Imunisasi PCV Mampu Menyelamatkan Anak dari Ancaman Kematian Akibat Pneumonia!

 

Imunisasi PCV Mampu Menyelamatkan Anak dari Ancaman Kematian Akibat Pneumonia!

INFOLABMED.COM - Pneumonia adalah salah satu penyakit menular yang menjadi penyebab utama kematian pada anak-anak di seluruh dunia. 

Oleh karena itu, penting untuk melakukan pencegahan dan pengobatan sejak dini. Imunisasi merupakan salah satu cara yang efektif dalam mencegah pneumonia, terutama dengan menggunakan imunisasi Pneumokokus Konyugasi atau PCV.

PCV telah terbukti efektif dalam melindungi bayi dan anak-anak dari penyakit pneumonia atau radang paru akibat infeksi bakteri pneumokokus. 

Dalam rangka melindungi seluruh anak Indonesia dari ancaman pneumonia, Kementerian Kesehatan telah melaksanakan program imunisasi PCV secara bertahap sejak tahun 2017. 

WHO merekomendasikan agar PCV masuk dalam program imunisasi rutin bagi anak-anak di seluruh dunia. 

Dalam hal ini, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) juga merekomendasikan pemberian imunisasi PCV untuk melindungi anak-anak dari penyakit pneumonia yang disebabkan oleh bakteri pneumokokus.

Vaksin PCV direkomendasikan untuk bayi yang berusia 2 bulan, 3 bulan, dan 12 bulan.

 Rencananya, tindakan vaksin ini diberikan dalam 3 dosis agar meningkatkan tingkat efektivitas pencegahan pneumonia. 

Namun, seperti halnya dengan vaksin lainnya, pemberian vaksin PCV juga dapat menimbulkan efek samping seperti demam, nyeri, kemerahan, dan bengkak di lokasi suntik. 

Namun, efek samping ini tergolong ringan dan bisa membaik dengan sendirinya. Pada sebagian orang, vaksin PCV bisa menimbulkan efek samping berupa reaksi alergi.

Dalam rangka mencegah pneumonia dan meningkatkan kesehatan anak-anak di Indonesia, penting bagi orangtua untuk memastikan bahwa anak-anaknya mendapatkan imunisasi PCV sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. 

Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi semua orangtua di Indonesia untuk menjaga kesehatan anak-anak mereka.***

Post a Comment

0 Comments