Segala yang Perlu Anda Ketahui tentang Complete Blood Count (CBC)

Segala yang Perlu Anda Ketahui tentang Complete Blood Count (CBC)
Pemeriksaan Complete Blood Count (CBC). (Foto : Jarun 011 By Canva)


INFOLABMED.COM - Jika Anda pernah menjalani pemeriksaan darah rutin, kemungkinan besar Anda familiar dengan penyebutan pemeriksaan Complete Blood Count (CBC)

Oleh karena itu, Infolabmed akan membahas secara rinci apa itu CBC, mengapa pemeriksaan ini penting, dan bagaimana hasilnya dapat membantu mendeteksi berbagai gangguan kesehatan. 

Apa Itu Complete Blood Count (CBC)?

CBC adalah pemeriksaan darah yang umumnya dilakukan sebagai bagian dari pemeriksaan rutin. Pemeriksaan ini digunakan untuk mengukur berbagai bagian dan fitur darah Anda.

Berikut adalah beberapa komponen yang diukur oleh CBC:

  1. Sel Darah Merah (Red Blood Cells): Membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.
  2. Sel Darah Putih (White Blood Cells): Melawan infeksi dan penyakit lainnya.
  3. Platelet: Menghentikan pendarahan dengan membantu pembekuan darah.
  4. Hemoglobin: Protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen.
  5. Hematokrit: Pengukuran seberapa banyak darah Anda terdiri dari sel darah merah.

Apa Fungsi Pemeriksaan Complete Blood Count (CBC)?

CBC adalah pemeriksaan darah umum yang membantu mendeteksi berbagai gangguan, termasuk infeksi, anemia, penyakit sistem kekebalan tubuh, dan kanker darah. 

Mengapa Anda perlu melakukan pemeriksaan CBC? Ada beberapa alasan:

  • Diagnosis Penyakit Darah: Membantu mendiagnosis penyakit darah, infeksi, atau gangguan sistem kekebalan.
  • Monitoring Perubahan: Digunakan untuk memeriksa perubahan dalam gangguan darah yang sudah ada.

Bagaimana Melakukan Pemeriksaan CBC?

Prosedur ini sederhana. Seorang profesional kesehatan akan mengambil sampel darah dari pembuluh darah di lengan Anda menggunakan jarum kecil. Tidak perlu persiapan khusus, kecuali jika ada tes tambahan yang diperlukan.

Apakah Ada Resiko Saat Pemeriksaan CBC?

Risikonya sangat kecil. Anda mungkin mengalami sedikit rasa sakit atau memar di lengan tempat dimana dilakukan penusukan, tetapi gejala ini biasanya cepat hilang.

Apa Arti Hasil Pemeriksaan CBC?

Hasil CBC yaitu dapat mengukur sel dalam darah Anda, dan ketidaknormalan dapat menjadi tanda berbagai kondisi medis. Sebagai contoh:

  • Tingkat sel darah merah, hemoglobin, atau hematokrit yang abnormal dapat menjadi tanda anemia, penyakit jantung, atau kekurangan zat besi.
  • Jumlah sel darah putih yang rendah bisa menjadi tanda gangguan autoimun, gangguan sumsum tulang, atau kanker.

Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang CBC Lainnya?

Pemeriksaan CBC dilakukan menggunakan satu alat bernama Hematologi Analyzer yang digunakan oleh penyedia layanan kesehatan untuk memahami gambaran kesehatan Anda. 

Dalam menginterpretasikan hasilnya, Dokter akan mempertimbangkan riwayat medis, gejala, dan faktor lainnya untuk membuat diagnosis. Mungkin diperlukan tes tambahan.

Complete Blood Count adalah pemeriksaan penting dalam dunia medis untuk mendeteksi dan memonitor berbagai kondisi kesehatan Anda secara umum. 

Meskipun hasil abnormal tidak selalu berarti Anda memiliki kondisi medis yang memerlukan pengobatan, penting untuk berbicaradengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk memahami hasil Anda.***

DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments