Mengenal Lebih Dekat Tentang Kolesterol; Pemeriksaan dan Peran dalam Kesehatan

 

Mengenal Lebih Dekat Tentang Kolesterol; Pemeriksaan dan Peran dalam Kesehatan

INFOLABMED.COM - Tes kolesterol mengukur jumlah total kolesterol dalam darah Anda. Ini sering dilakukan sebagai bagian dari tes penyaringan yang disebut Lipid Panel yang biasanya digunakan untuk menilai risiko Anda terkena penyakit jantung atau stroke. 

Tes ini mengukur kadar kolesterol, kolesterol LDL atau low-density lipoprotein, dan kolesterol HDL atau high-density lipoprotein. Trigliserida, bentuk lemak lain, juga diukur. 

Kadar LDL yang tinggi, sering disebut kolesterol "jahat," adalah salah satu faktor risiko yang dapat dimodifikasi terpenting untuk penyakit pembuluh darah dan risiko stroke atau serangan jantung. 

Berbagai uji klinis selama bertahun-tahun telah menunjukkan bahwa menurunkan kolesterol LDL pada orang dengan kadar tinggi dapat mengurangi risiko terkena stroke atau serangan jantung, baik pada mereka yang memiliki penyakit pembuluh darah atau tidak. 

Dokter akan membuat penilaian apakah pengobatan penurunan kolesterol LDL harus dimulai tergantung pada risiko keseluruhan Anda terkena penyakit kardiovaskular. 

Perhitungan risiko ini melibatkan faktor risiko lain seperti tekanan darah tinggi, usia, diabetes, dan merokok. Skor risiko jantung dan stroke Anda dapat dihitung menggunakan kalkulator di www.cvdcheck.org.au/calculator.

Mengapa Harus Diuji?

Tes kolesterol adalah tes darah yang dapat membantu mengetahui apakah Anda berisiko mengembangkan penyakit jantung atau stroke. Dokter Anda mungkin meminta Anda untuk diuji jika Anda:

  1. Sudah memiliki penyakit jantung (angina, serangan jantung)
  2. Memiliki riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi atau penyakit jantung pada usia muda
  3. Berusia di atas 45 tahun
  4. Berusia kurang dari 45 tahun tetapi memiliki faktor risiko yang meningkatkan peluang Anda mengembangkan penyakit jantung, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, gagal ginjal kronis atau transplantasi ginjal, Aboriginal atau Torres Strait Islander, kelebihan berat badan, atau perokok
  5. Mengonsumsi obat untuk menurunkan kadar kolesterol Anda.

Kolesterol dan Perannya dalam KesehatanAnda

Kolesterol adalah jenis lemak berbentuk lilin yang melakukan berbagai fungsi penting dalam tubuh. Kita tidak bisa hidup tanpanya. 

Ini ditemukan di setiap sel tubuh kita dan terlibat dalam sejumlah proses penting. Kolesterol sangat penting sehingga tubuh telah mengembangkan banyak sistem kompleks untuk memastikan kita memiliki cukup. 

Namun, jumlah kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung atau stroke.

  • Kolesterol menyatu dengan sel-sel, lemak lain, kalsium, dan debris yang beredar di dalam aliran darah untuk membentuk plak di dinding arteri.
  • Dengan menurunkan kolesterol dari dalam plak, Anda dapat mengurangi risiko serangan jantung atau stroke.
  • Kolesterol dibawa melalui aliran darah dalam lipoprotein. Ada beberapa jenis lipoprotein, tetapi yang utama adalah kolesterol High-Density Lipoprotein (HDL) yang kadang-kadang disebut kolesterol "baik" dan kolesterol Low-Density Lipoprotein (LDL) atau kolesterol "jahat."

Proses Tes Kolesterol

Sampel

Tes darah

Persiapan

Sebelumnya, Anda perlu berpuasa sebelum tes ini, tetapi sekarang dianggap bahwa berpuasa tidak diperlukan - bahkan banyak laboratorium lebih memilih tanpa puasa. Jika Anda perlu mengulangi tes untuk mengonfirmasi hasil yang tidak normal, berpuasa selama 8-12 jam mungkin diperlukan dan hanya air yang diperbolehkan.

Hasil Anda

Membaca laporan tes Anda

  • Hasil Anda akan disajikan bersama dengan hasil tes lainnya pada formulir yang sama. Akan ada kolom atau baris terpisah untuk setiap tes.
  • Kolesterol total dapat diukur sendiri atau dalam kombinasi dengan HDL-kolesterol, LDL-kolesterol, dan trigliserida - sering disebut Lipid Profile.
  • Jika hasil Anda lebih tinggi dari seharusnya, sampel darah kedua harus diambil pada kesempatan yang berbeda sebelum diagnosis definitif dibuat, karena kadar dapat bervariasi antar tes.

Pertanyaan untuk Dokter Anda

Pilihan tes yang dokter Anda pilih akan didasarkan pada riwayat medis dan gejala Anda. Penting bagi Anda untuk memberi tahu mereka segala sesuatu yang mungkin membantu.

  • Bicaralah dengan dokter Anda tentang obat-obatan yang Anda konsumsi. Temukan apakah Anda perlu berpuasa atau menghindari makanan atau suplemen tertentu.
  • Pertanyaan yang perlu diajukan:
    1. Mengapa tes ini perlu dilakukan?
    2. Apakah saya perlu bersiap (seperti berpuasa atau menghindari obat) untuk pengambilan sampel?
    3. Apakah hasil yang tidak normal berarti saya perlu tes lebih lanjut?
    4. Bagaimana ini dapat mengubah perawatan saya?
    5. Apa yang akan terjadi selanjutnya, setelah tes?

Apa yang Perlu Diketahui Lebih Lanjut?

Sekitar satu dari 250 orang memiliki kecenderungan genetik untuk memiliki kolesterol LDL tinggi, yang meningkatkan risiko mereka terkena penyakit jantung pada usia muda. 

Tes genetik untuk ini kini tersedia di Australia melalui Medicare.

  • Sel-sel tubuh, terutama sel hati, mengambil kolesterol LDL dari darah melalui reseptor LDL. Dalam kondisi Familial Hypercholesterolaemia (FH), satu salinan gen yang mengkode reseptor LDL cacat, sehingga hanya setengah dari jumlah normal reseptor LDL yang diproduksi. Ini menyebabkan kolesterol LDL mengumpul dalam darah dan dinding arteri.
  • Score kalkulasi bernama Dutch Lipid Clinic Network Score, berdasarkan riwayat keluarga Anda, kadar kolesterol LDL yang tidak diobati, dan tanda fisik, digunakan untuk menentukan apakah FH mungkin.Dokter Anda mungkin memesan tes genetik untuk FH untuk mengkonfirmasi diagnosis. Jika Anda didiagnosis dengan FH, disarankan agar kerabat dekat Anda juga diuji.

Informasi Tambahan

Laporan patologi dan gambaran diagnostik dapat ditambahkan ke My Health Record Anda. Anda dan penyedia layanan kesehatan Anda sekarang dapat mengakses hasil Anda kapan saja dan di mana saja.

 Dapatkan informasi dan saran kesehatan yang dapat dipercaya lebih lanjut dari healthdirect.***

DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments