Bagaimana Cara Menghitung Sel Darah Merah: Panduan Lengkap

 

Bagaimana Cara Menghitung Sel Darah Merah: Panduan Lengkap

INFOLABMED.COM - Sel darah merah, juga dikenal sebagai eritrosit, merupakan salah satu komponen penting dalam darah manusia. 

Sel darah merah berperan dalam mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh dan membawa kembali karbon dioksida dari seluruh tubuh ke paru-paru untuk dikeluarkan. 

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara mendalam tentang bagaimana cara menghitung jumlah sel darah merah dalam tubuh, termasuk rumus perhitungannya serta nilai normalnya.

Perhitungan Jumlah Eritrosit Darah

Rumus untuk menghitung jumlah sel darah merah atau eritrosit dalam tubuh manusia adalah sebagai berikut:

Jumlah Eritrosit = Sel yang Terhitung x 10 (0,1 ml dalam parit) x 5 (1/5 dari 1 mm³) x 200 (pengenceran 1:200) / mm³

Rumus ini diambil dari penelitian yang dilakukan oleh Djukri & Nurcahyo (2018). Untuk menghitung jumlah sel darah merah, pertama-tama kita perlu menghitung sel yang terlihat di bawah mikroskop. 

Kemudian, jumlah sel tersebut dikalikan dengan faktor-faktor tertentu untuk mendapatkan jumlah eritrosit per volume tertentu darah.

Nilai Normal Sel Darah Merah

Nilai normal persentase sel darah merah dalam darah dapat berbeda-beda tergantung pada jenis kelamin dan kondisi tertentu, seperti kehamilan. Berikut adalah nilai normalnya:

  • Dewasa Pria: 40-54%
  • Dewasa Wanita: 37-47%
  • Wanita Hamil: 30-46%

Perbedaan nilai normal ini disebabkan oleh perbedaan dalam kebutuhan oksigen tubuh serta perubahan hormonal yang terjadi selama kehamilan. 

Penting untuk diingat bahwa hasil tes darah selalu harus dievaluasi oleh profesional medis untuk mendapatkan interpretasi yang akurat.

Mengapa Menghitung Sel Darah Merah Penting?

Menghitung jumlah sel darah merah memiliki peran penting dalam diagnosis dan pemantauan kondisi medis tertentu. 

Hasil perhitungan ini dapat memberikan informasi berharga kepada dokter tentang kesehatan pasien. Beberapa kondisi yang dapat diidentifikasi melalui penghitungan sel darah merah antara lain:

Anemia: Jika jumlah sel darah merah di bawah batas normal, ini dapat mengindikasikan adanya anemia, yaitu kondisi kurangnya sel darah merah yang sehat dalam tubuh.

Polisitemia: Kondisi sebaliknya adalah polisitemia, di mana jumlah sel darah merah melebihi batas normal. Ini dapat mengakibatkan ketebalan darah yang berlebihan dan masalah kesehatan lainnya.

Gangguan Hati: Penghitungan sel darah merah juga dapat memberikan petunjuk tentang kondisi hati yang mungkin mempengaruhi produksi sel darah merah.

Gangguan Sumsum Tulang: Kondisi seperti leukemia atau penyakit sumsum tulang lainnya dapat memengaruhi produksi sel darah merah.

Panduan Langkah demi Langkah untuk Menghitung Sel Darah Merah

Berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang bagaimana menghitung sel darah merah:

Persiapan Alat dan Bahan: Siapkan mikroskop, larutan pengenceran (biasanya 1:200), alat pengambil sampel darah, dan alat mikroskop.

Persiapan Sampel Darah: Ambil sampel darah menggunakan alat pengambil sampel dari vena. Letakkan sampel dalam tabung yang berisi larutan pengenceran.

Pengenceran Sampel: Campurkan sampel darah dengan larutan pengenceran. Pengenceran dilakukan agar sel darah merah tidak terlalu padat, sehingga lebih mudah dihitung di bawah mikroskop.

Pengamatan Mikroskopis: Teteskan larutan yang sudah diencerkan di bawah mikroskop. Atur mikroskop hingga sel darah merah terlihat dengan jelas.

Menghitung Sel: Hitunglah jumlah sel darah merah yang terlihat di bawah mikroskop. Ingatlah bahwa sel darah merah memiliki bentuk cakram yang khas.

Menghitung Jumlah Akhir: Gunakan rumus yang sudah disebutkan sebelumnya untuk menghitung jumlah sel darah merah per volume tertentu darah.

Interpretasi Hasil: Bandingkan hasil perhitungan dengan nilai normal yang sudah ditentukan untuk jenis kelamin dan kondisi tertentu. Jika hasil berada di luar batas normal, segera konsultasikan dengan dokter.

Kesimpulan Cara Menghitung Sel Darah Merah

Menghitung jumlah sel darah merah adalah langkah penting dalam pemantauan kesehatan dan diagnosis kondisi medis tertentu. 

Dengan memahami cara menghitung sel darah merah, Anda dapat lebih sadar tentang kesehatan Anda dan mengambil tindakan yang diperlukan jika hasilnya menunjukkan adanya masalah. 

Semoga artikel ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang perhitungan sel darah merah dan manfaatnya dalam dunia medis. 

Jaga kesehatan Anda dan selalu konsultasikan masalah kesehatan Anda kepada profesional medis.***


Ikuti berita terkini dengan mengikuti kami di Google News atau klik tautan ini Google News INFOLABMED.


DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments