Buffer TAE (Tris Acetate EDTA): Larutan Penyangga Dalam Elektroforesis Agarose

Buffer TAE (Tris Acetate EDTA): Larutan Penyangga Dalam Elektroforesis Agarose
Sumber : https://help.lumiprobe.com/




INFOLABMED.COMSalah satu reagen penting dalam proses elektroforesis agarose yaitu larutan penyangga atau disebut sebagai buffer. Dalam elektroforesis umumnya digunakan salah satu dari dua jenis buffer yaitu TAE (Tris Acetate EDTA) dan TBE (Tris Borate EDTA).

Dalam elektroforesis agarose, buffer berguna sebagai fase gerak dalam pemisahan molekul bermuatan (seperti DNA) di bawah medan listrik.

Buffer ini berfungsi dalam meneruskan arus listrik sehingga diterima oleh fragmen DNA pada gel agarosa yang terendam dalam larutan tersebut (Ogden dan Adams, 1987). Buffer juga berfungsi sebagai pelarut dalam pembuatan gel agarose.

Buffer TAE hampir secara universal digunakan di laboratorium biokimia. Buffer TAE (Tris Acetate EDTA) terdiri dari Tris (2-amino-2-[hidroksimetil]-1,3-propanediol), asam asetat, dan EDTA (asam Etilen Diamin Tetra Asetat).

Buffer TAE mengandung asam lemah berupa asam asetat yang bersifat netral dan anionik (seperti COOH dan COO−). Selain itu, buffer TAE juga mengandung basa lemah berupa Tris yang bersifat netral atau kationik (Tris-NH2 dan Tris -NH3+).

Ion-ion ini membawa arus listrik, menyangga pH, dan menjaga konduktivitas media agar tetap rendah.

Adapun EDTA ditambahkan sebagai agen pengkelat ion Mg2+ dan berperan dalam menonaktifkan potensi nuklease DNA.

Untuk pemisahan molekul DNA dengan berbagai ukuran, Buffer TAE memberikan resolusi fragmen DNA yang baik dengan sedikit peningkatan pemisahan fragmen dengan ukuran yang lebih besar.

Umumnya konsentrasi buffer TAE yang digunakan 1X dengan komposisi terdiri dari 40 mM Tris, 20 mM asam asetat, dan 1 mM EDTA.

 

Sumber :

Ann Sinaga, dkk. 2017. Analisis Pola Pita Andaliman (Zanthoxylum Acanthopodium D.C) Berdasarkan Primer OPD 03, OPD 20, OPC 07, OPM 20, OPN 09. Jurnal Agroekoteknologi FP USU Vol.5.No.1, Januari 2017 (8): 55- 64


Ikuti berita terkini dengan mengikuti kami di Google News atau klik tautan ini Google News INFOLABMED.



DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments