Prothrombin Time (PT): Pengertian, Prinsip, dan Interpretasi

Table of Contents

 

Prothrombin Time (PT) Pengertian, Prinsip, dan Interpretasi

INFOLABMED.COM - Prothrombin Time (PT) pertama kali dijelaskan oleh Quick pada tahun 1935, dan awalnya sering disebut sebagai 'Quick's Prothrombin Time.'

 PT dikembangkan untuk mengukur Prothrombin (Faktor II), dari mana namanya berasal. Namun, kemudian terungkap bahwa PT peka terhadap kelainan faktor VII, X, V, II [Prothrombin], dan Fibrinogen [Faktor 1].

Beberapa modifikasi PT telah dibuat untuk membuatnya lebih spesifik untuk faktor-faktor pembekuan yang tergantung pada Vitamin K - yang akan kita bahas di bawah ini.

PT, berbeda dengan APTT, mengukur aktivitas jalur ekstrinsik dan jalur umum pembekuan darah.

Pembagian kaskade pembekuan menjadi jalur intrinsik, ekstrinsik, dan umum adalah konsep buatan dan memiliki sedikit validitas in vivo, tetapi tetap menjadi konsep yang berguna untuk menginterpretasikan hasil investigasi laboratorium.

PT adalah tes satu tahap yang didasarkan pada waktu yang diperlukan untuk pembentukan bekuan fibrin setelah penambahan Tissue Factor (TF - sejarahnya dikenal sebagai tissue thromboplastin), fosfolipid, dan kalsium ke plasma yang telah didekalsifikasi dan miskin trombosit.

Istilah 'Thromboplastin' awalnya digunakan untuk menggambarkan substansi dalam plasma yang mengonversi Prothrombin menjadi Thrombin.

Sejarahnya, thromboplastin diekstraksi dari otak dan organ lainnya dan mengandung jumlah signifikan Tissue Factor [TF] dan Phospholipid [Pl]. 

TF bersifat spesifik pada jenisnya, dan sebagian besar laboratorium sekarang menggunakan TF manusia rekombinan dengan International Sensitivity Index [IS]I mendekati 1, dan direlipidasi untuk memberikan sumber fosfolipid. 

Thromboplastin hewan biasanya berasal dari otak kelinci. Pada awalnya, TF ditunjuk sebagai Faktor III [FIII] ketika nomenklatur protein pembekuan dilakukan.

Prinsip Pemeriksaan Prothrombin Time (PT)

PT mengukur aktivitas jalur ekstrinsik dan jalur umum pembekuan, oleh karena itu, tergantung pada aktivitas fungsional faktor VII, X, V, II (Prothrombin), dan Fibrinogen. 

Diagram di bawah ini menunjukkan kaskade pembekuan - faktor-faktor yang memengaruhi Prothrombin Time ditunjukkan dalam warna biru.

Faktor yang memengaruhi Prothrombin Time


Metode Pemeriksaan Prothrombin Time (PT)

Plasma miskin trombosit [PPP] dicampur dengan Tissue Factor (TF) (mengandung fosfolipid) pada 37°C dan ditambahkan kelebihan klorida kalsium (25mM) untuk memulai pembekuan. 

Pada teknik manual, pada saat yang sama dengan penambahan kalsium, stopwatch dimulai dan dihentikan saat bekuan terbentuk. 

Waktu yang dibutuhkan dari penambahan kalsium hingga pembentukan bekuan fibrin dikenal sebagai Prothrombin Time atau PT. 

Pada sistem otomatis, pembentukan bekuan dideteksi secara elektronik tetapi prinsipnya sama.

 Penjelasan Reagen

  • Platelet Poor Plasma (PPP) Lihat Variabel Pra-analitik
  • Tissue Factor [mengandung Phospholipid] Tissue Factor berikat pada FVII dan memulai pembekuan. Fosfolipid eksogen digunakan untuk menggantikan fosfolipid trombosit
  • Kalsium Diperlukan untuk pengalkalian ulang [- ingat sampel plasma di-citrate untuk menghambat pembentukan bekuan ketika sampel darah diambil]

Interpretasi Hasil Prothrombin Time (PT)

PT biasanya dilakukan sebagai bagian dari serangkaian tes yang akan mencakup APTT dan kadang-kadang pengukuran kadar fibrinogen dan mungkin waktu trombin.

Kelainan Interpretasi

PT Prolongasi Tunggal Kekurangan Faktor VII

PT Prolongasi dalam Asosiasi dengan Kelainan Pembekuan Lainnya Kekurangan Vitamin K

Antagonis Vitamin K seperti Warfarin, phenindione, rodentisida

Penyakit Hati

Malabsorpsi (yang menyebabkan kekurangan vitamin K)

Konsentrasi tinggi heparin tanpa fraksinasi

Inhibitor langsung trombin [IIa] seperti Lepirudin, argatroban, Dabigatran

Inhibitor Faktor Xa - DOACs

Afibrinogenemia dan dysfibrinogenemia

Koagulopati dilusional, misalnya, transfusi darah besar-besaran

Kekurangan faktor pembekuan ganda, misalnya, FV dan FVIII

Kelainan siklus vitamin K, misalnya, mutasi dalam gen VKORC1

Aberrasi kromosom - gen F7 dan F10 terletak pada lengan panjang kromosom 13 - penghapusan yang dikaitkan dengan penurunan kadar FVII dan FX.


PT Singkat Setelah pengobatan dengan rVIIa [NovoSeven]


Range Nilai Rujukan untuk Prothrombin Time (PT)

Rentang referensi tergantung pada sejumlah variabel, termasuk:

  • Sumber Tissue Factor, misalnya manusia, kelinci, dll.
  • Teknik yang tepat yang digunakan, misalnya manual atau otomatis
  • Metode penentuan titik akhir, misalnya optik atau mekanik
  • Setiap laboratorium harus menetapkan rentang normalnya sendiri, tetapi secara umum, waktu Prothrombin untuk sampel plasma normal berada antara 13-15 detik.

Infolabmed
Infolabmed infolabmed.com merupakan kanal informasi tentang Teknologi Laboratorium Medik meliputi Materi Kuliah D3 dan D4, Informasi Seminar ATLM, Lowongan Kerja. Untuk dukung website infolabmed tetap aktif silahkan ikut berdonasi melalui DANA = 085862486502.

Post a Comment