Misteri Monkeypox Terungkap! Ini Dia Cara Penularannya dan Langkah Pencegahannya

 

Misteri Monkeypox Terungkap! Ini Dia Cara Penularannya dan Langkah Pencegahannya

INFOLABMED.COM - Monkeypox adalah penyakit yang disebabkan oleh virus monkeypox yang dapat menyerang manusia dan hewan. 

Penyakit ini menyebar melalui kontak dengan hewan yang terinfeksi atau melalui kontak dengan bahan infeksius dari hewan yang terinfeksi.

Diagnosis monkeypox hanya bisa dilakukan melalui pemeriksaan laboratorium. 

Saat ini, pemeriksaan PCR untuk monkeypox hanya bisa dilakukan di dua tempat, yakni di laboratorium rujukan nasional BKPK Kemenkes dan laboratorium Institut Pertanian Bogor. 

Meski begitu, sedang dalam proses penambahan 10 laboratorium yang ditingkatkan untuk melakukan pemeriksaan PCR tersebut. 

Selain itu, ada beberapa rumah sakit yang juga sudah bisa melakukan PCR.

Tidak ada pengobatan khusus atau vaksinasi yang tersedia untuk infeksi virus monkeypox. 

Pengobatan simptomatik dan suportif dapat diberikan untuk meringankan keluhan yang muncul.

 Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan pencegahan dan menghindari kontak dengan hewan yang mungkin terinfeksi virus monkeypox.

Untuk melakukan pemeriksaan laboratorium monkeypox, dapat digunakan metode Monkeypox virus Generic Real-Time PCR Test dengan spesimen DNA yang di ekstraksi dari bahan lesi. 

Alat pemeriksaannya meliputi instrumen Real-time PCR, freezer (sebaiknya -20°C), mikrosentrifugasi, pipette, termasuk p2, p20, dan p200 sesuai kebutuhan, serta kulkas (2-8°C) dan vortex. 

Dengan melakukan pemeriksaan laboratorium yang tepat dan akurat, maka diagnosa yang diperoleh dapat membantu dokter memberikan pengobatan yang tepat dan membantu mengendalikan penyebaran virus monkeypox.

Secara keseluruhan, pemeriksaan laboratorium menjadi sangat penting dalam mendiagnosis infeksi virus monkeypox. 

Untuk itu, perlu adanya upaya untuk meningkatkan jumlah laboratorium yang mampu melakukan pemeriksaan PCR untuk monkeypox.

 Selain itu, perlu juga meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pencegahan dan menghindari kontak dengan hewan yang mungkin terinfeksi virus monkeypox.***

DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments