Pekan TLM Ke-37, DPC PATELKI Bitung Bersama Anak-anak Panti Asuhan Bahasa Kasih

Pekan TLM Ke-37, DPC PATELKI Bitung Bersama Anak-anak Panti Asuhan Bahasa Kasih


INFOLABMED.COM - PATELKI (Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia) atau “The Indonesian Assocation of Medical Laboratory Technologist” adalah organisasi profesi Ahli Teknologi Laboratorium Medik (dulu dikenal Analis Kesehatan) yang didirikan dengan maksud dan tujuan menghimpun seluruh anggota untuk mempersatukan diri dalam meningkatkan peran serta secara aktif, terarah dan terpadu.

Salah satu kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh PATELKI adalah kegiatan Pekan TLM yang selalu dilakukan pada bulan April secara serentak di seluruh wilayah Indonesia, yang dimana pada tahun 2023 ini Pekan TLM mengambil tema “Bergerak dan Bersinergi Mewujudkan Transformasi Kesehatan”. 

Oleh karena itu di bawah bimbingan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PATELKI Sulawesi Utara, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PATELKI Kota Bitung melaksanakan kegiatan Bakti Sosial (Baksos) berupa Pemeriksaan Golongan Darah pada Jumat, 05 Mei 2023. 

Ketua Panitia, Akbar mengatakan kegiatan ini dilakukan dalam rangka memeriahkan Pekan TLM ke-37 sekaligus memperkenalkan pada masyarakat tentang apa itu PATELKI dan TLM itu sendiri.

Kegiatan bakti sosial ini dilaksanakan di Panti Asuhan Bahasa Kasih yang terletak di Kelurahan Manembo-nembo Tengah, Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara dengan tujuan agar anak-anak maupun pengurus yang ada di Panti Asuhan Bahasa Kasih bisa mengetahui apa golongan darah mereka.

Pihak Pengurus Panti Asuhan menyambut dengan baik kedatangan DPC PATELKI Bitung dan ikut berperan aktif dalam pelaksanaan kegiatan. 

Nelson, selaku Pengurus Panti Asuhan Bahasa Kasih mengucapkan terima kasih kepada PATELKI karena sudah mau datang berkunjung dan berbagi dengan anak-anak panti. 

“Melalui kegiatan baksos ini, kami selaku pengurus juga merasa terbantu karena anak-anak di sini bisa diberi kemudahan dalam pengurusan kartu golongan darah mereka. Jika DPC PATELKI Bitung mengajak kerjasama, Panti Asuhan Bahasa Kasih siap memberikan dukungan dan siap melakukan kerjasama”, lanjutnya. 

Tak lupa juga Beliau mengucapkan terima kasih atas bantuan berupa bahan pokok dan perlengkapan bayi yang diberikan oleh DPC PATELKI Bitung.

Ketua DPC PATELKI Bitung, Fellycia berharap apa yang diberikan oleh PATELKI dapat bermanfaat dan berguna untuk anak-anak di Panti Asuhan. 

“Terima kasih juga kepada Pengurus Panti Asuhan Bahasa Kasih yang sudah mengizinkan dan menyambut kami DPC Bitung dengan hangat untuk melaksanakan kegiatan bakti sosial di Panti Asuhan ini”, ujarnya ketika menyerahkan bantuan sembako kepada perwakilan pengurus panti.

Sebelum melakukan pemeriksaan golongan darah, anak-anak panti diajak menyanyi bersama Panitia Bakti Sosial untuk menghilangkan ketegangan dan rasa takut mereka. 

Kemudian dilakukan sosialisasi tentang cara mencuci tangan yang baik dan benar, yang dimana pada kegiatan ini para anak-anak Panti Asuhan Bahasa Kasih selanjutnya diberi tantangan oleh Panitia untuk mempraktikkan kembali apa yang telah disosialisasikan kepada mereka dengan imbalan berupa hadiah dari pihak DPC PATELKI Bitung.

Dalam kegiatan bakti sosial ini, DPC PATELKI Bitung juga mengajak warga masyarakat yang tinggal di sekitar area Panti Asuhan Bahasa Kasih untuk ikut serta memeriksakan golongan darah mereka. 

Selain untuk turut serta memeriahkan, tujuannya juga agar masyarakat bisa lebih mengenal apa itu PATELKI.

Kegiatan ditutup dengan ucapan terima kasih dari Ketua Panitia selaku anggota DPC Bitung kepada Pihak Panti Asuhan Bahasa Kasih karena telah menyediakan waktu dan tempat sehingga kegiatan Bakti Sosial DPC PATELKI Bitung bisa terlaksana dengan baik.***

Liputan oleh Sri Asrifa (DPC PATELKI Bitung)

Editor : Tim Infolabmed

DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments