Waspadai! Ini Penyebab Albumin Darah Anda Rendah atau Tinggi

 

Waspadai! Ini Penyebab Albumin Darah Anda Rendah atau Tinggi
Ilustrasi. (Foto : Bing AI)

INFOLABMED.COM - Tes ini mengukur jumlah albumin dalam darah Anda dan sering dilakukan sebagai bagian dari Uji Fungsi Hati. 

Albumin diproduksi dalam hati dan membantu membawa hormon, vitamin, obat, dan mineral seperti kalsium melalui aliran darah. 

Salah satu peran terpentingnya adalah membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dengan mencegah cairan bocor dari pembuluh darah ke jaringan lain. 

Tanpa cukup albumin, cairan dapat mengumpul di paru-paru dan bagian tubuh lainnya. Pengukuran albumin adalah cara non-invasif untuk memeriksa kehadiran dan tingkat keparahan penyakit hati, yang menyebabkan kadar albumin rendah. Beberapa tes dapat dipesan ketika salah satu kondisi dasar ini dicurigai. 

Tes yang paling sering diminta adalah Uji Fungsi Hati, serum albumin, aminotransferase, bilirubin, fosfatase alkali, dan waktu protrombin. Semua dilakukan pada sampel yang sama.

Mengapa Melakukan Pemeriksaan Albumin Darah?

Orang yang memiliki penyakit hati kronis dan gangguan ginjal memiliki risiko tertinggi mengembangkan kadar albumin yang rendah. 

Pemeriksaan albumin darah dapat digunakan untuk memeriksa status gizi Anda. Kadar albumin rendah dapat disebabkan oleh kondisi yang memengaruhi kemampuan hati untuk mensintesis albumin secara normal.

Tes albumin darah biasanya dimasukkan dalam panel Uji Fungsi Hati. Tes ini dapat membantu membedakan jenis penyakit hati yang Anda miliki.

Albumin tetap berada dalam darah selama sekitar 20 hari, jadi masalah kesehatan terkini atau jangka pendek yang memengaruhi kadar albumin mungkin tidak terdeteksi.

 Kadar albumin yang rendah lebih sering terkait dengan kondisi kronis yang berlangsung lama.

Penyebab Kadar Albumin Rendah dan Tinggi

  • Kadar albumin dapat rendah karena masalah kesehatan seperti penyakit ginjal dan kondisi di mana usus tidak menyerap nutrisi, seperti penyakit seliak, penyakit Crohn, dan kolitis ulseratif.
  • Kadar albumin tinggi adalah tanda dehidrasi.

Bagaimana Tes Dilakukan

  • Sampel: Darah
  • Persiapan: Tidak ada

Membaca Hasil Tes Anda

Hasil tes Anda akan disajikan bersama dengan hasil tes lainnya pada formulir yang sama. Hasil Anda akan dibandingkan dengan interval referensi yang diharapkan pada orang sehat. 

Jika hasil Anda berada di luar rentang ini, hasil Anda mungkin akan ditandai tinggi atau rendah. Banyak interval referensi bervariasi antara laboratorium, jadi hanya yang disesuaikan atau diharmonisasi di sebagian besar laboratorium yang diberikan di situs web ini.

Pertanyaan untuk Ditanyakan pada Dokter Anda

Pilihan tes yang dokter Anda pilih akan didasarkan pada riwayat medis dan gejala Anda. Penting untuk memberi tahu mereka segala hal yang Anda pikir dapat membantu. 

Anda memiliki peran sentral dalam memastikan hasil tes Anda akurat.

  • Mengapa tes ini perlu dilakukan?
  • Apakah saya perlu bersiap (seperti berpuasa atau menghindari obat-obatan) untuk pengumpulan sampel?
  • Apakah hasil yang abnormal berarti saya membutuhkan tes lanjutan?
  • Bagaimana hal ini dapat mengubah perawatan saya?
  • Apa yang akan terjadi setelah tes?

Hal Lain yang Perlu Diketahui

  • Kadar albumin rendah selama kehamilan adalah normal dan tidak menunjukkan adanya penyakit.
  • Kadar albumin tinggi biasanya mencerminkan dehidrasi meskipun tes ini tidak digunakan untuk tujuan ini.
  • Tes prealbumin mengukur protein yang mencerminkan status gizi Anda, terutama sebelum dan setelah operasi atau jika Anda dirawat di rumah sakit atau mengonsumsi suplemen nutrisi.
  • Tes rasio albumin kreatinin urine mengukur kadar albumin yang sangat kecil dalam urine Anda dan dapat menunjukkan apakah Anda berisiko mengembangkan penyakit ginjal. Jika Anda diabetic, Anda sebaiknya melakukan tes rasio albumin kreatinin setidaknya setiap tahun, untuk memeriksa perkembangan penyakit ginjal yang terkait dengan diabetes.

Tes albumin adalah alat yang berharga untuk memahami kondisi tubuh Anda, terutama dalam menilai kesehatan hati dan ginjal. 

Jangan ragu untuk berbicara dengan dokter Anda tentang hasil tes Anda dan bagaimana informasi ini dapat membantu mendiagnosis dan memantau kondisi Anda.

HASHTAGS:

#UjiPatologi #Albumin #FungsiHati #Ginjal #Kesehatan # #Gizi #Penyakit #Diabetes #

DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments