Apa yang Dimaksud dengan Proses Pra Analitik?

Table of Contents

 

Apa yang Dimaksud dengan Proses Pra Analitik

INFOLABMED.COM - Proses pra analitik mengacu pada tahapan persiapan awal dalam pemeriksaan laboratorium medis sebelum dilakukan pengujian sampel. 

Tahap ini sangat penting karena dapat mempengaruhi kualitas sampel yang akan dianalisis dan hasil pemeriksaan yang dihasilkan selanjutnya. 

Proses pra analitik melibatkan beberapa aktivitas, termasuk kondisi pasien, cara dan waktu pengambilan sampel, perlakuan terhadap proses persiapan sampel, dan pengolahan sampel setelah selesai dikerjakan.

Pada tahap pra analitik, faktor-faktor seperti riwayat penyakit pasien, berat badan, tinggi badan, kondisi fisik pasien, kondisi pasien saat pemeriksaan, kelainan yang diderita oleh pasien, aktivitas fisik pasien, serta kondisi lingkungan dan bahan pembantu yang digunakan dapat memengaruhi kualitas sampel.

Tujuan dari pengendalian tahap pra analitik adalah memastikan bahwa spesimen yang diterima benar-benar berasal dari pasien yang bersangkutan, memenuhi syarat yang ditentukan, dan representatif sesuai dengan keadaan pasien. 

Kesalahan yang terjadi pada tahap pra analitik dapat mencapai 60% hingga 70% dan dapat disebabkan oleh spesimen yang tidak memenuhi syarat yang ditentukan.

Oleh karena itu, penting untuk melakukan persiapan pasien dengan baik sebelum pengambilan spesimen untuk menghindari kesalahan dalam hasil pemeriksaan laboratorium.

Dalam pengendalian mutu laboratorium, tahapan pra analitik merupakan salah satu dari tiga tahap yang harus dikendalikan secara terus menerus. 

Tahap lainnya adalah tahap analitik dan tahap pasca analitik. Pengendalian mutu pada setiap tahap ini bertujuan untuk meminimalisir atau mencegah kesalahan yang terjadi dalam proses pemeriksaan laboratorium. 

Melalui pengendalian mutu yang baik pada tahap pra analitik, laboratorium dapat menghasilkan pemeriksaan laboratorium yang bermutu dan hasil yang valid dan dapat digunakan oleh klinisi untuk mengambil keputusan klinis.***

Infolabmed
Infolabmed infolabmed.com merupakan kanal informasi tentang Teknologi Laboratorium Medik meliputi Materi Kuliah D3 dan D4, Informasi Seminar ATLM, Lowongan Kerja. Untuk dukung website infolabmed tetap aktif silahkan ikut berdonasi melalui DANA = 085862486502.

Post a Comment