Mengenal Packed Red Cell (PRC) Dalam Transfusi Darah

Table of Contents

 

Mengenal Packed Red Cell (PRC) Dalam Transfusi Darah
Sumber: Canva


INFOLABMED.COMPacked Red Cell (PRC) merupakan salah satu komponen darah dalam transfusi darah yang sering digunakan selain komponen darah lain seperti Thrombocyte Concentrate (TC), Cryoprecipitation, dan plasma.

PRC adalah sel dan sejumlah kecil plasma serta antikoagulan yang tersisa setelah plasma dikeluarkan dari 1 unit darah utuh.

PRC diperoleh dengan menghilangkan sebagian besar plasma dari satu unit darah utuh (whole blood).

Jika 450  mL darah dikumpulkan, volume PRC yang diperoleh kurang lebih 200-300 mL dan hematokrit 65% - 80%. Karena plasmanya telah dikeluarkan, volume total yang ditransfusikan kurang dari 1 unit darah utuh tetapi memiliki kapasitas membawa oksigen yang sama dengan 450 mL darah utuh.

PRC yang dibuat tanpa modifikasi lanjutan mengandung leukosit, trombosit, dan plasma sisa. PRC dapat melalui pemrosesan lebih lanjut untuk indikasi tertentu, termasuk pengurangan leukosit, iradiasi, atau pencucian garam.

Satu unit PRC dapat meningkatkan rata-rata hemoglobin orang dewasa sebesar 1 g/dL dan hematokrit sebesar 3%. 

Untuk pasien anak-anak, dosis yang biasa diberikan adalah 3 mL/kg untuk meningkatkan hemoglobin sebesar 1 g/dL dan hematokrit sebesar 3%.

Transfusi PRC umumnya digunakan dalam pengobatan anemia dengan gejala defisit kapasitas membawa oksigen dan syok hemoragik bila diberikan dengan ekspander volume. 

Umumnya transfusi PRC diindikasikan untuk anemia normovolemik, seperti isoeritrolisis neonatal, kegagalan eritropoietik, dan kehilangan darah kronis.

 

Sumber:

Sally A. Campbell-Lee, Paul M. Ness,. 2007. Blood Banking and Transfusion Medicine (Second Edition).

Ann E. Hohenhaus. 2012. Fluid, Electrolyte, and Acid-Base Disorders in Small Animal Practice (Fourth Edition).

Steven W. Salyer PA‐C, et al. 2007. Essential Emergency Medicine.

Margaret C. Mudge. 2012. Equine Surgery (Fourth Edition).

Wiwit Sepvianti, et al. 2022. Evaluasi Kualitas Packed Red Cell (PRC) Berdasarkan Kadar pH Darah Selama Masa Penyimpanan 36 Hari. JURNAL KESEHATAN RAJAWALI – VOLUME XII NOMOR 2 (31-34)


Ikuti berita terkini dengan mengikuti kami di Google News atau klik tautan ini Google News INFOLABMED.



Afrida Cahya Maharani
Afrida Cahya Maharani Hai, saya seorang pembelajar dan mahasiswa ATLM dari Pacitan, Jawa Timur, yang kini menempuh studi di Surabaya. Minat besar dalam kepenulisan dan kesehatan mendorong saya aktif menulis artikel ilmu kesehatan dengan spesialisasi ATLM. Saya juga senang berbagi study tips untuk rekan pelajar dan mahasiswa melalui berbagai platform media.

Post a Comment