Pemeriksaan Antibodi IgG/IgM Toxoplasma gondii Metode Rapid Test

Table of Contents

 

Pemeriksaan Antibodi IgG/IgM Toxoplasma gondii Metode Rapid Test
Sumber: Canva


INFOLABMED.COMToksoplasmosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh parasit Toxoplasma gondii.

Manifestasi klinis yang disebabkan seperti obertus (bayi lahir mati), kelainan pada bayi seperti ensefalomielitis, hepatosplenomegali, ikterus, limfadenopati, kelainan saraf pusat dan lesi mata, rusaknya berbagai organ seperti pneumonia, bahkan keguguran bayi pada wanita.

Penyakit ini umumnya ditularkan oleh kucing yang mambawa Toxoplasma gondii, lalu menginfeksi manusia melalui feses kucing yang mencemari makanan dan lingkungan.

Selain dapat diidentifikasi secara mikroskopis, toksoplasmosis juga dapat dideteksi dengan pemeriksaan antibodi IgG/IgM Toxoplasma gondii metode rapid tes dengan dasar ilmu imunoserologi.

 

Prinsip Dasar

Serum pasien yang mengandung IgG atau IgM Toxoplasma gondii diteteskan ke dalam sample pad kaset sebanyak 3 tetes kemudian diinkubasi selama 15 menit lalu dilakukan pembacaan hasil.

Serum bermigrasi ke daerah konjugat yang terdapat antigen Toxoplasma gondii rekombinan yang berkonjugasi dengan colloidal gold dan IgG kelinci yang berkonjugasi dengan colloidal gold.

IgM Toxoplasma gondii pada serum pasien berikatan dengan antigen Toxoplasma gondii rekombinan berkonjugasi colloidal gold membentuk kompleks Ag-Ab Toxoplasma gondii.

Kompleks Ag-Ab Toxoplasma gondii bermigrasi menuju Test Line 1 lalu terjadi ikatan dengan anti-IgM Toxoplasma gondii menyebabkan colloidal gold terhidrolisis sehingga membentuk warna yang dapat dilihat seperti garis warna merah di Test Line 1.

Timbulnya warna menunjukkan adanya IgM Toxoplasma gondii pada serum pasien.

IgG Toxoplasma gondii pada serum berikatan dengan antigen Toxoplasma gondii rekombinan berkonjugasi colloidal gold membentuk kompleks Ag-Ab Toxoplasma gondii.

Kompleks Ag-Ab Toxoplasma gondii bermigrasi menuju Test Line 2 lalu terjadi ikatan dengan anti-IgG Toxoplasma gondii menyebabkan colloidal gold terhidrolisis sehingga membentuk warna yang dapat dilihat seperti garis warna merah di Test Line 2.

Timbulnya warna menunjukkan adanya IgG Toxoplasma gondii pada serum pasien.

IgG kelinci terkonjugasi colloidal gold bermigrasi menuju Control Line membentuk ikatan dengan anti-IgG kelinci menyebabkan colloidal gold terhidrolisis dan timbul warna yang dapat dilihat seperti garis warna merah di Control Line.

Timbulnya warna menunjukkan bahwa rapid test kit dalam kondisi baik untuk digunakan.

 

Sampel

Serum atau plasma pasien

 

Alat dan Bahan

  • IgG/IgM Toxoplasma gondii Rapid Test Kit
  • Tissue
  • Stopwatch
  • Tempat sampah infeksius

 

Prosedur Kerja

  1. Kaset, sampel, dan kontrol disiapkan dalam kondisi suhu ruang (15-20°C).
  2. Teteskan serum/plasma pasien sebanyak 3 tetes (1 tetes = 30 µL) ke dalam sample pad kaset.
  3. Inkubasi selama 15 menit di suhu ruang.
  4. Baca hasil setelah inkubasi selama kurang dari 15 menit.
  5. Interpretasikan hasil.

 

Interpretasi Hasil

  • Positif IgG dan IgM : Terdapat garis warna merah di Test Line 1, Test Line 2, dan Control Line
  • Positif IgM : Terdapat garis warna merah di Test Line 1 dan Control Line
  • Positif IgG : Terdapat garis warna merah di Test Line 2 dan Control Line
  • Negatif IgG dan IgM : Hanya terdapat garis warna merah di Control Line
  • Invalid Test: Terdapat garis warna merah di Test Line 1 dan atau Test Line 2 saja, tetapi tidak terbentuk garis warna di Control Line

 

Sumber:

Admin. 2023. Guide Book Toxo IgG/IgM Combo Rapid Test. CTK Biotech, United States


Ikuti berita terkini dengan mengikuti kami di Google News atau klik tautan ini Google News INFOLABMED.



Afrida Cahya Maharani
Afrida Cahya Maharani Hai, saya seorang pembelajar dan mahasiswa ATLM dari Pacitan, Jawa Timur, yang kini menempuh studi di Surabaya. Minat besar dalam kepenulisan dan kesehatan mendorong saya aktif menulis artikel ilmu kesehatan dengan spesialisasi ATLM. Saya juga senang berbagi study tips untuk rekan pelajar dan mahasiswa melalui berbagai platform media.

Post a Comment