Praktik Terbaik dalam Pengumpulan Darah Kapiler

Praktik Terbaik dalam Pengumpulan Darah Kapiler


Pengambilan sampel darah kapiler adalah metode penting pengambilan darah yang dilakukan oleh profesional medis dari semua tingkat keahlian dan disiplin ilmu dengan beragam profesi seperti phlebotomist, teknisi perawatan pasien, asisten medis, perawat, asisten lab, teknisi lab, teknisi medis dan banyak lainnya. Keakuratan hasil sangat tergantung pada pendidikan dan standarisasi teknik pengambilan sampel.

Pengambilan darah kapiler merupakan bagian dari langkah dalam perawatan pasien seperti operasi amandel atau kandung empedu atau prosedur invasif atau non-invasif lainnya. Spesimen adalah bagian dari pasien dan harus diperlakukan seperti itu. Pengambilan spesimen darah kapiler membutuhkan kesabaran, edukasi, dan teknik yang baik. Ketika fasilitas memberikan pendidikan berkelanjutan, pembaruan standar, dan peralatan berkualitas, karyawan lab dapat berupaya mengumpulkan spesimen berkualitas tinggi. Setiap kebijakan atau proses baru atau yang dimodifikasi dalam alur kerja laboratorium sendiri mungkin memerlukan pendidikan dan pelatihan untuk staf.

Artikel ini menjelaskan beberapa praktik terbaik untuk pengumpulan dan penanganan darah kapiler yang termasuk dalam standar yang diperbarui.

Alasan pengumpulan darah kapiler

Pengambilan darah melalui pembuluh darah kapiler lebih cocok daripada pengambilan darah melalui pembuluh darah vena dalam situasi tertentu. Misalnya, melakukan pungsi vena pada bayi bisa jadi sulit dan berpotensi berbahaya karena pasien ini memiliki pembuluh darah yang lebih kecil dan cenderung bergerak lebih banyak daripada pasien yang lebih tua selama prosedur. Dengan pungsi kapiler, darah dalam jumlah sedikit tetapi cukup untuk pemeriksaan laboratorium dapat diperoleh. Meskipun pungsi kapiler dapat membatasi anemia iatrogenik, hal itu tidak menghilangkan kebutuhan untuk memantau volume darah yang dikeluarkan dari pasien anak. Usia dan berat badan harus dipertimbangkan ketika lokasi yang tepat untuk pungsi kapiler dipilih pada pasien anak. Spesimen darah kapiler harus dikumpulkan ke dalam alat pengumpul kapiler yang sesuai dan tidak dikumpulkan dan atau dipindahkan ke dalam tabung pungsi vena. 

Pasien dewasa mungkin memerlukan pengumpulan pungsi kapiler karena vena yang rapuh, superfisial, atau sulit diakses, jika mereka telah menjalani beberapa pungsi vena yang gagal, atau jika tes yang diminta membutuhkan volume darah yang sedikit. Pasien lain yang mungkin memerlukan pengumpulan darah kapiler termasuk pasien luka bakar atau pasien dengan dermatoporosis, yang mengacu pada masalah umum pada kulit yang menua. Pasien dengan vena yang diawetkan untuk terapi IV atau jika mereka menerima terapi IV di kedua lengan atau tangan juga dapat mengambil manfaat dari pengumpulan tusukan kapiler. Dalam situasi ini, lokasi yang harus digunakan adalah permukaan palmar dari segmen distal jari tengah atau jari manis.

Pilihan lokasi

Ada lokasi penusukan yang tidak boleh digunakan, seperti lokasi yang terinfeksi, karena berpotensi mengubah hasil pemeriksaan, bertambah parahnya infeksi, serta ketidaknyamanan pasien. Ada juga lokasi yang memerlukan izin dokter, seperti anggota badan di sisi mastektomi, karena risiko limfedema dan potensi hasil pemeriksaan yang berubah. Lokasi yang harus dihindari termasuk area dengan jaringan parut yang luas, luka bakar yang sembuh, lokasi yang meradang, lokasi edema, lokasi tusukan sebelumnya, daun telinga dan ibu jari.

Istilah seperti "perlu", "harus", "membutuhkan" dan "harus" digunakan untuk menjelaskan bagaimana profesional medis harus melakukan prosedur pengumpulan darah kapiler. Beberapa tindakan ini bukanlah pilihan. Misalnya, tusukan tidak boleh dilakukan pada lengkungan posterior tumit atau jari kaki selain jempol kaki atau area lengkungan.

Pengumpulan darah kapiler heelstick juga mengharuskan petugas flebotomi untuk mempertimbangkan kondisi klinis pasien serta usia dan berat badan saat memilih lokasi ini dan saat memilih lanset yang menawarkan kedalaman tusukan. Tusukan sedalam 2,0 mm atau kurang akan memberikan aliran darah yang memadai tanpa risiko cedera tulang.

Mengikuti pedoman dengan lokasi yang tepat menawarkan risiko paling kecil untuk menusuk tulang tumit. Jika area seperti permukaan lateral dan medial tumit telah berulang kali ditusuk atau jika memar meluas di area ini, pungsi vena mungkin perlu dipertimbangkan.

Pengambilan darah kapiler dari jari dapat dilakukan untuk orang dewasa dan anak yang lebih besar. Namun, jari bayi baru lahir dan bayi berusia kurang dari 6 bulan tidak boleh digunakan untuk pengambilan darah kapiler karena jarak dari permukaan kapiler ke tulang di bagian paling tebal dari segmen terakhir setiap jari pada bayi baru lahir bervariasi dari hanya 1,2 hingga 2,2 mm. Pada bayi baru lahir, infeksi lokal dan gangren juga merupakan komplikasi potensial dari tusukan jari. Untuk pasien anak-anak berusia antara 6 dan 12 bulan, keputusan untuk menggunakan jari daripada tumit harus didasarkan pada berat badan. Pada bayi dengan berat lebih dari 10kg (~22 pon), jari dapat digunakan jika kedalaman lanset tidak melebihi 1,5 mm.

Pemilihan Lancet

Perlu adanya kepedulian yang harus dilakukan untuk tidak memperpendek jarak antara kulit dan tulang dengan menekan jaringan sebelum aktivasi lanset pegas digunakan. Ini mungkin sulit dilakukan tergantung pada lanset yang dipilih oleh fasilitas kesehatan Anda yang akan digunakan.

Instruksi pabrik harus diikuti untuk mengetahui orientasi lanset. Tusukan harus dilakukan di seluruh sidik jari, yang memungkinkan tetesan besar darah terbentuk. Jika sayatan dibuat dengan sidikjari bukannya melintang, darah akan mengalir di alur sidikjari dan ini menjadi berantakan dan membuang darah yang bisa dikumpulkan jika dilakukan dengan benar.

Persiapan lokasi

Menghangatkan lokasi meningkatkan aliran darah arteri menuju lokasi hingga tujuh kali lipat dan tidak akan membakar kulit jika dihangatkan pada suhu tidak lebih tinggi dari 42 derajat Celcius. Meskipun penelitian menunjukkan bahwa pra-pemanasan mungkin tidak diperlukan ketika perangkat sayatan sedang digunakan, meningkatkan aliran darah kapiler melalui pra-pemanasan dapat meminimalkan kebutuhan untuk memberikan tekanan tambahan ke lokasi.

Pembersihan lokasi dilakukan untuk meminimalkan kontaminasi mikrobiologis dari spesimen dan infeksi pasien. Membiarkan lokasi mengering, tanpa menyekanya, memungkinkan dekontaminasi yang optimal sekaligus mengurangi potensi untuk mengganggu spesimen dan mencegah pasien mengalami sensasi terbakar saat tusukan atau sayatan dilakukan.

Kebijakan dan prosedur

Beberapa profesional medis telah melakukan prosedur pengumpulan kapiler untuk seluruh karir mereka. Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memperbarui kebijakan dan prosedur fasilitas itu sendiri. Misalnya, informasi tentang posisi pasien hanya menerima satu baris pada satu halaman dalam dokumen sebelumnya, tetapi standar baru memberikan topik ini sedikit real estat yang memang layak.

Di masa lalu, beberapa prosedur pengumpulan darah kami menghasilkan gumpalan di dalam tabung antikoagulan. Itulah mengapa tambahan penting pada pedoman laboratorium atau prosedur operasi standar (SOP) adalah saran untuk mencampur spesimen secara hati-hati secara berkala selama pengumpulan untuk menghindari pembekuan.

 Tekanan lembut intermiten mungkin diperlukan untuk mendapatkan spesimen yang memadai. Tekanan harus dilepaskan di antara tetesan untuk memungkinkan tempat tidur kapiler diisi ulang dan kemudian diterapkan kembali dan diulang sampai volume spesimen yang dibutuhkan tercapai.

Urutan Pengambilan tabung

Ada alasan penting untuk mengikuti urutan pengambilan selama pengambilan darah kapiler. Misalnya, dimulai dengan tabung darah kapiler EDTA memastikan bahwa darah tidak akan mulai menggumpal sebelum spesimen dikumpulkan. Gumpalan dalam tabung ini tentu akan mempengaruhi keakuratan penghitungan darah. Untuk tabung mikrokoleksi kaca dan plastik selama tusukan kapiler tunggal, urutan pengambilan darah adalah sebagai berikut:
  • Gas darah kapiler (CBG)
  • tabung EDTA
  • Tabung aditif lainnya
  • Tabung non-aditif
  • Kertas saring untuk koleksi DBS
  • Tabung koleksi
Memiliki pemahaman yang lebih baik tentang cara mengumpulkan darah dengan benar ke dalam tabung kapiler – juga disebut sebagai straw – penting untuk mengumpulkan CBG atau saat menggunakan tabung mikrokoleksi yang dirancang dengan straw untuk pengumpulan. Memegang tabung kapiler dengan sedikit miring ke atas untuk mencegah gelembung udara masuk ke dalam tabung adalah detail yang akurat dan penting untuk dimasukkan dalam teknik standar.

Perawatan pasca koleksi

Penting untuk memberikan tekanan pada lokasi setelah pengumpulan selesai dengan sedikit meninggikan ekstremitas sampai perdarahan berhenti. Lanjutkan untuk mengamati lokasi dan pasien untuk memastikan tidak ada efek samping yang perlu dilaporkan. Label spesimen segera setelah pengumpulan dan di hadapan pasien dan oleh orang yang sama yang mengumpulkan spesimen. Tentu saja, sarung tangan dan alat pelindung diri lainnya yang diperlukan harus dipakai selama pengumpulan, pelabelan, dan persiapan untuk pengangkutan.

Kesimpulannya, menetapkan prosedur standar langkah demi langkah, diperbarui, dalam fasilitas sangat penting untuk membantu menghilangkan kesalahan pengumpulan serta meningkatkan kualitas perawatan untuk pasien. (Sumber : https://www.mlo-online.com/)

Referensi
  • Collection of Capillary Blood Specimens GP42 7th ed. Wayne, PA: Clinical and Laboratory Standards Institute, 2020.
  • Procedures and Devices for the Collection of Diagnostic Capillary Blood Specimens; Approved Standard-Sixth Edition. H04-A6. Wayne, PA: Clinical and Laboratory Standards Institute, 2008.

---------------------------------------------------------------------------------------------
Kerjasama media partner, kirim proposal ke e mail : laboratorium.medik@gmail.com
Dukung infolabmed untuk selalu memberikan informasi terupdate dengan menyisihkan jajan Anda melalui DANA = 085862486502

DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments