DPC Patelki kota Metro mengadakan Skrining HIV dalam rangka peringatan hari Aids sedunia


Kamis (15/12) Dewan pimpinan cabang persatuan ahli teknologi laboratorium medik Indonesia (DPC Patelki) Kota Metro bersama dengan Dinas Kesehatan Kota Metro, PMI Kota Metro serta Granat Kota Metro melaksanakan serangkaian kegiatan dalam rangka peringatan hari Aids sedunia yang bertepatan pada tanggal 1 Desember. Kegiatan ini dilaksanakan di aula gedung E universitas Muhammadiyah kota Metro sebagai tuan rumah dengan memperbantukan panitia dari kalangan mahasiswa program studi bimbingan dan konseling fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. 

Kegiatan ini diawali dengan sambutan sekaligus sebagai pembuka acara oleh kepala dinas kesehatan kota Metro ibu Drg. Erla Andriati., MARS. Kemudian dilanjutkan dengan Talkshow Kesehatan  yang bertema "Satukan langkah cegah HIV, semua setara akhiri AIDS". Dalam kesempatan ini juga dinas kesehatan kota Metro melaunching progam inovasi  yang di beri nama "LAPAH GHAM" yang dalam bahasa Lampung artinya melangkah bersama sementara dalam bahasa Indonesia merupakan akronim dari Layanan dan Pendampingan Penderita HIV/AIDS dengan Gerakan Harmonisasi Masyarakat. Dengan adanya program ini dinas kesehatan kota Metro berharap untuk sama-sama merangkul penderita HIV/AIDS dan menghilangkan stigmatisasi di masyarakat serta mencegah penularan HIV dikalangan masyarakat rentan salah satunya kalangan usia remaja dan mahasiswa. 

Selain itu kegiatan lainnya yang di adakan dalam rangka peringatan hari Aids adalah bakti sosial skrining HIV bagi mahasiswa serta masyarakat umum yang hadir kemudian dilanjutkan dengan donor darah oleh PMI kota Metro. Sebanyak sepuluh anggota patelki turut serta hadir sebagai delegasi dan bertugas melakukan skrining HIV, selain itu juga hadir perwakilan dari organisasi profesi kesehatan lain. 

Penulis : Deni Umi Rahmawati

Post a Comment

0 Comments