Pemeriksaan Darah di Rumah untuk Menjaga Kesehatan Anda

 

Pemeriksaan Darah di Rumah untuk Menjaga Kesehatan Anda
Foto : Bing AI

INFOLABMED.COM - Di tengah kesibukan dan aktivitas sehari-hari, mungkin Anda tidak sempat memeriksa kesehatan secara rutin. 

Padahal, melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala sangat penting untuk mendeteksi masalah kesehatan sedini mungkin. 

Salah satu pemeriksaan penting adalah uji darah atau tes diagnostik. Sayangnya, untuk melakukan uji darah, Anda harus menyempatkan diri pergi ke laboratorium atau fasilitas kesehatan. Hal ini bisa memakan waktu dan tenaga ekstra di tengah kesibukan.

Dengan kemajuan perkembangan dunia laboratorium, kini Anda bisa melakukan pemeriksaan darah langsung dari rumah dengan layanan pengambilan sampel darah ke rumah oleh laboratorium yang menyediakan layanan ini. 

Cukup dengan memesan online, petugas phlebotomy yang terlatih akan datang ke rumah Anda untuk mengambil sampel darah. Prosesnya mudah, cepat, dan tanpa rasa sakit.

Apa saja manfaat melakukan pengambilan darah di rumah untuk pemeriksaan kesehatan anda? Berikut ini beberapa keuntungan utama dari pengambilan darah di rumah:

Waktu yang Lebih Efisien

Salah satu keuntungan terbesar adalah Anda bisa menghemat waktu yang biasanya tersita untuk pergi ke laboratorium atau fasilitas kesehatan. 

Tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan jadwal tes, tidak perlu mengantri panjang, dan tidak perlu bolak balik. 

Cukup pesan jadwal secara online, dan petugas phlebotomy siap datang ke rumah untuk melakukan tindakan pengambilan sampel darah anda.

Aksesibilitas Layanan Kesehatan

Melakukan pengambilan darah di rumah juga sangat membantu meningkatkan akses terhadap layanan kesehatan. 

Terutama bagi mereka yang tinggal di daerah terpencil atau kesulitan mengakses fasilitas kesehatan karena keterbatasan fisik atau waktu.

 Dengan layanan pengambilan darah di rumah, semua orang bisa mendapatkan akses tes kesehatan dengan mudah.

Privasi Lebih Terjaga

Beberapa orang mungkin enggan melakukan pemeriksaan di fasilitas umum karena privasi yang kurang terjaga. 

Melakukan pengambilan darah di rumah lebih menjaga privasi dan membuat sebagian orang merasa lebih nyaman. Data dan hasil tes juga lebih aman dijaga kerahasiaannya.

Hemat Biaya

Bandingkan dengan harus bolak balik ke laboratorium atau fasilitas kesehatan, melakukan pengambilan darah untuk pemeriksaan di rumah jelas lebih hemat biaya. 

Anda dapat menghemat ongkos transportasi dan tidak perlu mengeluarkan biaya tak terduga akibat antrean yang panjang di laboratorium.

Pemeriksaan Darah Penting Apa Saja yang Bisa Dilakukan di Rumah?

Ada berbagai jenis pemeriksaan darah penting yang kini bisa dilakukan langsung dari rumah, di antaranya:

Tes Profil Lipid

Profil lipid atau lemak darah penting untuk memantau kadar kolesterol baik dan jahat dalam tubuh. 

Kolesterol HDL diketahui baik untuk kesehatan jantung, sedangkan kolesterol LDL justru bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Tes Hemoglobin

Hemoglobin bertugas membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Kadar hemoglobin yang abnormal bisa menunjukkan seseorang menderita anemia atau kelainan darah lainnya.

Tes Fungsi Tiroid

Kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroid yang mengatur berbagai fungsi tubuh seperti metabolisme, detak jantung, suhu tubuh, mood, dan tingkat energi. 

Gangguan pada kelenjar tiroid perlu dideteksi lewat pemeriksaan hormon tiroid T3, T4, dan TSH.

Tes Vitamin D

Vitamin D berperan dalam kesehatan tulang serta berbagai fungsi tubuh lainnya. Kekurangan vitamin D bisa menyebabkan penyakit tulang seperti osteoporosis atau rakutisme pada anak-anak.

Tes Hormon

Selain hormon tiroid, tes hormon lainnya yang bisa dilakukan adalah tes testosteron pada pria dan tes hormon wanita estrogen serta progesteron.

Tes Fungsi Hati

Tes fungsi hati biasanya memeriksa kadar enzim dan protein tertentu di dalam darah yang dihasilkan oleh hati. Ini penting untuk mendeteksi kerusakan atau penyakit hati sejak dini.

Tes Fungsi Ginjal

Uji darah ini bisa mengukur seberapa baik ginjal bekerja menyaring limbah dan cairan tubuh. Tes kreatinin dan ureum adalah dua komponen penting untuk menilai fungsi ginjal.

Tes HbA1c

Tes HbA1c digunakan terutama untuk memantau kadar gula darah pada penderita diabetes. Tes ini mengukur persentase hemoglobin terglikasi dalam sel darah merah.

Tes Penyakit Menular Seksual

Beberapa jenis infeksi menular seksual seperti HIV, sifilis, klamidia, dan gonorrhea bisa dideteksi lewat tes darah atau urine. Ini penting dilakukan jika seseorang khawatir terpapar PMS.

Demikian artikel tentang Pemeriksaan Darah di Rumah untuk Menjaga Kesehatan Anda yang dapat Anda manfaatkan untuk meghemat biaya perjalanan ke fasilitas kesehatan. Anda dapat menerima hasil melalui e mail atau aplikasi yang disediakan oleh penyedia layanan kesehatan.***

DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments