Selamat Tinggal Insomnia: Panduan Lengkap untuk Tidur yang Lebih Baik

Table of Contents

 

Selamat Tinggal Insomnia Panduan Lengkap untuk Tidur yang Lebih Baik

INFOLABMED.COM - Tidur yang baik bukanlah impian belaka,  dan Anda tidak harus berguling-guling setiap malam. 

Ada beberapa tips sederhana yang dapat membantu Anda mendapatkan tidur yang lebih baik,  mulai dari menetapkan jadwal tidur hingga memasukkan aktivitas fisik dalam rutinitas harian Anda.

Banyak faktor yang dapat mengganggu tidur malam yang baik,  mulai dari stres pekerjaan hingga tanggung jawab keluarga, dan bahkan masalah kesehatan. Tidak heran  jika tidur berkualitas terkadang sulit ditemukan.

1. Tetap Patuhi Jadwal Tidur

Tetapkan waktu tidur tidak lebih  dari delapan jam. Jumlah tidur  yang direkomendasikan untuk orang dewasa sehat adalah setidaknya tujuh jam. 

Sebagian besar orang tidak memerlukan lebih dari delapan jam  di tempat tidur untuk merasa segar.

Tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari,  termasuk akhir pekan. Konsistensi ini akan memperkuat siklus tidur-tidak  tidur tubuh Anda.

Jika Anda tidak tertidur dalam waktu sekitar 20 menit setelah pergi tidur,  tinggalkan kamar tidur dan lakukan sesuatu yang menenangkan. 

Baca atau dengarkan musik  yang menenangkan. Kembali ke tempat tidur ketika  Anda merasa lelah. Ulangi jika diperlukan, tetapi tetap  pertahankan jadwal tidur dan waktu bangun Anda.

2. Perhatikan Makanan dan Minuman yang Anda Konsumsi

Jangan tidur dalam keadaan lapar atau  kenyang berlebihan. Khususnya, hindari makanan berat atau besar dalam waktu beberapa jam sebelum  tidur. Rasa tidak nyaman mungkin  membuat Anda sulit tidur.

Nikotin, kafein, dan alkohol  juga perlu diwaspadai. Efek stimulasi dari nikotin dan kafein memerlukan waktu berjam-jam untuk hilang  dan dapat mengganggu tidur. 

Meskipun alkohol mungkin membuat  Anda merasa mengantuk pada awalnya, dapat mengganggu tidur pada malam berikutnya.

3. Ciptakan Lingkungan yang Menenangkan

Pastikan kamar Anda sejuk, gelap,  dan tenang. Paparan cahaya  pada malam hari mungkin membuat sulit untuk tertidur.

 Hindari penggunaan layar  berpendar terlalu lama sebelum tidur. Pertimbangkan  menggunakan tirai penggelap, earplug, kipas, atau perangkat lain untuk menciptakan lingkungan sesuai kebutuhan Anda.

Melakukan kegiatan yang menenangkan sebelum tidur,  seperti mandi atau menggunakan teknik relaksasi, dapat mempromosikan tidur yang lebih baik.

4. Batasi Tidur Siang

Tidur siang yang panjang dapat  mengganggu tidur malam. Batasi tidur siang  hingga tidak lebih dari satu jam dan hindari tidur siang di akhir hari.

Namun, jika Anda bekerja pada malam hari,  Anda mungkin perlu tidur siang di akhir hari untuk membantu menggantikan kekurangan tidur Anda.

5. Sertakan Aktivitas Fisik dalam Rutinitas Harian Anda

Aktivitas fisik teratur dapat  meningkatkan kualitas tidur. Namun,  hindari menjadi terlalu aktif terlalu dekat dengan waktu tidur.

Menghabiskan waktu  di luar setiap hari juga mungkin bermanfaat.

6. Kelola Kekhawatiran

Cobalah untuk menyelesaikan kekhawatiran atau  permasalahan Anda sebelum tidur. Catat apa yang ada di pikiran Anda dan simpan untuk besok.

Manajemen stres dapat  membantu. Mulailah dengan hal-hal dasar,  seperti mengorganisir, menetapkan prioritas, dan menugaskan tugas. Meditasi juga dapat meredakan kecemasan.

Ketahui Kapan Harus Menghubungi Penyedia Layanan Kesehatan Anda

Hampir semua orang mengalami malam  tanpa tidur sesekali. Namun,  jika Anda sering mengalami kesulitan tidur, segera hubungi penyedia layanan kesehatan Anda. 

Mengidentifikasi dan mengobati penyebab  yang mendasarinya dapat membantu Anda mendapatkan tidur yang lebih baik dan pantas Anda nikmati.***

Infolabmed
Infolabmed infolabmed.com merupakan kanal informasi tentang Teknologi Laboratorium Medik meliputi Materi Kuliah D3 dan D4, Informasi Seminar ATLM, Lowongan Kerja. Untuk dukung website infolabmed tetap aktif silahkan ikut berdonasi melalui DANA = 085862486502.

Post a Comment