Laboratorium Hematologi di Politeknik Kesehatan Denpasar: Mempelajari Bagaimana Keadaan Sel Darah Anda

Laboratorium Hematologi di Politeknik Kesehatan Denpasar Mempelajari Bagaimana Keadaan Sel Darah Anda


INFOLABMED.COM - Laboratorium Hematologi di Jurusan Teknologi Laboratorium Medis Poltekkes Denpasar telah menjadi pusat unggulan bagi mahasiswa yang tertarik dan berkomitmen dalam bidang Hematologi. 

Oleh karena itu, kita akan menjelajahi pentingnya Laboratorium Hematologi, peranannya dalam mendeteksi kelainan hematologi, dan jenis pemeriksaan hematologi yang dapat dilakukan.

Mengapa Laboratorium Hematologi Penting?

Deteksi Kelainan Hematologi: Laboratorium Hematologi berperan penting dalam mendeteksi kelainan jumlah dan fungsi sel darah, seperti eritrosit, leukosit, dan trombosit. 

Mahasiswa di Laboratorium ini dilatih untuk melakukan penilaian komponen sel darah secara komprehensif.

Diagnosis Penyakit Pendarahan dan Infeksi: Pemeriksaan hematologi membantu mendeteksi penyakit pendarahan dan infeksi. 

Informasi mengenai jumlah dan jenis leukosit dapat memberikan petunjuk penting dalam diagnosis penyakit.

Identifikasi Kelainan Sistemik: Laboratorium Hematologi tidak hanya berkutat pada sel darah, tetapi juga membantu mengidentifikasi kelainan sistemik pada organ seperti hati dan ginjal yang dapat mempengaruhi sel darah baik dari segi bentuk maupun fungsi.

Jenis Pemeriksaan Hematologi

  1. Pemeriksaan Darah Lengkap (DL): Melibatkan penilaian komprehensif sel darah, termasuk eritrosit, leukosit, dan trombosit.
  2. Pemeriksaan Hemoglobin: Mengukur kadar hemoglobin dalam darah.
  3. Pemeriksaan Hematokrit: Mengukur volume sel darah merah dalam darah.
  4. Pemeriksaan Faal Hemostasis (PT, APTT, INR): Mengevaluasi kemampuan darah untuk membeku.
  5. Pemeriksaan Gambaran Darah Tepi: Menyelidiki struktur dan karakteristik sel darah tepi.

Proses Pemeriksaan Hematologi

Pemeriksaan hematologi dapat dilakukan secara manual, semi otomatis, dan otomatis. Metode ini memastikan akurasi dan kecepatan dalam mendapatkan hasil pemeriksaan.

 Mahasiswa di Laboratorium ini dilatih untuk menggunakan teknologi terkini dalam praktik hematologi mereka.

Peran Mahasiswa di Laboratorium Hematologi

Mahasiswa di Laboratorium Hematologi Poltekkes Denpasar tidak hanya mempelajari teori tetapi juga terlibat dalam praktik langsung. 

Mereka diberikan keterampilan untuk mendeteksi dan menganalisis berbagai kelainan hematologi, mempersiapkan mereka untuk menjadi profesional yang kompeten di bidang Hematologi.

Laboratorium Hematologi di Politeknik Kesehatan Denpasar tidak hanya menjadi tempat pembelajaran tetapi juga pusat penelitian dan pengembangan dalam bidang Hematologi. 

Mahasiswa yang belajar di sini tidak hanya mendapatkan pengetahuan teoritis tetapi juga keterampilan praktis yang mendalam dalam menganalisis keadaan darah.***

DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments