Pemeriksaan Troponin I Metode ELFA

Pemeriksaan Troponin I Metode ELFA

Tes Troponin I adalah pemeriksaan laboratorium untuk mengukur kadar troponin dalam darah. Troponin I adalah sejenis protein yang ditemukan pada otot jantung. Dalam keadaan normal, troponin biasanya tidak ditemukan dalam darah. Ketika terjadi kerusakan pada otot jantug, troponin muncul dalam aliran darah. Saat kerusakan jantung meningkat, jumlah troponin yang dilepaskan dalam darah menjadi lebih banyak.

Kadar troponin yang tinggi dalam darah menandakan bahwa sedang atau baru saja mengalami serangan jantung. Pemeriksaan troponin juga digunakan untuk memantau angina, suatu kondisi yang membatasi aliran darah ke jantung dan menyebabkan nyeri dada. Angina dapat menyebabkan serangan jantung. Serangan jantung terjadi jika ada sumbatan di aliran darah jantung.

Prinsip Kerja Pemeriksaan Troponin I Metode ELFA

Pemeriksaan Troponin I dapat dilakukan dengan beberapa metode, salah satunya adalah metode Enzyme Linked Fluorescent Assay (ELFA) menggunakan alat VIDAS. Seluruh langkah kerja pemeriksaan dilakukan secara otomatis. Sampel dimasukkan ke dalam sumuran, kemudian sampel akan ditransfer ke dalam sumuran yang berisi antibodi troponin anti-cardiac yang dilabeli dengan alkalin fosfatase (konjugat). Sampel atau konjugat tercampur di dalam dan keluar dari SPR beberapa kali. SPR merupakan alat untuk pemipetan selama pemeriksaan. Langkah ini memungkinkan Troponin I untuk mengikat immunoglobulin ke dalam dinding sumuran SPR dan konjugat menjadi bentuk sandwich. Komponen yang tidak berikatan dieliminasi selama masa pencucian.


(Image: http://analissolo.blogspot.com)


Dua langkah deteksi dilakukan secara beriringan. Selama proses berjalan, substrat 4-methyl-umbelliferyl phosphate diolah ke dalam dank e luar SPR. Enzim konjugat mengatalis hasil hidrolisis substrat menjadi produk 4-methyl-umbelliferone fluoresensi dari yang terukur 450 nm. Intensitas fluoresensi adalah interpretasi dari konsentrasi antigen yang terdapat dalam sampel.

NILAI RUJUKAN

            Nilai rujukan Troponin I dengan metode ELFA menggunakan alat VIDAS yaitu:

            <2 ng/L           : Rule out AMI

            2-99 ng/L        : Kemungkinan AMI, ulang pemeriksaan

            >=100 ng/L     : Rule in AMI


Referensi:

  • BioMerieux. Manual Book of Vidas Troponin I.
  • Yankes,kemkes.go.id. Troponin Penanda Serangan Jantung Yang Pnting. Diakses 2022.
  • Yassinta Eka. 2017. Prinsip dan Interpretasi Pemeriksaan Troponin. Diakses 2022.

Post a Comment

0 Comments