Tes Alkaline Phosphatase: Uji Kesehatan Penting untuk Liver dan Tulang

Tes Alkaline Phosphatase: Uji Kesehatan Penting untuk Liver dan Tulang
Tes Alkaline Phosphatase. (Foto : Md Saiful Islam Khan by Canva)
 

INFOLABMED.COM - Tes Alkaline Phosphatase (ALP) mengukur jumlah ALP dalam darah. Tes ini umumnya digunakan untuk mendiagnosis kerusakan hati atau gangguan tulang. Pelajari lebih lanjut.

Apa Itu Tes Alkaline Phosphatase?

Tes Alkaline Phosphatase (ALP) mengukur jumlah ALP dalam darah Anda. ALP adalah enzim yang ditemukan di banyak bagian tubuh Anda, dengan sebagian besar terdapat di hati, tulang, ginjal, dan sistem pencernaan.

Tingkat ALP yang tidak normal dalam darah Anda dapat menjadi tanda berbagai kondisi kesehatan, termasuk penyakit hati, gangguan tulang, dan penyakit ginjal kronis. 

Namun, tes ALP saja tidak dapat mengidentifikasi sumber ALP dalam darah, sehingga biasanya diperlukan tes lain untuk membuat diagnosis.

Nama Lain: ALP, ALK, PHOS, Alkp, ALK PHOS

Tes Alkaline Phosphatase sering digunakan untuk menyaring atau membantu mendiagnosis penyakit hati atau tulang. Tes ini juga dapat membantu mendiagnosis atau memantau kondisi kesehatan lainnya.

Mengapa Saya Perlu Tes Alkaline Phosphatase?

Dokter Anda mungkin memesan tes Alkaline Phosphatase sebagai bagian dari pemeriksaan rutin. 

Kondisi lain yang dapat memengaruhi tingkat ALP, sehingga tes ini sering dilakukan bersama dengan tes darah lainnya, seperti Comprehensive Metabolic Panel (CMP) atau tes fungsi hati.

Tes Alkaline Phosphatase juga dapat dipesan jika Anda memiliki gejala kerusakan hati atau gangguan tulang. Gejala penyakit hati meliputi mual, muntah, kehilangan nafsu makan, kelelahan, kelemahan, kuning pada kulit dan mata, pembengkakan atau nyeri di perut, pembengkakan di pergelangan kaki dan kaki, urin berwarna gelap, dan feses berwarna terang.

Gejala gangguan tulang melibatkan nyeri pada tulang, peradangan dan arthritis pada sendi, tulang yang tidak biasa bentuknya dan/atau terlalu besar, serta kerapuhan tulang.

Apa yang Terjadi Selama Tes Alkaline Phosphatase?

Tes Alkaline Phosphatase adalah jenis tes darah. Selama tes, profesional kesehatan akan mengambil sampel darah dari vena di lengan Anda menggunakan jarum kecil. 

Setelah jarum dimasukkan, sejumlah kecil darah akan dikumpulkan ke dalam tabung uji atau vial. Anda mungkin merasakan sedikit kejutan saat jarum masuk atau keluar. Ini biasanya hanya memakan waktu kurang dari lima menit.

Apakah Saya Perlu Menyiapkan Sesuatu untuk Tes Alkaline Phosphatase?

Persiapan untuk tes Alkaline Phosphatase tergantung pada laboratorium yang melakukan tes tersebut. 

Beberapa laboratorium mensyaratkan Anda untuk berpuasa (tidak makan atau minum) selama 6 hingga 12 jam sebelum tes. 

Selain itu, tes ALP biasanya dipesan bersama dengan tes darah lainnya yang memerlukan puasa selama beberapa jam. Provider Anda akan memberi tahu Anda jika ada instruksi khusus yang harus diikuti.

Apakah Ada Risiko pada Tes Alkaline Phosphatase?

Risiko yang sangat kecil terkait dengan tes darah. Anda mungkin mengalami sedikit nyeri atau memar di tempat jarum dimasukkan, tetapi sebagian besar gejala tersebut akan hilang dengan cepat.

Cara Membaca Hasil Tes Alkaline Phosphatase?

Tingkat ALP yang tinggi dapat menjadi tanda masalah hati atau gangguan tulang. Masalah hati dan gangguan tulang menyebabkan jenis ALP yang berbeda. Namun, hasil tes tidak dapat memberi tahu jenis ALP yang tinggi.

Jika hasil tes menunjukkan tingkat ALP yang tinggi, provider Anda mungkin akan memesan tes lain untuk membantu menentukan penyebab masalah tersebut.

 Tes ini mungkin termasuk tes ALP isoenzim, yang dapat memberi tahu dari bagian tubuh mana ALP diproduksi.

Kondisi Lain yang Mempengaruhi Tes Alkaline Phosphatase

Tingkat ALP dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Kehamilan dapat menyebabkan tingkat ALP yang lebih tinggi dari normal. Anak-anak dan remaja mungkin memiliki tingkat ALP yang tinggi karena tulang mereka sedang tumbuh.

Pil KB dan beberapa obat dapat menurunkan tingkat ALP, sementara obat lain dapat menyebabkan peningkatan tingkat ALP. 

Bahkan makan makanan berlemak sebelum tes Alkaline Phosphatase juga dapat menyebabkan peningkatan kecil pada tingkat ALP.

Tes Alkaline Phosphatase adalah alat penting dalam mendiagnosis masalah kesehatan terkait hati dan tulang. 

Meskipun tingkat ALP yang tinggi dapat menjadi tanda masalah, hasil tes ini tidak cukup untuk membuat diagnosis akhir. 

Diperlukan tes tambahan dan evaluasi dari penyedia layanan kesehatan untuk menentukan sumber masalah.

Untuk memahami hasil tes Anda, penting untuk berbicara dengan penyedia layanan kesehatan Anda. 

Jangan ragu untuk bertanya tentang kondisi kesehatan Anda dan apa yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan hati dan tulang Anda.***


DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments