengan alat, peralatan, dan teknik yang tepat, kita dapat melakukan eksperimen dan mengambil data dengan akurat.***

DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments