Mengenal Macam-Macam Metode Pemeriksaan Kadar Hemoglobin

Table of Contents

 

Mengenal Macam-Macam Metode Pemeriksaan Kadar Hemoglobin

INFOLABMED.COM -  Pemeriksaan ketepatan kadar atau jumlah  Hb yang dilakukan di laboratorium sangat dipengaruhi oleh pengalaman, kualitas reagen,  cara pengambilan sampel dan cara pemeriksaan.

Pemeriksaan kadar Hb dapat dilakukan dengan beberapa metode seperti metode Sahli, metode Cyanmet Hb, dengan cara manual dan otomatis (Wirawan, 2011). 

Dari beberapa metode pemeriksaan Hb tersebut metode Cyanmet Hb yang dianjurkan Internasional Committee for Standardization in Hematology (ICSH) sebagai gold standart pemeriksaan Hb.

Kelebihan dari metode ini adalah selain mudah dilakukan juga mempunyai standar yang stabil dan hampir semua Hb dapat terukur kecuali sulf Hb. 

Metode Cyanmet Hb merupakan metode pemeriksaan yang paling akurat. Metode ini dapat menghitung secara otomatis kadar Hb dalam eritrosit ( Person & Pincus, 2011).

Berikut ini adalah beberapa metode pemeriksaan untuk menetapkan kadar Hemoglobin : 

1) Metode sahli

Pada pemeriksaan kadar kadar hemoglobin metode sahli prinsip yang digunakan pada pemeriksaan ini adalah hemoglobin diubah menjadi hematin asam, kemudian warnanya dibandingkan secara visual dengan standart dalam alat itu.

Metode ini dinilai lemah karena larutan pada hematin asam bukan larutan sejati dan alat yang di estimasi tidak dapat di standartkan, catra ini juga dinilai tidak teliti karena tidak semua hemoglobin seperti karboxyhemoglobin, methemoglobin, dan sulfhemoglobin bisa diubah menjadi hematin asam.

2) Metode Tallquist

Prinsip kerja pada metode tallquist adalah membandingkan darah asli dengan skala warna yang bertingkat-tingkat mulai dari warna merah muda sampai merah tua, metode tallquist menggunakan skala warna mulai dari merah muda 10% dan di tengah-tengah ada bagian yang sengaja dilubangi, dimana darah dapat diperbandingkan secara langsung.

3) Metode Cyanmeth

Pada pemeriksaan metode cyanmeth menggunakan prinsip pemeriksaan yaitu darah yang sudah diencerkan dengan larutan Drabkins akan terjadi hemolysis eritrosit dan korvensi hemoglobin diubah menjadi cyanmethemoglobin

Kemudian larutan yang sudah terbentuk diperiksa menggunakan spektrofotometer yang absorbansinya sebanding dengan kadar hemoglobin dalam darah, metode fotometrik cyanmethemoglobin dinilai metode estimasi kadar hemoglobin yang paling akurat.

4) Metode Cyanide Free pada Hematologi Analyzer

Secara umum pada alat hematologi analyzer menggunakan metode Cyanide-free pada alat Hematology Analyzer (flowcytometry) yang menggunakan reagen sodium lauryl sitrat (SLS) yang secara struktur  kimia mirip sinanida tetapi tidak beracun dan  lebih ramah lingkungan.

Prinsip Cyanide-free SLS : reagen pelisis Hb akan melisiskan eritrosit dan merubah Hb yang dibebaskan melalui proses kimia bebas sianida menjadi metHb, absorban kemudian diukur pada panjang gelombang 555 nm. Absorban berbanding lurus dengan konsentrasi sampel.

Demikian artikel utuk Mengenal Macam-Macam Metode Pemeriksaan Kadar Hemoglobin ini kami rangkum sedemikian rupa semoga menambah wawasan Anda dalam mengetahui berbagai metode pemeriksaan untuk mengukur kadar hemoglobin.***



Infolabmed
Infolabmed infolabmed.com merupakan kanal informasi tentang Teknologi Laboratorium Medik meliputi Materi Kuliah D3 dan D4, Informasi Seminar ATLM, Lowongan Kerja. Untuk dukung website infolabmed tetap aktif silahkan ikut berdonasi melalui DANA = 085862486502.

Post a Comment