Pemeriksaan HCV (Virus Hepatitis C) Menggunakan Metode Immunokromatografi

 Pemeriksaan HCV adalah pemeriksaan yang digunakan untuk mendeteksi ada atau tidaknya virus hepatitis C. Virus Hepatitis C bisa menyerang organ hati yang ketika dibiarkan bisa menyebabkan infeksi kronis. Penularan Hepatitis C bisa melalui darah, penggunaan narkoba suntik, peralatan medis yang tidak steril dan transfusi darah. Gejala Hepatitis C diantaranya adalah merasa kelelahan, mudah berdarah/memar, penyakit kuning, dan penurunan berat badan. Pencegahan penyakit hepatitis C bisa dilakukan dengan berhenti menggunakan obat obatan terlarang, dan berbagi peralatan pribadi yang berpotensi terkontaminasi darah. 

Ilustrasi. (Foto : https://islamicalliancetrust.com/)


Tujuan :

Untuk mencari antibody HCV


Metode :

Immunokromatografi 


Prinsip :

Antibody yang berasal dari serum berikatan dengan anti HBS colloidal gold konjugat yang akan bergerak melalui area tes membentuk garis warna merah muda keunguan.


Alat dan bahan :

  • Sampel serum
  • Buffer HCV
  • Rapid test
  • Mikropipet


Cara kerja :

  1. Menyiapkan alat dan bahan 
  2. Memipet sampel serum 
  3. Meneteskan sampel serum pada lubang (S)
  4. Meneteskan 1 tetes buffer pada lubang (S) secara tegak lurus
  5. Tunggu selama 15 menit
  6. Amati hasil


Interpretasi hasil :



  • Terbentuknya 1 garis warna merah muda keunguan di membran control (C) menunjukan hasil negatif. 
  • Terbentuknya 2 garis warna merah muda keunguan di membran tes (T) dan di membran control (C) menunjukan hasil positif. 


Sumber :
  1. Buku praktikum immunoserologi II 
  2. https://www.halodoc.com/kesehatan/hepatitis-c 
PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website infolabmed.com. Jika Anda mengutip dan atau mengambil keseluruhan artikel dalam websit ini, mohon untuk selalu mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang telah Anda buat. Kerjasama/media partner : laboratorium.medik@gmail.com.

DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments