Balantidium coli: Protozoa Bersilia Rambut yang Menginfeksi Manusia

Table of Contents

 

gambaran mikroskopis protozoa Balantidium coli

INFOLABMED.COM - Balantidium coli,  atau kadang-kadang disebut Neobalantidium coli atau Balantioides coli, adalah protozoa bersilia rambut besar yang satu-satunya diketahui mampu menginfeksi manusia. 

Biasanya, protozoa ini terkait dengan babi,  yang menjadi inang utama penyakit ini. Analisis molekuler terbaru telah menyarankan perlunya revisi taksonomi,  dan saat ini protozoa ini kadang-kadang disebut sebagai Neobalantidium coli atau Balantioides coli, meskipun nomenklatur ini belum sepenuhnya diresmikan atau diterima luas dalam komunitas medis.

Morfologi Balantidium coli

Balantidium coli berukuran sekitar 30 hingga 150 μm panjangnya dan 25 hingga 120 μm lebarnya; sementara, kista,  yang bisa berbentuk bulat atau sedikit oval, memiliki diameter sekitar 40 hingga 60 μm. 

Namun, ukurannya bisa bervariasi,  dengan beberapa balantidia mencapai panjang hingga 200 μm. 

Mulut (alat mulut) terletak di ujung depan yang meruncing, dan sitopige (anus) terletak di ujung belakang yang bulat.

Protozoa ini memiliki makronukleus  berbentuk seperti sosis dan mikronukleus yang bulat. 

Pembelahan aseksual terjadi seperti halnya pada  kebanyakan siliat. Sebuah lipatan melintang terbentuk,  membagi sel induk menjadi dua sel anak yang tidak simetris, yaitu sel anterior (proter) dan sel posterior (opisthe). 

Proter mempertahankan alat mulut,  sedangkan opisthe mengembangkan alat mulut yang baru.

Organisme yang berenang menunjukkan gerakan berputar  dengan bantuan silia somatiknya yang dapat memfasilitasi pergerakan melalui isi kolon.

Reproduksi seksual dalam bentuk konjugasi telah dilaporkan untuk Balantidium,  tetapi informasi rinci tentang  nuclear events kurang jelas. 

Dua pembelahan berurutan (meiosis) terjadi setelah pembentukan konjugan,  yang dapat berupa pembelahan seimbang atau tidak seimbang. Kedua konjugan menempel  pada alat mulut dan menukar produk mikronuklear hasil meiosis.

Meskipun organisme ini hidup dalam lingkungan anaerob,  Zaman menggambarkan tubuh mirip mitokondria dalam gambar-gambar elektron Balantidium; sedangkan Entamoeba histolytica dan Entamoeba dispar, yang ditemukan di kolon manusia, adalah anaerob dan tidak memiliki mitokondria.

Namun, krista atau tubuli dilaporkan tidak ada dalam tubuh mirip mitokondria,  sehingga mungkin organel ini adalah hidrogenosom. 

Hidrogenosom,  mitokondria yang sudah tidak digunakan, telah diidentifikasi pada balantidia dan ciliat anaerob lainnya. 

Komponen sitoplasma lainnya termasuk retikulum endoplasma,  ribosom, dan banyak vakuola yang berisi partikel makanan. 

Tidak ada aparatus Golgi yang terlihat,  tetapi vesikel retikulum endoplasma berfungsi sebagai ganti vesikel Golgi.

Mucocyst  juga terlihat. Dua vakuola kontraktile,  yang berfungsi sebagai organel osmoregulasi, berdenyut dengan kecepatan rendah meskipun lingkungan sekitar bersifat isotonik atau mendekati isotonik. Sisa makanan yang tidak tercerna dari vakuola makanan dikeluarkan melalui sitopige.

Reproduksi Balantidium coli

Kista Balantidium merupakan tahap transmisif dari  organisme ini. Karena dindingnya yang tebal,  kista ini dilindungi dari kekeringan dan stres lingkungan lainnya. 

Kista ini bertahan dengan baik di lingkungan yang lembap dan terlindungi dari  sinar matahari langsung. 

Protozoa ini diyakini tidak mampu bertahan saat melewati lambung karena kadar  pH rendah dalam cairan lambung. 

Namun,  trofozoit Balantidium yang diinokulasi ke dalam lambung cuy guinea telah ditemukan dalam kolon. 

Proses pembentukan kista dimulai di kolon dan rektum inang,  dan kista biasanya ditemukan dalam tinja yang sudah terbentuk.

 Namun,  kista tidak diproduksi dalam kultur balantidia, juga tidak diproduksi dalam kasus disentri akut.

 Upaya untuk mensimulasikan lingkungan kolorektal in vitro  di mana kista terbentuk (resorpsi air dan peningkatan konsentrasi garam) tidak berhasil dalam memicu ensistasi; pemberian makan berlebih atau kelaparan juga tidak berhasil. 

Kehilangan kemampuan untuk membentuk kista terjadi pada beberapa protozoa  lainnya yang dibiarkan dalam kultur,  karena kondisi pertumbuhan yang kurang optimal dan/atau jumlah nutrisi yang dibutuhkan untuk pembentukan kista terbatas.

Diet dan Penampilan Klinis Balantidium coli

Balantidium coli memakan bakteri dan partikel makanan yang ada atau  melewati kolon. Jika dinding kolon mengalami kerusakan yang luas,  sel darah merah juga dapat terlihat dalam organisme trofik, dan darah dapat ditemukan dalam tinja.

 Protozoa ini membentuk lesi  berbentuk corong di submukosa, di mana mereka membentuk gugus yang disebut nides atau sarang.

Sebagian besar kasus infeksi Balantidium coli  tidak menimbulkan gejala. Namun,  jika gejala ada, mereka dapat bersifat akut atau kronis dengan gejala perut. 

Komplikasi diare atau disentri terkait dapat terjadi dalam infeksi  yang berlarut-larut. Gejala dapat menjadi parah atau fatal pada individu yang melemah atau memiliki  sistem kekebalan yang terganggu.

Diagnosis Laboratorium Balantidium coli

Diagnosis didasarkan pada deteksi trofozoit dalam  sampel tinja dari pasien yang mengalami gejala atau dalam jaringan yang dikumpulkan selama endoskopi.

 Kista lebih jarang dijumpai dan kemungkinan besar akan ditemukan dalam tinja  yang sudah terbentuk. 

Balantidium coli dikeluarkan secara intermittent  dan begitu keluar dari kolon, mereka akan segera hancur. 

Oleh karena itu, sampel tinja harus dikumpulkan  secara berulang-ulang dan segera diperiksa atau diawetkan untuk meningkatkan kemungkinan deteksi parasit ini; konsentrasi melalui sedimentasi atau pengapungan dapat meningkatkan probabilitas pemulihan. 

Lugol's iodine kadang-kadang digunakan untuk pewarnaan,  tetapi dapat mengaburkan ciri morfologi internal.

Dengan demikian,  Balantidium coli adalah protozoa bersilia rambut yang dapat menginfeksi manusia dan memerlukan perhatian khusus dalam diagnosis dan pengobatan penyakit yang disebabkannya.

Infeksi oleh protozoa ini dapat berdampak pada kesehatan manusia, terutama pada individu yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang melemah.***

Infolabmed
Infolabmed infolabmed.com merupakan kanal informasi tentang Teknologi Laboratorium Medik meliputi Materi Kuliah D3 dan D4, Informasi Seminar ATLM, Lowongan Kerja. Untuk dukung website infolabmed tetap aktif silahkan ikut berdonasi melalui DANA = 085862486502.

Post a Comment