Pemantapan Mutu Parameter Trombosit pada Alat Hematologi

 

Pemantapan Mutu Parameter Trombosit pada Alat Hematologi
Sumber : Canva

INFOLABMED.COM - Pemeriksaan trombosit adalah tes yang dilakukan untuk menghitung jumlah trombosit dalam darah. 

Trombosit adalah sel darah yang sangat kecil yang berfungsi untuk membantu proses pembekuan darah. Jumlah trombosit normal adalah 150.000-450.000 trombosit/┬ÁL.

 Jumlah trombosit yang rendah (trombositopenia) atau tinggi (trombositosis) dapat menyebabkan gangguan pembekuan darah.

Pemantapan mutu adalah kegiatan yang dilakukan secara rutin untuk menjamin keakuratan, presisi, dan reliabilitas hasil pemeriksaan laboratorium.

Pemantapan mutu parameter trombosit pada alat hematologi penting dilakukan untuk memastikan bahwa hasil pemeriksaan trombosit akurat dan dapat digunakan untuk mendiagnosis dan memantau berbagai kondisi kesehatan, seperti trombositopenia dan trombositosis.

Pada artikel ini, kita akan membahas tentang pentingnya pemantapan mutu parameter trombosit pada alat hematologi. 

Kita juga akan membahas tentang metode-metode yang dapat digunakan untuk melakukan Pemantapan mutu parameter trombosit pada alat hematologi.

Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk melakukan PM parameter trombosit pada alat hematologi, yaitu:

  • Pemeriksaan ulang (retesting)
  • Pemeriksaan silang (cross-checking)
  • Penggunaan kontrol kualitas (QC)

Pemeriksaan ulang adalah metode yang paling sederhana untuk melakukan pemantapan mutu parameter trombosit. 

Pemeriksaan ulang dilakukan dengan memeriksa sampel darah yang sama dengan menggunakan alat hematologi yang berbeda.

 Jika hasil pemeriksaan kedua alat hematologi tidak berbeda secara signifikan, maka hasil pemeriksaan dapat dianggap akurat.

Pemeriksaan silang adalah metode yang dilakukan dengan memeriksa sampel darah yang sama dengan menggunakan dua alat hematologi yang berbeda secara bersamaan.

Jika hasil pemeriksaan kedua alat hematologi tidak berbeda secara signifikan, maka hasil pemeriksaan dapat dianggap akurat.

Penggunaan kontrol kualitas adalah metode yang paling akurat untuk melakukan pemantapan mutu parameter trombosit. 

Kontrol kualitas adalah sampel darah yang telah diketahui nilainya. Sampel kontrol kualitas digunakan untuk memeriksa akurasi dan presisi hasil pemeriksaan alat hematologi. 

Jika hasil pemeriksaan alat hematologi sesuai dengan nilai kontrol kualitas, maka hasil pemeriksaan dapat dianggap akurat.

Frekuensi pelaksanaan pemantapan mutu parameter trombosit pada alat hematologi ditentukan oleh jenis alat hematologi, jenis parameter yang diperiksa, dan volume pemeriksaan yang dilakukan. 

Secara umum, pemantapan mutu parameter trombosit pada alat hematologi harus dilakukan setiap hari untuk parameter yang kritis dan setiap minggu untuk parameter yang tidak kritis.

Pemantapan mutu parameter trombosit pada alat hematologi penting dilakukan untuk memastikan bahwa hasil pemeriksaan trombosit akurat dan dapat digunakan untuk mendiagnosis dan memantau berbagai kondisi kesehatan.***


Ikuti berita terkini dengan mengikuti kami di Google News atau klik tautan ini Google News INFOLABMED.


DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments