Petunjuk Umum Untuk Mendapatkan Sampel Mikrobiologi pada Laboratorium Klinik

 

Petunjuk Umum Untuk Mendapatkan Sampel Mikrobiologi pada Laboratorium Klinik

INFOLABMED.COM - Perlakuan terhadap spesimen yang akan dilakukan pemeriksaan dengan cara yang benar untuk menunjang analisis sehingga hasil pemeriksaan teliti.

Tidak jarang terjadi bahwa pemeriksaan bakteriologi menjadi tanpa arti sama sekali oleh kesalahan dalam cara memperoleh sampel atau dalam mengirimkan sampel kepada laboratorium untuk dibiakkan.

Berikut ini merupakan petunjuk umum yang harus dilakukan dalam mendapatkan sampel yang baik sebelum sampel tersebut dilakukan pemeriksaan di laboratorium.

  1. Wadah sampel harus bersih dan steril.
  2. Jika bahan biakan hanya sedikit, kumpulkanlah sampel dengan menggunakan lidi berkapas steril.
  3. Bahan cair hendaknya ditampung dalam tabung atau botol steril yang tidak mudah dicemari, yaitu yang cukup besar dan mempunyai tutup yang menjaga terhadap pencemaran.
  4. Sampel untuk biakan janganlah sampai terkena desinfektans.
  5. Apabila telah diberikan antibiotika kepada penderita yang sesuatu bahannya akan dibiak, jelaskanlah hal itu kepada laboratorium agar dapat diberikan aasam para-amino benzoat (terhadap sulfonamida), penicillinasa (terhadap penicillin), dsb sewaktu membiak sampel itu.
  6. Jika dikehendaki biakan jasad renik anaerob, sebaiknya sebagian dari bahan itu langsung dimasukkan kedalam kaldu thioglycollat. 
  7. Kirimlah sampel untuk biakan selekas-lekasnya ke laboratorium. Jika sampel untuk biakan tidak dapat disampaikan kepada laboratorium dalam waktu pendek, sampel itu harus dimasukkan ke dalam salah satu media transport yang sesuai, ump. menurut Stuart, Amies dsb.
  8. Wadah sampel harus beretiket yang bertuliskan data-data yang perlu: nama, bahan, biakan apa dikehendaki, tanggal, dsb.
  9. Jika selain biakan juga menghendaki sediaan langsung, kumpulkan bahan di atas dua batang lidi berkapas.

Sumber rujukan :

  1. Gandasoebrata, R. (2004). Penuntun Laboratorium Klinik. hal 190. Dian Rakyat:Jakarta.

DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments