Pengukuran Jumlah Trombosit dengan Hematology Analyzer

Table of Contents

 

Pengukuran Jumlah Trombosit dengan Hematology Analyzer

INFOLABMED.COM - Metode pengukuran hematology analyzer untuk menghitung jumlah trombosit adalah dengan metode pengukuran sel atau disebut volumetric impedance

Metode volumetric impedance menggunakan larutan elektrolit (diluent) yang dicampur dengan sel-sel darah dihisap melalui aperture

Bilik pengukuran terdapat dua electrode yang terdiri dari internal electrode dan eksternal, electrode yang terletak dekat dengan aperture. Kedua elektroda tersebut dilewati arus listrik yang konstan.

Apabila sel-sel darah melalui aperture maka hambatan antara kedua elektroda tersebut akan naik dan terjadi tegangan yang sangat kecil sesuai dengan nilai tahanannya.

Tegangan tersebut diterima oleh detection circuit, kemudian sinyal tegangan tersebut dikuatkan atau diperbesar pada rangkaian amplifier dan dikirim ke 12 rangkaian elektronik. 

Rangkaian elektronik terdapat rangkaian Treshold Circuit yang berfungsi untuk menghilangkan sinyal noise yang diakibatkan oleh elektrik noise (gangguan listrik), debu, sisa-sisa cairan, dan partikel yang lebih kecil atau lebih besar dari sel darah yang diukur.

Nilai puncak diperoleh dengan sinyal dikirim ke A/D converter, kemudian data yang diperlukan disimpan pada memori untuk setiap nilai maksimum.

Data tersebut akan dikoreksi oleh CPU dan akan ditampilkan pada layar LCD. Jumlah sinyal untuk setiap ukuran sel disimpan pada memori dalam bentuk histogram. 

Eritrosit dan trombosit yang dihitung memiliki ukuran yang berbeda sehingga CPU dapat membedakan penghitungan untuk setiap jenis sel. 

Sedangkan ketiga jenis sel leukosit yang dihitung memiliki ukuran sel yang hampir sama sehingga CPU menggunakan histogram untuk membedakan populasi ketiga jenis sel WBC.

Terkadang terdapat dua sel atau lebih yang melewati aperture secara bersamaan, peristiwa tersebut disebut coincidence. 

Apabila larutan sampel sudah cukup diencerkan dan dicampur, coincidence dapat diprediksi secara statistik dengan tingkat keakuratan yang tinggi.***


Infolabmed
Infolabmed infolabmed.com merupakan kanal informasi tentang Teknologi Laboratorium Medik meliputi Materi Kuliah D3 dan D4, Informasi Seminar ATLM, Lowongan Kerja. Untuk dukung website infolabmed tetap aktif silahkan ikut berdonasi melalui DANA = 085862486502.

Post a Comment