Pemeriksaan HCV (Virus Hepatitis C) Menggunakan Metode Immunokromatografi

Table of Contents

 Pemeriksaan HCV adalah pemeriksaan yang digunakan untuk mendeteksi ada atau tidaknya virus hepatitis C. Virus Hepatitis C bisa menyerang organ hati yang ketika dibiarkan bisa menyebabkan infeksi kronis. Penularan Hepatitis C bisa melalui darah, penggunaan narkoba suntik, peralatan medis yang tidak steril dan transfusi darah. Gejala Hepatitis C diantaranya adalah merasa kelelahan, mudah berdarah/memar, penyakit kuning, dan penurunan berat badan. Pencegahan penyakit hepatitis C bisa dilakukan dengan berhenti menggunakan obat obatan terlarang, dan berbagi peralatan pribadi yang berpotensi terkontaminasi darah. 

Ilustrasi. (Foto : https://islamicalliancetrust.com/)


Tujuan :

Untuk mencari antibody HCV


Metode :

Immunokromatografi 


Prinsip :

Antibody yang berasal dari serum berikatan dengan anti HBS colloidal gold konjugat yang akan bergerak melalui area tes membentuk garis warna merah muda keunguan.


Alat dan bahan :

  • Sampel serum
  • Buffer HCV
  • Rapid test
  • Mikropipet


Cara kerja :

  1. Menyiapkan alat dan bahan 
  2. Memipet sampel serum 
  3. Meneteskan sampel serum pada lubang (S)
  4. Meneteskan 1 tetes buffer pada lubang (S) secara tegak lurus
  5. Tunggu selama 15 menit
  6. Amati hasil


Interpretasi hasil :



  • Terbentuknya 1 garis warna merah muda keunguan di membran control (C) menunjukan hasil negatif. 
  • Terbentuknya 2 garis warna merah muda keunguan di membran tes (T) dan di membran control (C) menunjukan hasil positif. 


Sumber :
  1. Buku praktikum immunoserologi II 
  2. https://www.halodoc.com/kesehatan/hepatitis-c 
PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website infolabmed.com. Jika Anda mengutip dan atau mengambil keseluruhan artikel dalam websit ini, mohon untuk selalu mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang telah Anda buat. Kerjasama/media partner : laboratorium.medik@gmail.com.
Ike Ayunda Putri
Ike Ayunda Putri Suka menulis, membaca, bersosial. Kontributor artikel di infolabmed.com sejak 2022. Mohon selalu saran dan masukanya

Post a Comment