Pemeriksaan Tes Kehamilan human Chorionic Gonadotropin (hCG) Metode Strip

Table of Contents

 

Pemeriksaan Tes Kehamilan human Chorionic Gonadotropin (hCG) Metode Strip

INFOLABMED.COM - Hormon kehamilan human Chorionic Gonadotropin (hCG) mulai diproduksi oleh plasenta yang sedang berkembang segera setelah pembuahan terjadi. 

Peran hCG adalah untuk merangsang produksi hormon progesteron dan estrogen. Hormon-hormon ini kemudian menjaga lapisan rahim dan mencegah menstruasi, sehingga memungkinkan kehamilan berlanjut. 

Munculnya hCG dalam urine dan serum segera setelah konsepsi, serta peningkatan konsentrasinya yang cepat selama pertumbuhan awal kehamilan, membuatnya menjadi penanda yang sangat baik untuk deteksi dini kehamilan. 

Konsentrasi hCG meningkat dengan cepat selama awal kehamilan, menggandakan setiap 1,3-2 hari, dan segera mencapai tingkat yang dapat dideteksi dalam darah atau urine. 

Meskipun tingkat hCG dapat bervariasi antara wanita hamil, literatur yang diterbitkan telah menunjukkan bahwa tingkat hCG mencapai setidaknya 50 mIU/ml pada hari ketika menstruasi seharusnya datang. 

Kami membuat artikel untuk Tes Kehamilan adalah produk dari Accu-Tell® One Step hCG cukup sensitif untuk mendeteksi HCG pada tingkat ini.

Pemeriksaan hCG strip test adalah tes imunokimia kromatografi cepat untuk deteksi kualitatif human chorionic gonadotropin (hCG) dalam urine, sebagai bantuan untuk deteksi dini kehamilan.

  • Deteksi untuk: Human Chorionic Gonadotropin (hCG) dalam urine
  • Waktu Baca: 5 menit
  • Sensitivitas: 25 mIU/mL
  • Spesifisitas Diagnostik: 100%

Prosedur Kerja Pemeriksaa hCG Strip

  1. Keluarkan perangkat tes dari kemasan yang tersegel dan gunakan sesegera mungkin.
  2. Dengan panah mengarah ke spesimen urine, celupkan Strip tes secara vertikal ke dalam spesimen urine, selama setidaknya 5 detik. Jangan melebihi garis maksimum (max) pada Strip tes saat mencelupkannya.
  3. Letakkan strip secara datar di permukaan yang tidak menyerap dan bersih. Mulai timer dan tunggu hingga garis merah (s) muncul. Baca hasil dalam waktu 5 menit, tetapi tidak lebih dari 15 menit.

Interpretasi Hasil Pemeriksaan hCG Strip

Interpretasi Hasil Pemeriksaan hCG Strip

Limitasi Pemeriksaan hCG Strip

  1. Isi kit ini digunakan untuk deteksi kualitatif hCG dalam urine saja.
  2. Spesimen dengan kadar hCG yang rendah mungkin akan menunjukkan perkembangan warna seiring berjalannya waktu. Jika hasil negatif diperoleh tetapi kehamilan dicurigai, spesimen lain harus dikumpulkan setelah 48-72 jam dan diuji.
  3. Alkohol dapat mengganggu hasil tes. Tidak disarankan menggunakan tes setelah mengkonsumsi minuman beralkohol.
  4. Meskipun tidak perlu menguji dengan sampel urine pagi hari, sebaiknya menghindari konsumsi cairan berlebih sebelum pengujian. Hasil 'Tidak Hamil' mungkin diperoleh jika sampel urine terlalu encer.
  5. Obat kesuburan yang mengandung hCG dapat memberikan hasil yang menyesatkan (obat kesuburan ini biasanya diberikan dengan suntikan dan pengujian terlalu cepat setelah pemberian obat dapat memberikan hasil 'Hamil' palsu.)
  6. Terapi kesuburan lainnya (seperti sitrat klomifen), obat pereda nyeri, dan kontrasepsi hormonal (misalnya pil kontrasepsi) seharusnya tidak memengaruhi hasil.
  7. hCG dapat tetap terdeteksi selama beberapa hari hingga beberapa minggu setelah persalinan, keguguran spontan, atau suntikan hCG.
  8. Kehamilan ektopik, kista ovarium, menopause, dan beberapa kondisi medis yang sangat jarang dapat memberikan hasil yang menyesatkan.
  9. Meskipun kehamilan adalah alasan yang paling mungkin untuk keberadaan hCG dalam serum dan urine, konsentrasi hCG yang tinggi yang tidak terkait dengan kehamilan telah dilaporkan pada beberapa pasien, misalnya, penyakit trofoblas dan neoplasma nontrofoblas tertentu.
  10. Tes ini memberikan diagnosis dugaan kehamilan. Diagnosis kehamilan yang terkonfirmasi hanya boleh dibuat oleh seorang dokter setelah semua temuan klinis dan laboratorium dievaluasi.
Sumber :  Accu-TellⓇ hCG
Infolabmed
Infolabmed infolabmed.com merupakan kanal informasi tentang Teknologi Laboratorium Medik meliputi Materi Kuliah D3 dan D4, Informasi Seminar ATLM, Lowongan Kerja. Untuk dukung website infolabmed tetap aktif silahkan ikut berdonasi melalui DANA = 085862486502.

Post a Comment