Kumpulan Gambaran Mikroskopis Telur Enterobius vermicularis

Table of Contents
Kumpulan Gambaran Mikroskopis Telur Enterobius vermicularis
ncbi.nlm.nih.gov

INFOLABMED.COM - Ukuran telur Enterobius vermicularis yaitu 50 - 60 mikron x 20 - 30 mikron (rata - rata 55 x 26 mikron). Telur berbentuk asimetris, tidak berwarna, mempunyai dinding yang tembus sinar dan salah satu sisinya datar. 

Kumpulan Gambaran Mikroskopis Telur Enterobius vermicularis 1
clinicalsci.info

Kumpulan Gambaran Mikroskopis Telur Enterobius vermicularis 2
researchgate.net

Telur spesies di satu sisi berbentuk lonjong tetapi pipih. Ia memiliki cangkang tebal dan tidak berwarna serta lebar 20 hingga 30 μm dan berat 50 hingga 60 μm. Karena cangkang telur berembrio tidak berwarna, larva mungkin terlihat di dalam telur.

Diagnosis Laboratorium Enterobius vermicularis

Infeksi cacing kremi dapat didiagnosis dengan mengidentifikasi cacing dewasa yang sudah mati atau telur-telur khas mereka.

 Cacing betina dewasa muncul di daerah perianal sebagai "serpihan benang" putih yang sangat kecil. Metode diagnostik yang paling efektif adalah menggunakan "Selotip" atau "Selotip Selofan."

 Ini sebaiknya dilakukan segera setelah individu tersebut buang air besar atau mandi pada pagi hari.

 Pantatnya ditarik ke belakang, lalu selembar kecil selotip transparan atau selotip selofan digosokkan ke jaringan anal atau perianal beberapa kali. 

Kemudian selotip tersebut ditempelkan ke slide mikroskop dengan sisi perekat menghadap ke bawah. 

Jaringan cacing tersebut berlapis-lapis secara melintang dan bersifat transparan serta berwarna putih.

Biasanya, pemantauan tinja untuk telur-telur tidak begitu bermanfaat, karena hanya sekitar 5-15% orang yang terinfeksi akan memiliki hasil yang baik. 

Dalam situasi khusus, telur-telur E. Vermicularis dapat ditemukan dalam sampel serviks (yang biasa dilakukan untuk Pap smear), dalam sedimen urin, atau selama kolonoskopi, cacing dapat diamati.***


Infolabmed
Infolabmed infolabmed.com merupakan kanal informasi tentang Teknologi Laboratorium Medik meliputi Materi Kuliah D3 dan D4, Informasi Seminar ATLM, Lowongan Kerja. Untuk dukung website infolabmed tetap aktif silahkan ikut berdonasi melalui DANA = 085862486502.

Post a Comment