Pemeriksaan Hematologi: Pentingnya Mendiagnosis dan Mengidentifikasi Penyakit Darah Sejak Dini

 

Pemeriksaan Hematologi Pentingnya Mendiagnosis dan Mengidentifikasi Penyakit Darah Sejak Dini

Infolabmed.com - Pemeriksaan hematologi adalah salah satu jenis pemeriksaan laboratorium yang digunakan untuk mengevaluasi kondisi darah seseorang. 

Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui adanya kelainan darah seperti anemia, kelainan sel darah merah, dan penyakit yang berhubungan dengan kelainan pembekuan darah. 

Selain itu, pemeriksaan hematologi juga digunakan untuk mendiagnosis dan mengidentifikasi pengobatan terbaik untuk kanker darah seperti leukemia, mieloma, dan penyakit Hodgkin.

Selain itu, pemeriksaan hematologi juga dapat digunakan untuk mengetahui adanya penyakit tromboemboli seperti pembentukan trombus, serta penyakit imunohematologi seperti gangguan mieloproliferatif seperti trombositemia esensial, polisitemia vera, dan mielofibrosis. 

Pemeriksaan ini juga bermanfaat untuk mendiagnosis penyakit hematologis pada orang tua seperti myelodysplasia, gangguan limfoproliferatif ganas rendah, penyakit tromboemboli arteri, trombofilia, trombosis, dan kelainan pembekuan.

Untuk menjalani pemeriksaan hematologi, seseorang biasanya akan diminta mengambil sampel darah dari pembuluh darah yang terletak di lengan atas. 

Kemudian, sampel darah tersebut akan dikirim ke laboratorium untuk diuji. Pemeriksaan hematologi biasanya akan dilakukan oleh seorang ATLM dan akan di validasi oleh dokter spesialis atau dokter hematologi yang telah terlatih dan memiliki keahlian dalam menangani masalah darah.

Hasil pemeriksaan hematologi akan diberikan kepada dokter yang merujuk Anda dalam bentuk laporan yang menjelaskan kondisi darah saat ini. 

Jika terdapat kelainan darah, dokter akan memberikan saran dan tindakan terbaik sesuai dengan kondisi kesehatan seseorang. 

Oleh karena itu, penting bagi seseorang untuk menjalani pemeriksaan hematologi secara teratur agar dapat terdeteksi sejak dini adanya kelainan darah dan segera mendapatkan pengobatan yang tepat.

Post a Comment

0 Comments