Mengenal Gel Agarose: Komponen Utama Elektroforesis Agarose

Table of Contents

 

Mengenal Gel Agarose: Komponen Utama Elektroforesis Agarose
Sumber: Canva


INFOLABMED.COMElektroforesis merupakan teknik pemisahan molekul bermuatan pada suatu medan listrik.

Teknik elektroforesis umumnya digunakan untuk memisahkan materi genetik seperti gen di Laboratorium Biologi Molekuler.

Di dalam teknik elektroforesis, terdapat berbagai macam metode yang digunakan.

Jenis metode elektroforesis yang sering digunakan yaitu metode elektroforesis gel agarose.

Elektroforesis gel agarose melibatkan penggunaan suatu medium pemisah yang dihubungkan oleh dua elektroda yang disebut gel agarose.

Gel agarose adalah salah satu jenis media pemisah sebagai tempat terjadinya pemisahan molekul. 

Gel agarose terbuat dari partikel agar yang diekstraksi dari alga merah.

Gel agarose digunakan pada metode standar dalam mengidentifikasi dan memurnikan fragmen-fragmen materi genetik seperti RNA dan DNA dalam medan listrik horizontal.

Di dalam gel agarose, partikel agar akan membentuk matriks dengan pori-pori yang bervariasi, dan besar kecilnya pori ini ditentukan oleh jumlah bubuk gel agarose yang digunakan.

Konsentrasi gel agarose memainkan peran penting dalam mempengaruhi kecepatan pergerakan DNA selama proses elektroforesis.

Apabila konsentrasi agarose rendah, pori-pori dalam gel akan lebih besar, dan memungkinkan fragmen DNA untuk bergerak lebih jauh dari satu sama lain dalam gel.

Sebaliknya, pada konsentrasi agarose yang tinggi, pori-pori gel menjadi lebih kecil, dan menyulitkan proses pemisahan fragmen DNA.

Kelebihan penggunaan gel agarose yaitu pembuatan yang lebih mudah, sederhana, dan laju pemisahannya lebih cepat, serta tidak bersifat toksik.

Kelemahan gel agarose yaitu gel ini memiliki sensitivitas tinggi dan mudah rusak sehingga membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian pada proses pengerjaannya.

Pemilihan medium gel elektroforesis sangat penting, karena salah satu faktor keberhasilan teknik elektroforesis dipengaruhi oleh pemilihan medium pemisahnya.

 

Sumber:

Muhammad Ridwan Harahap. 2018. Elektroforesis: Analisis Elektronika Terhadap Biokimia Genetika. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, Vol.2, No.1, Februari 2018, hal. 21-26.

Raihanah Zahra. 2022. GAMBARAN KONSENTRASI GEL AGAROSA PADA ELEKTROFORESIS DNA BAKTERI ESCHERICHIA COLI. Diploma thesis, UNIVERSITAS BAKTI TUNAS HUSADA TASIKMALAYA.


Ikuti berita terkini dengan mengikuti kami di Google News atau klik tautan ini Google News INFOLABMED.



Afrida Cahya Maharani
Afrida Cahya Maharani Hai, saya seorang pembelajar dan mahasiswa ATLM dari Pacitan, Jawa Timur, yang kini menempuh studi di Surabaya. Minat besar dalam kepenulisan dan kesehatan mendorong saya aktif menulis artikel ilmu kesehatan dengan spesialisasi ATLM. Saya juga senang berbagi study tips untuk rekan pelajar dan mahasiswa melalui berbagai platform media.

Post a Comment