Manfaat yang Perlu Anda Ketahui Tentang Prosedur Tes Laju Endap Darah (LED)

 

Manfaat dan Prosedur Tes Laju Endap Darah (LED)
Pemeriksaan LED. (Foto : Halodoc)

INFOLAMED.COM - Tes laju endap darah (LED) adalah pemeriksaan yang memiliki peranan penting dalam dunia medis untuk menilai tingkat peradangan dalam tubuh.

Oleh karena itu, Infolabmed.com akan membahas pengertian, tujuan, manfaat, kapan sebaiknya dilakukan, prosedur, dan tempat pelaksanaan tes laju endap darah.

Pengertian Tes Laju Endap Darah (LED)

Tes laju endap darah dilakukan dengan mengukur waktu yang dibutuhkan sel darah merah untuk menggumpal atau mengendap ke dasar tabung reaksi.

Pemeriksaan ini memberikan gambaran tentang aktivitas peradangan dalam tubuh, yang dapat membantu dokter dalam diagnosis dan pemantauan kondisi kesehatan.

Tujuan Tes Laju Endap Darah (LED)

Tujuan utama pemeriksaan ini adalah untuk mengidentifikasi aktivitas inflamasi atau peradangan dalam tubuh. 

Tes laju endap darah sering dilakukan bersama dengan tes lain untuk mendiagnosis dan memantau aktivitas peradangan. Hal ini membantu dokter dalam menyusun rencana pengobatan yang tepat.

Manfaat Tes Laju Endap Darah (LED)

  1. Menentukan Tingkat Keparahan Inflamasi: Tes ini membantu dokter menentukan seberapa parah peradangan dalam tubuh pasien.

  2. Pemantauan Efek Pengobatan: Dokter dapat menggunakan hasil tes untuk memantau efektivitas pengobatan yang diberikan pada pasien.

  3. Diagnosis Kondisi Tertentu: Tes laju endap darah juga membantu dokter dalam mendiagnosis beberapa kondisi kesehatan seperti giant cell arteritis, polymyalgia rheumatica, dan rheumatoid arthritis.

Kapan Harus Melakukan Tes Laju Endap Darah (LED)?

Pemeriksaan ini disarankan pada pasien yang mengalami tanda-tanda peradangan, seperti demam, nyeri sendi yang berlangsung lama, nyeri pada bahu, leher, atau panggul, sakit kepala yang terkait dengan nyeri di bahu, kehilangan nafsu makan, dan penurunan berat badan yang cepat.

Prosedur Tes Laju Endap Darah (LED)

Prosedur tes ini melibatkan pengambilan sampel darah yang kemudian disimpan dalam wadah khusus. 

Sampel tersebut kemudian dianalisis di laboratorium untuk mengukur tinggi endapan yang terbentuk dalam rentang waktu satu jam.

 Semakin cepat sel darah mengendap, semakin tinggi kemungkinan terjadinya peradangan dalam tubuh.

Tempat Melakukan Tes Laju Endap Darah (LED)

Tes laju endap darah dapat dilakukan di berbagai tempat, termasuk klinik, puskesmas, rumah sakit, atau laboratorium kesehatan.

 Pasien juga dapat menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc untuk informasi lebih lanjut atau pertanyaan terkait prosedur.***

DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments